Mengenal Schema Markup dan Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui
Mengenal Schema Markup dan Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Jasa content writer – Mesin pencari sering kali memudahkan manusia dalam memperoleh informasi. Semua informasi yang ditampilkan di mesin pencari pasti relevan dengan informasi yang ingin dicari. 

Upaya mesin pencari dalam melakukan hal tersebut adalah dengan schema. Schema sendiri merupakan kosa kata yang ditambahkan ke HTML situs. Schema ini membantu mesin pencari dalam melakukan crawl dan membuat daftar atau list website. 

Mesin pencari pada umumnya dapat membaca HTML secara langsung tetapi cenderung lama jika informasi yang dicari kompleks. Schema inilah yang berperan memudahkan mesin pencari dalam mengolah informasi. Schema beserta kegunaannya ini sering disebut sebagai schema markup, schema org, dan structured data.

Kombinasi schema dengan SEO (Search Engine Optimization) akan sangat memberikan hasil traffic website yang memuaskan. Schema ini nantinya menampilkan informasi konteks yang terdapat dalam suatu konten. 

Dengan menambahkan schema pada website Anda, mesin pencari dapat mengetahui topik yang dibahas dalam suatu konten. Tentunya, hal ini akan membantu meningkatkan traffic kunjungan website Anda. Meskipun dapat mengetahui isi dan topik pembahasan, schema tidak benar-benar paham mengenai isi konten. Schema hanya menampilkan poin-poin penting dalam suatu konten. 

Tipe Schema Markup

Berikut adalah 10 tipe schema markup yang perlu Anda ketahui karena sudah sangat sering digunakan:

Schema Rating/Review

Banyak orang yang membaca rating atau review orang lain sebelum membeli barang/jasa, menonton, atau membaca sesuatu. Nah, schema rating/review inilah yang berfungsi dalam website yang isi kontennya adalah ulasan mengenai sesuatu. 

Schema Organization

Kalau schema yang satu ini berfungsi dalam perkenalan singkat suatu perusahaan atau organisasi. Di dalamnya akan terdapat informasi kontak, logo resmi, alamat dan lainnya. Dengan ini, audiens dapat mengetahui informasi dasar mengenai suatu perusahaan atau organisasi dengan mudah melalui ini.

Schema Person Markup

Kalau schema person markup menyuguhkan informasi mengenai figur individu yang berisi nama, tanggal lahir, pendidikan, dan sebagainya. Informasi lainnya pun ditampilkan dengan lengkap menggunakan schema person markup ini. 

Schema Video

Indeks video pada suatu website akan muncul di mesin pencari dengan mudah karena fungsi dari schema video ini. Selain hak tersebut, schema video juga menyuguhkan video pada pencarian video Google bersamaan dengan video YouTube yang relevan.

Schema Event

Schema ini memperlihatkan informasi suatu acara yang sudah terjadwal. Informasi tersebut berisi tanggal, lokasi, dan harga tiket. Schema ini pasti akan memudahkan Anda dalam mencari informasi-informasi tentang suatu acara tertentu.

Schema Recipe

Schema Recipe akan menyuguhkan rich snippet dalam sebagian konten Anda. Elemen-elemen yang terdapat dalam resep juga akan ditandai oleh schema ini. Nantinya konten yang Anda buat akan muncul berdasar pada kata kunci yang dicari audiens. Dengan begitu, sebelum mengklik suatu website, Anda bisa melihat sebagian isi kontennya terlebih dulu.

Schema Local Business

Schema ini menampilkan informasi mengenai bisnis suatu perusahaan atau organisasi. Informasi yang ditampilkan mengenai alamat, jam operasional, kontak, dan lainnya.

Schema Product dan Offer

Schema ini menampilkan informasi mengenai suatu produk termasuk harga dan status ketersediaannya. Pelaku usaha sering menggunakan schema ini dengan tujuan membuat produk dan layanannya lebih mencolok.

Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Web Hosting dan Jenis-jenisnya

Schema Breadcrumb

Schema Breadcrumb ini dapat membantu audiens dalam mengakses suatu halaman tertentu dengan merujuk pada link path atau lokasi. Schema ini juga dapat mengurangi adanya bounce rate.

Schema Article

Kalau schema yang ini dapat mempermudah mesin pencari dalam menampilkan konten berdasar pada informasi headline, gambar, waktu publikasi, dan video. Jenis schema ini lumayan bervariasi tergantung jenis artikel.

Demikian informasi mengenai schema markup yang perlu Anda ketahui dalam upaya mengatur tampilan atau kategori konten milik Anda. Cara kerja schema ini juga memudahkan mesin pencari dalam mengindeks halaman website, melakukan crawling pada hasil pencarian.