Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pernah Dengar Lorem Ipsum? Inilah Teks Standar Berumur Ribuan Tahun

Content writer online bahasa inggris – Mungkin banyak yang masih tidak familiar ketika penggunaan teks Lorem Ipsum. Kata yang tidak berasal dari bahasa Indonesia ini adalah kata yang sering digunakan di bidang IT, khususnya dunia desain grafis dan tulis menulis.

Lorem ipsum atau disingkat ipsum adalah template berisi teks standar yang menggambarkan elemen grafis seperti font, tata letak, dan tipografi. Dimaksudkan agar pengamat tidak terlalu berkonsentrasi pada arti harfiah tiap kalimat. Melainkan kepada elemen desain teks yang dipresentasikan.

Lipsum punya sebutan lain yaitu greeking, yang artinya melatinkan atau menunaikan, karena asal dari kalimat ini adalah dari bahasa Latin.

Sejarah Lorem Ipsum

Sejarahnya, lorem ipsum berasa dari seorang tukang cetak yang mengambil sebuah teks yang diacak, lalu dijadikan sebuah buku sebagai contoh huruf sejak tahun 1500-an. Richard McClintock adalah seorang Profesor Bahasa Latin asa Amerika Serikat yang menyebut bahwa lorem ipsum adalah bagian dari naskah klasik era 45 sebelum masehi yang sudah berumur 200 tahun lebih.

Berasal dari penggalan paragraf dari naska de Finibus Bonorum et Malorum yang bila diartikan adalah Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan, sebuah karya yang dibuat oleh seseorang bernama Cicero. Yakni seorang orator, negarawan, sekaligus filsuf pada masa Romawi.

Lorem ipsum yang saat ini masih digunakan sebagai teks standar padahal sudah ada sejak ribuan tahun lalu, karena dinilai mempunyai persebaran teks huruf yang baik dan merata. Sehingga akan dilihat sebagai teks biasa.

Selain itu, dimaksudkan juga agar orang yang melihatnya terfokus pada elemen desain grafis, tidak hanya terpaku pada arti kalimat lorem ipsum secara harfiah, dan hanya digunakan sebagai sebuah dummy text saja.

Baca juga: Word of Mouth, Strategi Penting Dalam Pemasaran Sebuah Bisnis

Saat ini pada penggunaannya, teks lorem ipsum berbeda dengan teks asli dalam naskah Cicero. Menurut berbagai sumber, contoh teksnya berasal dari bahasa latin. Lalu teks tersebut dijadikan template yang hingga kini digunakan banyak orang.

Belum lagi banyaknya variasi dari teks lorem ipsum, ada beberapa huruf yang dihilangkan dari teks berbahasa latin. Alasannya agar tidak terasa asing dan lebih dekat dengan bahasa inggris. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lorem ipsum hampir sulit dimengerti. Karena asalnya dari bahasa latin, juga karena fungsinya yang digunakan sebagai contoh rangkaian teks saja.

Penggunaan Teks Lorem Ipsum di Perangkat Lunak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap kalimat dari contoh lorem ipsum nyaris sulit diartikan secara harfiahnya. Oleh karena itu, contoh tersebut digunakan agar orang bukan terpaku ke dalam teksnya, tapi kepada desain yang ditampilkan.

Bahkan sebagian orang menyebut teks lorem ipsum tidak memiliki makna apa-apa. Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Richard McClintock. Menurutnya, lorem ipsum adalah bahasa latin yang memiliki makna di dalam teksnya.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, penggunaan teks lorem ipsum dibantu oleh berbagai perangkat lunak yang berfungsi sebagai generator teks tersebut secara acak. Yang hebatnya lagi, meskipun secara acak, teks tersebut tidak akan berulang secara berdekatan. Meski begitu, sedikit sekali yang mirip dengan teks aslinya. Teks yang dihasilkan akan berbeda dari teks yang sebenarnya.

Perlu ditekankan kembali kegunaan teks lorem ipsum hanyalah sebagai contoh atau template, sebagaimana teks di bingkai atau dibungkus dalam sebuah desain baik untuk website, artikel, dan lain sebagainya. Berbagai situs juga menyediakan sekaligus menggenerate teks ini. Sehingga memudahkan ketika Anda membuat tampilan desain, artikel, ataupun dummy website.