Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Retargeting vs Remarketing Ini Persamaan dan Perbedaannya

Artikel seo murah – Pernahkan Anda mendengar istilah retargeting dan remarketing? Apa pengertian dan perbedaan dari kedua istilah tersebut? Disini akan dibahas tuntas agar Anda paham dan tahu strategi mana yang paling pas untuk diterapkan di bisnis Anda. Karena kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang tidak akan optimal jika salah dalam menerapkannya.

Sebelum itu, tahukah Anda bahwa hanya 2% pengunjung website yang melakukan pembelian saat kunjungan pertama? Sedangkan 98% sisanya hanya sekedar melihat-lihat produk yang dijual dan mengecek promo yang sedang berjalan.

Beberapa pengunjung mungkin sudah memasukkan produk ke keranjang belanjaan, tapi tidak pernah berlanjut hingga pembayaran. Hal ini membuat conversion rate Anda kecil, karena perbandingan antara jumlah pengunjung dan pembelinya yang timpang.

Untuk itulah ada taktik pemasaran yang dikenal dengan istilah retargeting dan remarketing. Keduanya mempunyai tujuan sebagai strategi yang membuat 98% pengunjung pertama tadi lebih dekat untuk melakukan transaksi pembelian di website Anda. Sehingga conversion rate akan meningkat dan pendapatan bertambah.

Pengertian Retargeting

Retargeting adalah sebuah strategi dalam melakukan pendekatan kembali dengan pengunjung yang pernah berinteraksi di website tapi belum melakukan pembelian. Strategi yang dilakukan biasanya dengan menampilkan iklan Anda di berbagai website, aplikasi, game, hingga sosial media yang digunakan pengunjung.

Umumnya iklan ini ditampilkan dengan Google Display Network karena jangkauannya yang mencapai 90% dari pengguna internet. Dimana pengunjung berada, iklan Anda akan tetap mengikutinya. Dengan demikian, agresivitas ini yang membuat conversion rate bisa meningkat 50%-60% karena retargeting yang tepat sasaran.

Retargeting ads yang ditampilkan dengan berbagai macam bentuk tergantung pengunjung saat berinteraksi di website Anda. Misalkan pengunjung melihat suatu produk di website Anda sebelum menutup browsernya, berarti iklan yang ditampilkan adalah tentang produk tersebut atau produk lain yang mempunyai kategori mirip dengannya.

Baca juga: Cara Tambahkan Meta Title, Keyword, dan Description di WordPress

Pengertian Remarketing

Remarketing yaitu strategi yang dilakukan dengan cara menghubungi konsumen dalam rangka untuk memantik lagi niat membelinya. Yang artinya, remarketing ini fokus dalam hal mempertahankan pelanggan atau dikenal dengan istilah customer retention.

Biasanya, cara kerja remarketing dengan mengirimkan email yang mempunyai relevansi dengan tindakan konsumen yang pernah dilakukan sebelumnya. Itu berarti, Anda memerlukan email list untuk dapat menjalankan strategi ini.

Persamaan dan Perbedaan Retargeting vs Remarketing

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja, berikut ini adalah pembahasan mengenai persamaan dan perbedaannya.

Persamaan:

  • Target

Target yang dibidik adalah orang yang sebelumnya sudah familiar dengan produk Anda. Baik sudah pernah mengunjungi website, maupun yang sudah pernah mengisi keranjang pembelian dan tidak sampai melakukan transaksi.

  • Mengambil Potensi

Strategi ini ditujukan bagi orang yang mempunyai potensi melakukan pembelian. Sehingga sudah hampir bisa dipastikan tepat sasaran.

  • Meningkatkan Brand

Tentunya strategi ini sangat efisien dalam membangun branding serta peningkatan brand awareness.

Perbedaan:

  • Cara Kerja

Perbedaan yang mencolok antara dari keduanya adalah pada cara kerjanya. Retargeting menggunakan iklan dalam strategi menarik kembali pengunjung website, sedangkan Remarketing fokus dalam mempertahankan dan meningkatkan kembali daya beli pelanggan dengan email yang relevan.

Kesimpulan yang didapat dari pembahasan ini, baik retargeting maupun remarketing adalah trik yang sama-sama penting untuk meningkatkan conversion rate Anda. 

Namun, Anda harus tahu mana yang dibutuhkan dalam tujuan bisnis saat ini. Apakah menarik konsumen baru, mempertahankan konsumen, atau ingin memanfaatkan email list, dan berbagai faktor lain yang diperlukan.