Bagaimana Cara Wordpress Maintenance Mode Ini Tipsnya
Bagaimana Cara Wordpress Maintenance Mode Ini Tipsnya

Jasa content writer – Apa Anda tahu fungsi dari WordPress maintenance mode? Tentu ini berkaitan dengan pengelolaan website. Kegunaan dari istilah yang satu ini adalah untuk memperbarui website Anda secara total atau besar-besaran. 

Tujuannya adalah untuk memberitahukan bahwa website sedang tidak aktif atau difungsikan, sehingga pengunjung tidak akan bisa mengakses. Sebelum mengetahui cara WordPress maintenance mode, Anda harus sudah sangat paham pengertian dari kata tersebut, bentuk dari pemberitahuan mengenai kondisi website adalah dalam bentuk status.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menjalani atau melakukan WordPress maintenance mode ini, sebenarnya ada tiga metode utama. Yaitu, metode pertama install plugin maintenance WordPress. 

Metode kedua antara lain gunakan fungsi kostum, dan metode terakhir adalah dengan menggunakan kode file .htaccess. Namun, ada juga beberapa langkah lainnya yang mungkin belum Anda ketahui, yaitu:

Pantau Waktu Loading

Hal pertama dalam melakukan maintenance adalah memantau waktu Anda loading, terbukti kalau website Anda ada masalah adalah dari penggunaan waktu pada saat mengisi konten. Dimana untuk normalnya, mengisi konten hanya dua detik. Sehingga jika lebih dari waktu yang biasanya artinya akan terjadi proses loading yang lemot.

Baca juga: Jadi Kreatif Dengan Cara Cepat Kembangkan Sebuah Bisnis Baru

Hapus Beberapa Postingan Draft, Trash  serta Komentar Spam

Jika Anda memiliki postingan yang terdapat pada draft, maka hapuslah semua postingan tersebut. Selain draft, hapus juga trash dan komentar yang terdapat pada spam. Semuanya memang sudah menjadi sampah.

Memperbarui Plugin dan Juga Tema

Selain memperbarui bentuk website Anda, dapat juga memperbarui  plugin dari Tema. Memperbarui plugin beserta tema ini, 

Mengecek Link yang Rusak

Metode lain untuk menjalani maintenance WordPress adalah mengecek link yang sudah rusak, pastinya untuk dilakukan perbaikan. Namun, metode ini tidak berlaku untuk website yang sudah sangat banyak konten di dalamnya.

Membersihkan Cache WordPress

Metode terakhir adalah membersihkan cache WordPress tersebut, dimana cache ini berfungsi untuk membuat loading menjadi cepat. Oleh karena itu, untuk memperbaiki performa diperlukan pembersihan cache words ini.

Alasan Mengaktifkan dan Efek Maintenance WordPress Mode

Setelah mengetahui tips dan panduan untuk melakukan maintenance WordPress, Anda pun harus mengetahui hal lainnya. Seperti alasan mengaktifkan mode ini serta efek yang ditimbulkan. 

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa fungsi dari istilah ini adalah sebagai pemberitahuan, maka alasan mengapa hal ini harus diaktifkan adalah agar pengunjung tidak kecewa sudah terlanjur mengakses dan memberikan sebuah pengalaman kepada pengguna.

Kapan waktu terbaik untuk mengaktifkan proses yang satu ini? Jawabannya yaitu pada saat terjadi beberapa hal yang membuat proses loading pada website tersebut menjadi sangat lama.  Tapi tidak harus setiap kali ada pembaruan harus mengaktifkan ini, hanya pada saat-saat tertentu saja.

Selain itu, ada juga efek yang didapat jika Anda melakukan maintenance ini. Yaitu, pada saat proses dilakukannya maintenance maka halaman akan dibuat default. Dimana bentuk tampilan berwarna putih dan bertuliskan: Briefly Unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Dengan bentuk tampilan seperti itu, pastinya tidak akan menyenangkan. Oleh karena itu, hal ini akan berpengaruh pada bisnis online Anda karena mendapatkan kesan yang tidak begitu baik. 

Itulah semua hal yang berkaitan dengan maintenance WordPress mode, pastinya hal tersebut harus dilalui tapi tidak akan lama dan tidak selalu harus dilakukan. Lakukan langkah dengan baik dan detail, setelah itu Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna pada website Anda.