Biar Artikel Nyaman Dibaca, Kenali 8 Software Cek Grammar Inggris Ini
Biar Artikel Nyaman Dibaca, Kenali 8 Software Cek Grammar Inggris Ini

Jasa penulis artikel terpercaya – Pernahkah Anda menggunakan software cek grammar untuk menulis konten Bahasa Inggris di web? Penggunaan aplikasi ini sangat membantu Anda menghasilkan konten dengan tata bahasa yang baik dan benar. Simak beberapa rekomendasi software cek grammar berikut ini.

Software Cek Grammar yang Recommended

Kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis dapat diperiksa dan diminimalkan menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini:

Grammarly

Banyak alasan mengapa Grammarly banyak dipilih sebagai alat pemeriksaan tata bahasa online terbaik. Pertama, alat ini digunakan oleh hampir 20 juta pengguna internet. 

Alat ini kompatibel ketika dipasangkan di browser populer dan Microsoft Office. Bahkan perangkat lunak ini juga menyediakan keyboard grammarly untuk diinstal pada smartphone.

Kedua, Grammarly gratis dan bebas digunakan. Setelah ekstensi diinstal ke browser, indikator akan muncul di sudut kanan bawah editor teks. Anda dapat mengetahui seberapa banyak kesalahan tata bahasa yang Anda buat.

Hemingway

Nama software cek grammar ini berasal dari salah satu penulis nasional Amerika terbaik, Ernest Hemingway. Pria ini dikenal dengan gaya penulisan pendek dan efektif. Hal ini yang kemudian menjadi tujuan membuat alat pemeriksaan tata bahasa Hemingway.

Meskipun cara kerjanya mirip dengan aplikasi pemeriksaan tata bahasa lainnya, Hemingway akan memastikan bahwa kalimat yang ditulis tidak terlalu panjang dan mudah dicerna. Hal pertama yang disarankan adalah penggunaan kata-kata serta kalimat pasif seminimal mungkin.

Nounplus

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Ketik atau letakkan teks yang disalin ke kotak Editor Nounplus. Setelah itu, klik Periksa untuk melihat semua kesalahan tata bahasa yang perlu diperbaiki. Walaupun cara kerjanya terbilang tidak real-time, tapi aplikasi ini masih bisa diandalkan untuk memeriksa aspek penulisan lain.

Ginger

Ginger memiliki tiga versi, yaitu versi gratis, versi desktop, dan versi premium untuk keyboard.

Versi gratis dapat diakses melalui situs web resmi Ginger. Hanya saja, web untuk pemeriksaan tata bahasa ini hanya dapat memperbaiki per kalimat. Oleh sebab itu, Anda harus menuliskan kalimat satu per satu.

Jika Anda merasa versi gratis sangat terbatas, opsi lain adalah berlangganan paket desktop. Kemudian Anda akan diberi aplikasi PC khusus yang akan memperbaiki dan mengatur ulang hasil tulisan Anda.

Baca juga: Daftar Forum belajar SEO

After The Deadline

Alat pemeriksaan tata Bahasa Inggris lainnya adalah After The Deadline. Perangkat lunak open-source ini dapat dipasangkan pada sejumlah platform, termasuk WordPress. Ketika Anda mengedit konten dengan WordPress, alat ini akan memeriksa tata bahasa dan memfasilitasi aktivitas pengeditan.

Whitesmoke

Sebagai aplikasi pemeriksaan tata bahasa Inggris online, Whitesmoke berfungsi memperbaiki kesalahan tata bahasa. Selain itu juga pengucapan, gaya, serta tanda baca. Alat ini hadir dalam tiga versi, yaitu versi mobile, versi PC, dan versi web.

Language Tool

Keuntungan utama Language Tool adalah kemampuannya untuk menganalisis kesalahan tata bahasa dari 20 bahasa lagi. Bahkan alat pemeriksaan tata bahasa juga dapat memperbaiki versi bahasa Inggris dari negara-negara lain. Dari rekomendasi yang disediakan, Anda dapat mengetahui kosakata bahasa Inggris untuk negara-negara tertentu.

ProWritingAid

Sama seperti aplikasi pemeriksaan tata bahasa lainnya, bantuan ProWritingAid juga dapat diunduh untuk perangkat MacOS dan Windows. Anda juga dapat menginstalnya sebagai ekstensi di browser.

ProWritingAid dapat memeriksa gaya penulisan. Selain itu juga kata-kata yang terlalu banyak digunakan, diksi, ringkasan, serta banyak lagi. Tak hanya memeriksa kesalahan tata bahasa dan pengucapan, alat ini juga bisa menganalisis alur tulisan Anda.

Seringkali kesalahan tata bahasa dan tulisan akan membuat pembaca meragukan profesionalisme Anda. Masalah ini tidak dianggap sepele. Anda harus memeriksa pekerjaan tulisan sehingga rapi dan tidak ada salah satu kata yang diketik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software cek grammar.