Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Lengkap! Ini Cara Menginstall Composer Dengan Penggunaannya

Jasa penulisan artikel – Composer adalah sebuah dependency manager untuk PHP, caranya cukup mudah dan ada tutorialnya bagi yang masih kurang paham. Karena terlalu mudah, banyak yang sering menggunakan ini untuk mengelola serta mengintegrasikan library eksternal atau package pada proyek yang menggunakan PHP. 

Artinya, para developer web tidak perlu lagi membuat sebuah web page (halaman web) ataupun aplikasi web dari awal. Penggunaan tool ini bisa Anda ikuti tutorialnya dengan mudah dan cepat, tapi sebelumnya Anda harus menginstall composer terlebih dulu. Ada dua cara untuk bisa menginstall composer, yaitu antara lain:

Menginstall Composer Pada Share Hosting, Linux dan macOS

Cara pertama adalah menginstall pada share hosting, linux dan macOS, dimana Anda akan melakukan perintah yang sama pada ketiga platform tersebut. Seperti pada shared hosting Premium dan Bisnis yang memiliki paket, Anda tidak perlu menginstall lagi karena composer adalah salah satu tools bawaan. Hanya perlu diupdate jika aplikasi sudah expired. 

Menginstall Composer Pada Windows

Cara kedua adalah menginstall pada windows, yaitu cara menginstall yang agak berbeda dengan yang lain. Dimana Anda tidak perlu melakukan perintah untuk mengunduh ataupun menginstall softwarenya. 

Caranya cukup sederhana, dimulai dari Anda install PHP di komputer Anda. Setelah itu, baru download versi terbarunya composer tersebut. Baru Anda bisa menjalankan composer installation wizard tadi. Teruskan proses menginstalnya, dan abaikan yang tidak diperlukan seperti mengosongkan bagian pengaturan proxy hingga Anda temukan tombol next dan klik install. 

Trik Penggunaan Composer

Jika composer sudah berhasil terinstall, serta disesuaikan dengan platformnya. Maka, setelah itu baru Anda bisa mulai menggunakannya. Jika memang sudah siap digunakan, maka Anda pun bisa mengikuti beberapa petunjuknya sebagai tutorial. 

Penggunaan composer pada PHP, mengharuskan Anda membuat file composer.json sebelumnya. File tersebut berisi package (dependency) yang memang sudah seharusnya didownload lebih dulu.

Selain itu, composer.json pun akan mengecek apakah versi composer Anda sudah compatible dengan proyek Anda. Jika ternyata tidak cocok atau versi composer Anda memang sudah expired, maka composer.json akan memberitahukan. Pada dasarnya, composer.json pun bisa dibuat atau diperbarui sendiri oleh Anda. Tetapi, memang tidak disarankan untuk melakukan secara manual.

Baca juga: Bagaimana Cara Transfer File Dengan Aman Menggunakan SFTP?

Memperbarui Proyek Dependency

Dependency proyek sebenarnya bisa diperbarui, dengan memperbarui package. Ada dua cara untuk memperbarui package tersebut, antara lain:

Universal Update

Cara memperbarui jenis yang pertama disebut sebagai universal update, yaitu memperbarui semua package yang ada dengan waktu yang bersamaan melalui perintah ‘composer update’.

Package Specific Update

Yang kedua adalah package specific update, yaitu cara memperbarui dengan melakukan perintah ‘composer update vendor / package vendor/ package 2. Dengan begitu, composer sudah memperbarui 

Setelah diperbarui, Anda harus memastikan untuk mengganti nama package dengan nama yang terbarunya yang sudah diperbarui. Composer bisa memperbarui file pada composer.json melalui perintah update. Sehingga, status dari proyek dependency Anda bisa segera dijalankan.

Artinya, melalui penginstalan composer yang digunakan pada PHP maka Anda sebagai developer web bisa menjalankan proyek dengan bantuan tools software tersebut. Manfaat dari menginstall composer adalah dapat memudahkan pekerjaan para developer, agar proyek dependency bisa berjalan sesuai rencana. 

Serta dapat membantu mengendalikan package setiap proyek, juga mengelola sumber package hanya berasal dari satu tempat saja. Bahkan, dapat mengatasi masalah yang dihadapi composer di setiap proyeknya.