Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Word of Mouth, Strategi Penting Dalam Pemasaran Sebuah Bisnis

Content writer online bahasa inggris – Pernah mendengar strategi Word of Mouth Marketing (WOM)? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu pemasaran dari mulut ke mulut. Meskipun sekarang ini sudah era digital dan juga banyak jenis strategi pemasaran lain di dunia bisnis, namun strategi Word of Mouth ini masih menjadi salah satu cara yang efektif dalam menarik pelanggan.

Pengertian Word of Mouth adalah strategi marketing secara lisan yang dapat berupa rekomendasi dari personal maupun kelompok. Pada dasarnya, strategi ini adalah pemasaran tanpa biaya yang dipicu oleh pengalaman pelanggan.

Tips Menjalankan Strategi Word of Mouth

Berikut ini adalah beberapa strategi word of mouth yang dapat Anda terapkan dalam bisnis.

Mulai dari Karyawan

Karyawan yang bekerja pada bisnis Anda adalah orang pertama yang seharusnya menjadi yang terbaik dalam mempromosikan produk dari mulut ke mulut. Jika Anda dan karyawan dapat bekerjasama dengan baik, tentu ia akan bekerja dengan senang hati dan secara sukarela membagikan pengalamannya sebagai bentuk pemasaran.

Sebagai bentuk terima kasih, Anda dapat memberikan apresiasi berupa imbalan bonus ataupun diskon khusus di kemudian hari.

Baca juga: Memilih yang Terbaik Antara Aged Domain dan Expired Domain

Konten

Sudah sangat umum sebuah bisnis membuat konten untuk mempromosikan produk. Namun selain konten menarik yang dibuat perusahaan, perlu juga agar bisnis Anda didukung juga oleh konten dari customer atau pembeli produk Anda. Karena konten yang berasal dari pembeli dapat meninggalkan kesan yang lebih terpercaya.

Salah satu cara memantik agar pembeli mau membuat konten untuk mempromosikan produk Anda adalah dengan program giveaway, yaitu memberikan diskon, hadiah, atau imbalan fitur gratis bagi pembuat konten yang dinilai paling kreatif dan menarik.

Posting konten tersebut di website, media sosial, atau di profil utama platform sarana promosi bisnis Anda. Atau bisa juga dengan membuat konten untuk beramah tamah dengan follower sosial media Anda seperti mengadakan polling dan kuis yang menyenangkan, dengan tujuan akhir membagikan hashtag unik produk Anda sebagai promosi.

Dalam dunia sosmed, jenis pemasaran dengan hashtag adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesan positif, pencarian merek, dan membuat semakin banyak orang yang familiar dengan produk Anda.

Review dan Testimoni

Menurut riset dari sejumlah penelitian, 79% orang mempercayai testimoni atau review online sama seperti sebuah rekomendasi pribadi dari teman dan orang terdekat. Hal ini dapat mendukung agar pelanggan yakin dan lebih percaya dengan kualitas produk Anda.

Jadi, ketika Anda mendapat review atau testimoni positif dari pelanggan, bagikan beberapa di media sosial Anda dan hubungkan ke review asli tersebut agar kredibilitas postingan meningkat. Sehingga masyarakat percaya bahwa review tersebut benar-benar asli.

Insentif

Setiap orang cenderung ingin mendapatkan keuntungan dan itu adalah hal yang wajar dalam dunia bisnis. Anda bisa membuat penawaran diskon sebagai insentif sederhana bagi pelanggan yang bersedia mempromosikan produk Anda dengan cara tertentu.

Pengalaman Pembelian yang Berkesan

Yang paling menonjol dari strategi Word of Mouth adalah pengalaman yang dialami secara nyata oleh pelanggan pada saat pembelian. Mulai hal kecil mengenai packaging, pelayanan, metode pembayaran, hingga kualitas produk sangat penting untuk diperhatikan agar pembeli mendapatkan kepuasan dalam bertransaksi.

Endorsement

Kerjasama dengan influencer, selebgram, atau tokoh yang mempunyai banyak pengaruh ke masyarakat dapat menjadi strategi WOM yang baik. Dalam memilihnya, Anda harus tahu reputasi dari kepopulerannya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Website dan Sosial Media

Ini adalah hal terakhir yang penting dalam strategi WOM. Selain mudah dan tidak perlu biaya besar untuk memulainya.

 Jadi, apakah Anda sudah siap dalam memaksimalkan strategi tersebut? Pastikan untuk membentuk tim yang solid agar bisa memaksimalkan pelaksanaannya.