Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Small Business Owner Wajib Tahu Tips Target Market yang Efektif

Jasa penulis artikel tercepat – Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda diharuskan menentukan target market Anda sendiri. Dengan tujuan agar bisa menentukan arah pemasaran produk dari bisnis Anda tersebut. 

Ada beberapa jenis segmen dari target market Anda, masing-masing memiliki cara untuk menentukannya. Bahkan, ada beberapa fakta yang bisa menjelaskan cara penentuan target market tersebut. Adapun fakta dan cara tersebut, antara lain sebagai berikut.

Definisi Target Market

Sebelum menentukan target market, Anda harus mengetahui terlebih dulu definisinya. Pengertian dari target market sendiri adalah aktivitas menentukan kelompok dalam masyarakat. 

Adapun caranya yaitu dengan memperhatikan segmen dari masing-masing orang tersebut. Setelah mengetahui masing-masing segmen, Anda bisa mengolah data tersebut yang menghasilkan data mengenai segmen yang akan Anda dapatkan melalui kecocokan karakteristik target market Anda.

Tujuan Dari Target Market

Setelah mengetahui pengertian dan definisinya, Anda juga perlu mengetahui tujuan dari target market. Tujuannya adalah untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnis yang Anda bangun. 

Pengarahan kegiatan pemasaran pada bisnis Anda pada konsumen yang tepat dan benar-benar membutuhkan juga menjadi tujuan target market. Tujuan tersebut harus diketahui dan dimengerti agar Anda tidak menjadi salah langkah dan salah dalam mengambil keputusan pada bisnis Anda tersebut. 

Baca juga: Bagaimana Cara Terbaik Membuat Tulisan Rewrite Agar Menarik?

Cara Menentukan Target Market

Fakta selanjutnya adalah cara menentukan target market yang sesungguhnya, yaitu melalui pembagian beberapa segmentasi. Diantaranya adalah segmentasi demografi. 

Ini adalah segmen yang paling dasar dan paling penting dalam penentuan target market tersebut. Salah satunya adalah berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan serta pendidikannya. 

Berdasarkan dari pengelompokan yang Anda buat tadi, maka didapatlah hasil yang dapat mengetahui sesuai atau tidaknya produk yang Anda pasarkan pada segmen tersebut. Jika diberi contoh berdasarkan usia, maka Anda akan memasarkan sebuah produk kecantikan untuk peremajaan kulit pada wanita yang berusia di atas 30 tahun bukan pada wanita yang berada di bawah itu atau justru pada wanita usia remaja.

Sedangkan untuk segmentasi geografik, Anda bisa menentukan kelompoknya. Anda dapat mengelompokkan dari kodepos, kode area, kota provinsi dan wilayah.  

Disamping itu, ada juga segmentasi psikologis yang dibuat berdasarkan kelas ekonomi atau finansial, preferensi gaya hidup atau kepribadian seseorang. Bahkan, dalam segmentasi ini juga masih terbagi beberapa bagian seperti tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan. Semua itu sudah dijelaskan dengan lengkap.

Tindakan Setelah Menentukan Target Market

Jika Anda sudah berhasil menentukan target market Anda, maka tindakan yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan dengan pasti produk apa saja yang akan jual nantinya. Banyak survey yang harus Anda lakukan terkait dengan masalah tersebut. 

Misalnya seperti melihat kompetitor, membandingkan kelebihan produk Anda dengan produk kompetitor sejenis. Anda juga perlu mengecek apakah produk memang yang dicari para konsumen tersebut. 

Selain itu, gunakan media sosial untuk melakukan pemasaran tersebut. Semaksimal mungkin Anda manfaatkan media sosial tersebut sebagai ajang promosi, sehingga produk Anda semakin banyak dikenal. Selain promosi gratis, juga terdapat promosi berbayar yang dibuat melalui konten.

Itulah beberapa fakta yang berkaitan dengan penentuan target market bisnis kecil Anda, dengan pemahaman fakta-fakta tersebut maka Anda bisa mengikuti cara-cara tersebut sebagai cara efektif dalam menentukan target market Anda. Dengan begitu, Anda bisa memulai dengan menentukan target market tersebut dari cara yang termudah.