Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pentingnya Mengenali Perbedaan Level Dari Domain Bagi Pemilik Web

Content writer online bahasa indonesia – Sebelum Anda mengenal lebih jauh level-level dari sebuah domain, ada baiknya Anda mengetahui lebih jelas pengertian dari domain tersebut. Istilah domain dalam dunia digital berhubungan dengan sebuah website, dimana domain adalah sebuah elemen penting selain hosting yang merupakan alamat dari website tersebut. 

Definisi secara lengkap, domain itu adalah sebuah sebuah nama atau alamat website agar website tersebut dikenal orang. Domain juga bertugas menggantikan IP, dengan kata lain domain memiliki fungsi utama memudahkan pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai sebuah website. 

Tipe-tipe Level Domain

Seperti yang diketahui, kalau domain memiliki beberapa tipe level. Perbedaan level tersebut harus Anda ketahui, agar Anda bisa mengetahui seberapa pentingnya fungsi dari masing-masing level tersebut. 

Masing-masing level tersebut juga memiliki keunggulan dan kelebihannya, tapi Anda harus mengetahui lebih jelas dulu mengenai level atau tingkatan domain tersebut. Agar tidak salah dalam memilih nama domain website Anda. Level domain tersebut, antara lain:

Top Level Domain

Dari nama levelnya saja pasti Anda sudah mengetahui, kalau level ini merupakan level teratas. Level ini biasa disebut domain TLD, dan juga memiliki pengguna paling besar. 

Top level domain memiliki dua kategori, yaitu kategori Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code top level domain (ccTLD). Perbedaan dari kedua kategori ini adalah gTLD secara general atau umum, sedangkan ccTLD berdasarkan kode masing-masing negaranya. 

Nama dari level domain ini memang mudah diingat, sehingga banyak yang menggunakan. Contoh-contoh dari TLD ini adalah seperti .com atau dot commercial, .net atau dot network, .org atau dot organization, .edu atau dot education, dan  yang terakhir adalah. Gov atau dot government. Sedangkan bagi TLD yang berjenis country code seperti .id atau Indonesia, .us atau Amerika, .sg yang artinya domain Singapura

Baca juga: Mau Punya Website Menarik? Ini Cara Memilih Jasa Pembuatan yang Tepat

Second Level Domain

Untuk level yang kedua ini dinamakan second level domain (SLD), dimana level ini merupakan domain atau nama yang sudah Anda siapkan sendiri untuk didaftarkan. Setiap orang yang ingin membuat website, pastinya menyediakan nama untuk didaftarkan. 

Tapi sebelum membeli domain, Anda harus mengecek terlebih dulu dari SLD yang tersedia. Apakah yang Anda inginkan sudah diambil atau belum, bisa Anda lihat sebelumnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa pemilihan SLD harus dilihat terlebih dulu. Untuk itu, sedikit lebih berhati-hati dalam memilih nama SLD yang ada hubungannya dengan produk ataupun merk.

Third Level Domain

Level terakhir domain adalah third level domain yang merupakan tingkatan terbawah domain. Banyak yang menyebut level domain yang satu ini sebagai subdomain, membuatnya pun bisa melalui control panel hosting. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya. Beberapa contoh dari tipe level yang terakhir ini adalah seperti penggunaan kata diskon pada jenis website https://diskon.awards.com, yang artinya kata diskon tersebut adalah subdomain yang dibedakan dan dipisahkan oleh dot dari domain utama. 

Setelah mengetahui beberapa level dari domain, maka Anda sudah mengetahui secara tidak langsung apa perbedaan dari ketiga level domain tersebut. Posisi domain tersebut secara berurutan, yaitu mulai dari third level domain di bagian paling depan hingga top level domain di bagian paling belakang.  

Dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda dalam membuat dan menentukan domain pada website yang akan Anda buat. Sehingga, Anda mengetahui aturan apa yang harus diikuti dan yang tidak terlalu penting.