Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Apa Itu Widget Wordpress dan Bagaimana Menggunakannya?

Jasa content writer online bahasa inggris dan indonesia – Tahukah Anda bahwa sidebar dan footer web Ansa  dapat ditambahkan fitur widget WordPress? Berkat fitur gadget ini, Anda dapat menambahkan informasi di sidebar dan footer.

Pada artikel ini, akan dibahas tentang apa itu widget WordPress dan bagaimana menggunakannya untuk memudahkan pengguna dalam bernavigasi di halaman website Anda. Pada artik ini juga akan diulas cara menambahkan fitur gadget sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengenal Fitur Gadget Pada Website atau Blog

Fitur gadget memiliki fungsi spesifik yaitu memasukkan konten dan struktur lain ke sidebar atau footer. Misalnya, gadget menampilkan posting terbaru, kalender, bidang pencarian, dan sebagainya.

Fitur gadget sangat mudah digunakan. Anda dapat mengaturnya tanpa menulis kode HTML. Faktanya, yang harus Anda lakukan hanyalah menyeret dan melepas gadget ke suatu area di halaman web. 

Terkadang area tersebut disebut area gadget. Tata letak area ini bervariasi menurut tema. Terkadang, gadget hanya dapat berada di sidebar, sedangkan di lain waktu, Anda dapat menempatkannya di footer atau keduanya.

Salah satu kelebihan gadget adalah memudahkan Anda selama Anda ingin menambahkan berbagai fitur canggih ke halaman situs Anda. Anda juga dapat menautkan akun media sosial Anda untuk terhubung dengan pembaca, meskipun dalam hal ini Anda harus menginstal plugin lain secara manual untuk mengaktifkan gadget yang relevan.

Baca juga: Mengenal Schema Markup dan Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Widget WordPress Default

Secara default, WordPress memiliki beberapa gadget yang sangat penting untuk situs web Anda. Beberapa tools pada gadget ini meliputi:

Arsip menunjukkan posting bulanan. Audio memungkinkan Anda menyematkan pemutar audio di halaman tertentu. Calendar menunjukkan tanggal, bulan dan tahun. 

Categories menampilkan daftar atau menu drop-down kategori posting. Gallery menunjukkan galeri gambar. Image untuk menampilkan gambar satu per satu. Meta menampilkan login webmaster, RSS dan tautan WordPress.org. Navigation Menu menunjukkan menu navigasi pada sidebar. 

Pages untuk membantu membuat daftar halaman. Recent Comment memperlihatkan komentar terbaru di halaman tertentu. Recent Post menunjukkan posting terbaru. RSS adalah entri RSS atau Atom feed. 

Search menampilkan bidang pencarian di situs. Tag Cloud menampilkan tag pada posting. Videos menunjukkan berbagai video yang diambil dari penyedia video terbesar.

Bagaimana Cara Menambahkan Widget WordPress?

Nah, Anda telah mengetahui informasi umum tentang fitur gadget pada web. Untuk menambahkannya ke halaman situs web, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, masuk ke dasbor WordPress. Kedua, klik tampilan, lalu klik widget. Ketiga, tampilkan gadget yang tersedia di akun WordPress Anda. Area perletakan gadget dapat berbeda-beda tergantung tema yang Anda gunakan. 

Keempat, seret dan lepas gadget ke area pilihan Anda. Misalnya, pilihlah gadget “Video”, “Kalender”, “Kategori” dan “Meta”. Beberapa gadget contohnya seperti videos, Anda perlu mengupload atau menyematkan link video secara manual. Jika Anda ingin menampilkan video, tambahkan tautan YouTube di gadget. Selesai! Sekarang Anda dapat melihat video tersebut muncul di situs web.

Pilihlah Gadget Sesuai Dengan Fungsinya

Kegunaan widget WordPress tidak bisa dianggap remeh. Meski terkesan sederhana, elemen ini dapat meningkatkan keterlibatan pembaca di situs web Anda. Terdapat ratusan gadget yang bisa digunakan untuk tujuan apapun.

Berhati-hatilah saat mengaturnya dan menambahkannya ke situs web Anda. Gadget hanyalah elemen tambahan. Jika Anda ingin menambahkan gadget ke situs web Anda, pertimbangkan beberapa aspek penting. 

Seperti pengalaman pengguna, tampilan situs web, dan keunggulan keseluruhan dari gadget itu sendiri. Hindari penambahan widget yang tidak memiliki fungsi penting. Selamat mencoba!