Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Apa Saja Variasi Pilihan Jenis Branding yang Bisa Anda Pilih?

Jasa artikel bahasa indonesia – Dalam melakukan branding pastinya Anda punya metode pilihan jenis branding mana yang cocok untuk Anda lakukan, karena tidak semua jenis branding cocok dengan bisnis dan usaha Anda. 

Artinya, jenis branding mana yang akan Anda lakukan untuk bisa memperkuat branding bisnis Anda sendiri. Ada beberapa pilihan jenis branding yang kita ketahui, dimana jenis-jenis branding ini memiliki kelebihan masing-masing. Adapun jenis branding tersebut antara lain, adalah:

Branding Produk

Jenis branding yang pertama adalah product branding atau branding produk, dimana proses branding yang akan Anda lakukan langsung tertuju pada produknya sendiri yang akan dipasarkan pada konsumen. Jenis branding yang satu ini paling sering dan paling umum digunakan oleh beberapa pebisnis, karena memang itu adalah tujuan utama. 

Branding produk bisa dilakukan melalui berbagai media cetak ataupun elektronik hingga website. Contohnya pada beberapa produk seperti Mcdonald yang melakukan branding pada websitenya, itu termasuk branding produk.

Personal Branding

Jenis branding berikutnya adalah personal branding, yaitu branding yang dilakukan adalah brand yang menggunakan nama orang itu sendiri. Ini disebut personal branding, karena berkaitan dengan personal orang tersebut. 

Pada umumnya, orang yang berbisnis menggunakan metode personal branding adalah orang yang namanya cukup populer. Sehingga, jika ia memiliki sebuah bisnis atau produk yang akan diproduksi langsung menggunakan kepopuleran namanya sebagai brand tersebut. 

Dengan begitu, secara otomatis brandnya pun langsung populer dan tenar. Media yang digunakan pun biasanya adalah media sosial, dimana orang tersebut memang aktif dalam media sosialnya. Contohnya saja beberapa selebriti atau tokoh terkenal yang melakukan personal branding pada akun instagramnya masing-masing.

Corporate Branding 

Bentuk dan jenis branding yang terakhir adalah corporate branding, atau yang biasa disebut sebagai branding perusahaan. Jenis branding seperti ini memang lebih mengangkat perusahaan yang memiliki sebuah produk yang sedang dipasarkan. 

Tidak ada salahnya jika lebih memilih melakukan branding terhadap perusahaan, dengan begitu bisnis Anda bisa mencakup semuanya.  Corporate branding dilakukan oleh sebuah perusahaan melalui media website, yang terdapat visi, misi serta sejarah terbentuknya perusahaan tersebut. 

Itulah bentuk proses branding yang termasuk dalam metode corporate branding. Hampir semua perusahaan melakukan branding, yang bisa dilihat pada website masing-masing.

3 macam jenis branding di atas sudah sangat diketahui banyak orang sebagai metode branding yang cukup ampuh dalam menjalankan sebuah bisnis, tergantung kebutuhan dan kondisi Anda sebagai yang menjalankan bisnis. 

Selain melakukan metode branding di atas, Anda juga harus mengetahui unsur-unsur yang terdapat pada proses branding. Karena, unsur-unsur yang terdapat pada branding adalah faktor penting dalam melakukan branding.

Ada 4 unsur dalam branding yang perlu diketahui, tujuannya agar proses branding yang Anda lakukan tidak memakan waktu lama. Unsur tersebut antara lain seperti misi dan visi, desain logo, slogan atau jargon, serta website. Keempatnya saling berkaitan membentuk sebuah branding yang kuat, dan memberikan posisi yang kuat terhadap konsumen. 

Semua unsur harus saling mendukung, karena memang semuanya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. Jika ada yang kurang dari salah satu unsur tadi, maka branding pun tidak maksimal dan membuat eksistensi produk semakin menurun. Oleh karena itu, jenis branding dan unsur-unsur dalam branding merupakan faktor penting yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.