Siapa Sangka, 10 Search Engine Ini Bisa Berfungsi Seperti Google 
Siapa Sangka, 10 Search Engine Ini Bisa Berfungsi Seperti Google 

Jasa penulis artikel satuan – Era teknologi ini, semua serba canggih praktis dan cepat. Salah satunya yang berpengaruh adalah mencari informasi dengan menggunakan internet, yang biasa disebut search engine atau mesin pencari. 

Semua orang mungkin paling mengenal Google sebagai mesin pencari informasi, padahal masih banyak lagi variasi mesin pencari yang juga bisa digunakan. Beberapa mesin pencari pada browser selain Google adalah:

Yahoo Search

Karena email yahoo sudah sangat familiar, mungkin untuk search engine dari Yahoo pun sudah banyak yang mengenal. Walaupun tidak sering digunakan seperti Google, tapi Yahoo Search juga cukup bagus untuk dijadikan mesin pencari. Mesin pencari yang satu ini dibuat pada tahun 1995, namun mulai terlihat berlomba dengan Google pada tahun 2000an.

Bing 

Bing juga termasuk salah satu mesin pencari yang bisa dimanfaatkan, tampilan depan Bing mirip dengan Yahoo search, tapi pencariannya mirip dengan Google dengan tersedia berbagai bentuk informasi dalam mencari artikel, video, gambar dan banyak lagi yang lainnya.

Yandex

Berikutnya adalah Yandex, mesin pencari buatan Rusia yang bisa setara dengan Google. Mesin pencari ini bisa hampir sama dengan Google, dengan komitmen untuk bisa membuat banyak konsumen yang berbisnis online maupun offline. Bahkan, Yandex juga memiliki Appmetrica layaknya Google Analytic.

DuckDuckGo

Mesin pencari selanjutnya yang diketahui adalah DuckDuckGo, mesin pencari selain Google yang juga sangat layak digunakan. Dari namanya mungkin terdengar lucu, tapi mesin pencari ini cukup aman dan sangat simpel. 

DuckDuckGo memang mempunyai tagline, yaitu ‘Privacy,Simplified’. Menariknya lagi, mesin pencari satu ini bisa membuat para pengguna tidak terdeteksi oleh pencari iklan. Sehingga pencarian memang terkesan menjaga privasi.

Baca juga: Tau Istilah Ghost Writer? Yuk Pahami Pengertian dan Tips Suksesnya

Baidu

Baidu juga termasuk mesin pencari yang sudah cukup dikenal, walaupun tidak sebesar Google. Karena, Baidu bisa dikatakan sebagai Google versi China. 

Karena hampir sebagian besar masyarakat China telah dikuasainya, dan juga mesin pencari ini bukan berfungsi sebagai mesin pencari saja tapi juga bisa dijadikan tempat belajar bahasa Mandarin. Karena, dalam penggunaannya menggunakan aksara han.

DogPile

Selanjutnya search engine pada browser adalah DogPile, yang merupakan mesin pencari kompilasi dari beberapa mesin pencari seperti Google, Yahoo search, Yandex dan MSN.

SwissCows

Untu mesin pencari ini juga cukup menarik, yang biasa disebut SwissCows. Rata-rata memang bentuknya hampir mirip dengan Google, yaitu menyediakan tampilan informasi umum, video, gambar dan lainnya. Tapi mesin pencari yang satu ini mempunyai kelebihan bisa melakukan penyensoran pada website untuk konten yang dibilang ketat.

StartPage

StartPage merupakan mesin pencari yang bisa menjamin data pribadi tidak akan diberikan dari informasi yang dicari di mesin pencari ini. StartPage juga sudah membeli fitur dari Google dan juga menggunakan fasilitasnya untuk bisa menghilangkan fitur personalized ads yang dipakai Google.

GiBiru

Mesin pencari GiBiru adalah jenis mesin pencari yang sama dengan DuckDuckGo, yaitu menyimpan dengan aman data Anda sebagai pencari informasi. Menariknya, GiBiru bertolak belakang dengan Google karena mesin pencari ini hanya bisa mendapatkan komisi dari website yang sudah berhasil dibeli si pencari yang ditemukan melalui GiBiru.

Ask

Untuk jenis mesin pencari yang terakhir juga sangat familiar, yaitu mesin pencari Ask. Namun, jangan sampai tertukar Ask.com dengan Ask.fm karena sangat jauh berbeda. 

Walaupun memang keduanya masih dalam satu manajemen perusahaan, tapi bukan berarti sama. Mesin pencari ini menyediakan pencarian informasi yang biasa serta video, tapi bedanya Ask.com menggunakan banyak tampilan iklan-iklan online pada tampilan awal atau depan.

Mungkin akan banyak lagi jenis mesin pencari setelah 10 nama di atas, tapi seiring perkembangan teknologi tentunya harus lebih berkembang dari sebelumnya.