Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Fresh Graduate, Simak Pentingnya Langkah Tepat Awali Karir Konsultan

Artikel seo murah – Apakah Anda salah satu orang yang ingin mengembangkan karir konsultan? Pekerjaan ini didefinisikan sebagai seseorang yang memberi masukan secara profesional terkait bidang khusus pada individu maupun organisasi. 

Dalam praktiknya, pekerjaan ini melayani klien dengan memberi saran atau solusi secara objektif sebagai pihak ketiga. Jika Anda tertarik mendalami karir konsultan lebih dalam, simak pembahasannya berikut, ya!

Jenis-jenis Karir Konsultan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis dan cakupan job descnya. Pekerjaan ini dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

Konselor Pajak

Perpajakan adalah salah satu bidang spesialisasi yang dapat diambil di departemen akuntansi. Selain bekerja di rumah, Anda yang mengambil spesialisasi ini memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konselor pajak. Namun, menjadi konselor pajak tidak cukup dipersenjatai dengan diploma.

Setiap orang yang ingin membuka layanan konsultasi pajak harus mengantongi izin praktik dalam bentuk sertifikat konselor pajak yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sertifikat ini dapat diperoleh dengan mengikuti ujian sertifikasi konselor pajak atau USKP.

Konselor Bisnis

Dibagi menurut bidangnya, konselor diharapkan dapat membantu 5 perkembangan di bidang bisnis yang mencakup manajemen dan strategi, operasi, teknologi (TI), sumber daya manusia, dan pemasaran.

Konselor Komunikasi

Jika Anda belajar di Departemen Hubungan Masyarakat, Anda harus sudah tahu bahwa pekerjaan ini juga ditawarkan dalam bentuk layanan konsultasi.

Tugas konsultan PR adalah untuk menangani kebutuhan branding kliennya. Mulai dari mengurus acara, memelihara relasi dengan media, mengembangkan strategi media sosial, hingga menciptakan konten komunikasi. Tujuannya untuk membangun opini publik yang positif.

Advokat Hukum

Pekerjaan ini diperlukan untuk memberikan konsultasi tentang kebijakan, liabilitas, atau masalah hukum. Advokat hukum biasanya memiliki keahlian di bidang yang lebih spesifik. Misalnya, perbankan, real estate, kebijakan perusahaan, dan lainnya.

Baca juga: Penting! Kenali Pengertian Press Release Beserta Jenis dan Contohnya

Tips Membangun Karir Konsultan

Kemudian, Anda juga perlu memahami bagaimana cara agar bisa sukses dalam bidang ini. Inilah poin penting yang perlu Anda lakukan.

Pasang Iklan

Saat ini, iklan tidak hanya mencakup billboard atau iklan TV saja. Tetapi Anda juga bisa memanfaatkan iklan di media online seperti iklan Facebook atau Googleads. 

Trik utama dalam menginstal iklan di sini adalah dengan mengatur target secara tepat. Tentukan audiens target khusus sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang tepat untuk menjadi klien potensial.

Buat Konten yang Menarik

Setiap konten yang Anda lakukan untuk memasarkan bisnis Anda harus dilakukan secara singkat, solid, dan jelas. Kemudian jika dipilih berdasarkan jenisnya, konten dalam bentuk video memang lebih mudah digunakan untuk mengekspresikan pesan bisnis Anda. Baik secara visual maupun audio.

Buat video 5 hingga 10 menit tentang bagaimana bisnis Anda dapat membantu klien. Bagilah video menjadi 3 bagian mengenai masalah yang ada, solusi yang Anda tawarkan, dan call-to-action. Tujuannya agar calon klien tertarik untuk belajar lebih banyak tentang layanan yang Anda tawarkan.

Call-to-action

Call-to-action merupakan panggilan agar klien melakukan tindakan yang Anda harapkan. Dalam bisnis, ada banyak jenis panggilan untuk tindakan yang dapat dicoba.

Tujuan utamanya adalah bukan untuk membuat klien secara langsung memesan layanan konsultasi Anda. Melainkan untuk membuat mereka mencari info lebih lanjut. Dapat dengan mengklik halaman web Anda, menghubungi via telepon, atau melalui diskusi secara langsung.

Memang cara ini belum menghasilkan uang, tetapi pertanyaan bisa menjadi peluang besar untuk menjual bisnis Anda.

Lakukan Survei

Anda tidak akan pernah kehilangan calon klien jika Anda mengetahui semua jenis informasi yang diperlukan. Informasi ini digunakan untuk memberikan solusi bagi calon klien. Untuk mengetahui masalah dan estimasi strategi, Anda dapat melakukan penelitian konsumen terlebih dahulu.

Atur pertanyaan yang fokus pada seberapa jauh komitmen calon klien untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, penting untuk tahu apa tujuan klien, hal yang dibutuhkan, hambatan dan masalah yang dihadapi, serta keinginan dalam menyelesaikan masalah. Anda akan lebih mudah untuk menyusun rencana klien jika Anda sudah tahu hal-hal di atas.

Menentukan Tarif

Salah satu kesulitan freelancer konselor adalah menentukan harga layanan yang disediakan. Nah, tidak ada nominal absolut yang bisa dikatakan benar atau salah. 

Namun, sebelum menentukan tarif Anda harus mengetahui standar pasar, target klien, serta kompetisi industri. Ingat, tarif yang ditentukan harus masuk akal, adil, dan sesuai dengan value yang Anda tawarkan, ya! 

Nah, itu tadi serba-serbi karir konsultan. Apakah Anda tertarik menggeluti bidang ini?