Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa content writer – Apakah website Anda sudah aman dari pengguna atau user yang mencurigakan? Jika Anda merasa khawatir ada cara untuk membuat website aman dari gangguan user-user seperti itu.  

Caranya adalah dengan melihat panduan atau tips block IP dalam menggunakan IP Manager dan .htaccess, dimana petunjuk tidak rumit tapi cukup efektif untuk menangkal gangguan keamanan.

Cara Block IP Menggunakan IP Manager

Dalam penggunaan internet, selain banyak manfaatnya yang bisa diambil dari sisi kepraktisan ternyata juga ada bahaya yang mengancam seperti penjahat dunia maya jika tidak memiliki kesiapan.  Yang bisa dikatakan kesiapan bagi seseorang yang memiliki website adalah mengetahui cara Block IP,  beberapa jenis penjahat dunia maya seperti spammer, hacker, ataupun toxic user bisa diatasi dengan block IP ini.

Block IP ini artinya Anda sudah memblokir nama IP para penjahat yang ingin membobol sistem keamanan website Anda. IP sebagai identitas dari seorang pengguna internet, akan bisa dideteksi jika mereka hendak masuk tapi sebelumnya Anda sudah memblokir jalannya. 

Dengan demikian, jika mereka ingin mengakses sudah dapat dipastikan tidak akan bisa masuk karena sudah diblokir. Bagaimana cara memblokir tersebut, yaitu dengan menggunakan IP Manager yang terdapat pada control panel. Berikut adalah tipsnya:

Buka hPanel Hostinger

Pertama kali buka dulu hpanel hostinger, yang merupakan panel server webnya. Setelah itu, baru membuka IP Manager.

Masukkan Alamat IP yang Akan Diblokir

Berikutnya Anda langsung bisa memasukkan alamat IP orang-orang yang hendak akan Anda blokir. IP sebagai identitas yang dimasukkan, segera dideteksi barulah dilakukan penguncian.

Baca juga: Ketahui Definisi Lengkap dan Cara Membuat Slug WordPress

Cara yang Sama Untuk Pembatalan Proses

Untuk melakukan pembatalan proses, lakukan dengan cara yang sama seperti diatas sebelumnya. 

Muncul Pesan Konfirmasi

Setelah melakukan semuanya, maka akan muncul sebuah pesan konfirmasi yang menyatakan IP tersebut sudah terblokir.

Panduan Block IP Menggunakan .htaccess

Selain ada penggunaan block IP pada IP manager, ternyata ada juga penggunaan terhadap .htaccess.  Ini merupakan sebuah cara lain yang bisa Anda akses menggunakan apache. 

Bagaimana cara terbaik yang bisa dilakukan? Jawabannya yaitu menolak akses alamat IP yang masuk melalui server web atau hosting yang menggunakan apache.  Dalam menggunakan apache ini, cara melakukan block IP adalah sebagai berikut:

Buka hPanel Hostinger

Masih sama dengan cara yang pertama, didahului dengan membuka hpanel hostinger. Kemudian, buka bagian luar file manager.

Buka File .htaccess Pada Direktori Public_html

Setelah itu, buka juga file .htaccess tersebut melalui direktori public_html. Caranya dengan mengetik nama file.  Barulah gunakan fitur edit.

Buka Halaman Edit dan Masukkan Kode

Jika sudah masuk pada halaman edit, maka masukkan kode yang sudah tersedia. Namun, kode asli tersebut jangan lupa untuk di backup untuk mengantisipasi sesuatu yang terjadi.

Dengan panduan diatas, pastinya Anda juga bisa merasa lega dan aman dari penjahat internet atau cyber crime. Selain block IP, juga terdapat geo-blocking pada .htaccess. 

Jenis penjahat seperti ini, bisa berasal dari Negara tertentu. Penggunaan file .htaccess ini bisa dipakai untuk memblokir masuknya Negara tersebut untuk mengakses website Anda.

Cara-cara di atas tidak sulit, tergantung pada kasus apa yang sedang Anda hadapi. Yang terpenting, pastikan jangan ada langkah yang terlewati dan lakukan dengan tertib untuk mendapatkan solusi yang benar-benar ampuh dalam mengatasi penjahat internet tersebut. Selamat mencoba.