Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

7 Strategi Memperkuat Branding yang Jitu Beserta Contohnya

Jasa artikel bahasa indonesia – Jika sudah mengetahui pentingnya branding dalam berbisnis, pastinya Anda akan berpikir bagaimana caranya membentuk dan memperkuat branding yang sudah dibuat. Itu sangat normal dalam menjalani sebuah bisnis, karena memang branding besar pengaruhnya dalam perkembangan sebuah bisnis. 

Strategi Memperkuat Branding

Ada beberapa trik atau strategi jitu bagi Anda yang ingin memperkuat branding produk, tapi apa sebenarnya strategi branding tersebut. Strategi branding adalah sebuah cara untuk memperkuat branding yang dibuat, adapun caranya adalah sebagai berikut:

Katakan Tujuan Dibalik Brand 

Ada dua macam jenis nilai merek yang perlu dipahami dibalik brand Anda tersebut, yaitu brand promise (janji) dan brand purpose (tujuan). Brand promise merupakan keunikan dari produk yang akan Anda perlihatkan pada semua calon atau yang sudah menjadi konsumen. Sedangkan brand purpose adalah misi yang akan diikutsertakan dalam bisnis Anda tersebut.

Pertahankan Konsistensi Brand

Sudah seharusnya dalam memperkuat brand, Anda mempertahankan konsistensi brand. Seperti layaknya beberapa brand populer yang kita ketahui sebagai mie instan ataupun air mineral, selalu melekat di pikiran susah untuk melupakan. 

Oleh karena itu,  jaga konsistensi brand tersebut dengan tidak terlalu sering mengganti nama atau logo maupun slogan. 

Memiliki Website

Salah satu hal yang paling umum dalam memperkuat branding sebuah bisnis adalah memiliki website. Karena pada era teknologi digital yang serba online siapapun pasti memiliki website. 

Tujuan dari website sendiri adalah memperkenalkan dan memasarkan produk atau bisnis secara online, website adalah wadah untuk memasarkan produk dengan berbagai konten produk di dalamnya.

Menciptakan Kedekatan Dengan Konsumen

Agar bisnis bisa mengalami perkembangan yang konsisten, ciptakan kedekatan dengan semua konsumen. Bina hubungan baik, tidak hanya dalam sekali atau dua kali berhubungan bisnis. Buat semua konsumen menjadi pelanggan setia produk Anda, sehingga perkembangan bisnis tidak akan terasa lama dan alot. Karena, metode kedekatan dengan konsumen bisa meningkatkan citra produk di mata konsumen.

Integrasikan Customer Service Dengan Standar Brand

Strategi berikutnya adalah integrasikan customer service dengan standar brand Anda tentunya, karena ternyata customer service juga mempengaruhi loyalitas seorang konsumen terhadap brand tersebut. Oleh karena itu, integrasikan customer service sebagai bentuk pelayanan kepada konsumen. Tapi pastikan staf layanan untuk konsumen yang dipersiapkan tersebut sangat memahami standar kualitas brand Anda melalui product knowledge-nya.

Baca juga: Agar Guest Post Jadi Menarik, Inilah yang Bisa Dilakukan Penulis Tamu

Berikan Apresiasi Terhadap Konsumen

Bentuk branding atau memperkuat branding yang berhubungan dengan konsumen adalah memberikan apresiasi kepada semua konsumen, melalui berbagai cara tentunya. Karena, dengan semakin kuatnya brand pastinya Anda memiliki banyak konsumen atau pelanggan setia. 

Dengan begitu, kadang banyak juga pelanggan setia yang tidak hanya menggunakan produk Anda secara konsisten tapi juga menyebarluaskan kelebihan dari produk Anda pada yang lainnya ataupun memberikan review memuaskan melalui media sosial. Itulah mengapa Anda perlu mengapresiasi mereka dengan berbagai cara.

Tetap Pantau Kompetitor

Hal terakhir yang harus diketahui sebagai strategi memperkuat branding adalah tetap pantau dan lihat kompetitor yang ada disekeliling Anda.

Dengan beberapa jenis strategi di atas, maka Anda sudah bisa memperkuat branding yang Anda buat. Dengan begitu, bisnis akan berkembang dengan cepat. Selain itu, ada juga beberapa contoh strategi untuk memperkuat branding. 

Misalnya contoh untuk merealisasikan strategi tadi adalah membuat produk akan membekas secara positif di ingatan orang banyak. Berdasarkan jenis produk yang Anda tawarkan baik itu makanan mie instan, air mineral ataupun jasa pengiriman barang yang sudah sangat dikenal.