Ketahui Definisi Lengkap dan Cara Membuat Slug WordPress
Ketahui Definisi Lengkap dan Cara Membuat Slug WordPress

Jasa penulis artikel satuan – Bagi para awam di dunia blog dan website pasti belum pernah mendengar tentang Slug WordPress. Disini akan dibahas mulai dari pengertian hingga kegunaan dari Slug WordPress, juga beberapa tips untuk membuat slug yang teroptimasi SEO dan user-friendly.

Pengertian Slug WordPress yaitu sebuah teks yang ditempatkan atau muncul setelah nama domain. Bagian dari permalink inilah yang mengarahkan pengunjung masuk ke konten Anda. Ketika menambah postingan baru, WordPress membuat slug secara otomatis berdasarkan pengaturan permalink.

Cara membuat slug sendiri yaitu dengan membuka Settings>Permalinks. Kemudian ganti tampilan slug by default. Slug otomatis yang dibuat WordPress ini tidak friendly di mesin pencari maupun ketika diakses pengunjung, lebih disarankan agar Anda menggantinya.

Cara Mengatur Slug WordPress

Ada aturan dasar yang harus diketahui sebelum memulai membuat dan mengatur slug. Karena secara otomatis WordPress akan mengoreksi aturan ini, yaitu ganti spasi dengan tanda pisah atau tanda hubung, dan gunakan huruf kecil.

Anda dapat mengatur slug WordPress saat menulis ataupun mengedit postingan, tidak perlu menunggu hingga tulisan selesai. Dengan mengarahkan kursor ke kolom dibawah Title, yaitu Permalink URL. 

 Jika tidak ada, maka Anda harus memasukkan judul postingan terlebih dahulu agar permalink muncul. Setelah itu Anda bisa mengklik opsi Edit untuk mengubah slug, lalu klik OK.

WordPress bekerja secara otomatis menentukan slug kategori atau tag baru yang Anda buat. Jika ingin membuat slug secara manual, maka Anda harus terlebih dahulu membuat kategori lalu kembali menentukan slugnya.

Baca juga: Penjelasan dan Cara Kerja Pingback WordPress

Untuk membuat kategori, buka Posts>Categories lalu klik Edit. Ketik slug di kolom khusus slug lalu klik Update untuk menyimpan perubahan. Sedangkan untuk mengubah tag slug, buka Posts>Tags, klik Edit lalu ketikkan tag slug, untuk menyimpan perubahan klik Update.

Jika website Anda memuat berita atau informasi terkini yang bekerja sama dengan kontributor lain, Anda bisa membuat slug untuk masing-masing penulis atau author. Sayangnya untuk bisa melakukan ini di WordPress Anda harus menginstall plugin Edit Author Slug.

Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin, buka Users>All Users lalu klik Edit User>Edit Author Slug, setelah mengetikkan slug klik Update User untuk menyimpan perubahan.

Tips Membuat Slug WordPress

Setelah memahami cara mengatur slug WordPress, berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat Slug WordPress.

Keywords SEO

Menurut pakar SEO, pencarian situs dan postingan Anda menuai sejumlah trafik di mesin pencari apabila menyertakan target keyword di URL. Oleh karena itu, disarankan agar Anda memasukkan kata kunci yang terkait dengan slug, atau gunakan target keyword tersebut sebagai slug.

Slug Simpel dan Informatif

Buatlah slug yang singkat namun tepat sasaran dengan memasukkan keyword yang ditargetkan. Karena itulah yang cenderung disukai mesin pencari dan dinilai lebih user-friendly.

Tanpa Kata Hubung

Hindari menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan dalam membuat slug WordPress, misalnya seperti kata hubung. Anda bisa menginstall plugin khusus SEO yang dapat membantu untuk menghindarkan bahkan menghapus kata yang tidak diperlukan di permalink atau slug.

Redirect

Ketika mengganti slug WordPress, maka seluruh tampilan URL juga berubah. Sehingga baik user maupun mesin pencari tidak bisa menemukan konten dengan URL lama Anda.

Jika mengubah slug sebaiknya buatlah 301 redirect yang mengalihkan pengunjung website dari slug lama ke slug baru dengan menginstall dan mengaktifkan plugin Redirection atau Yoast SEO .