Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pahami Aneka Jenis Iklan Google Ads yang Harus Anda Ketahui

Jasa Penulis Artikel Profesional – Memasang iklan di Google termasuk strategi pemasaran yang menarik untuk dicoba. Peluang iklan Anda akan lebih besar dilihat banyak orang. Ada beberapa jenis iklan Google yang bisa Anda coba. 

Masing-masing iklan memiliki tujuan bisnis yang berbeda-beda yang intinya menguntungkan. Berikut penjelasan beberapa jenis iklan Google yang perlu Anda ketahui:

Google Adwords (Google Ads)

Jenis iklan Google Ads ini merupakan layanan iklan Google yang berbayar yang nantinya ditampilkan di halaman utama pencarian Google. Bila ada pencarian dengan kata kunci yang relevan, maka iklan Anda akan muncul di halaman Google. 

Kelebihan yang didapat bila menggunakan layanan Google Ads ini lumayan menguntungkan. Keuntungan tersebut yaitu iklan Anda bisa dilihat oleh banyak orang dengan target audience yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan spesifik. 

Cara dalam menggunakan Google Ads ini cukup mudah. Jadi, bila Anda ingin memasang iklan untuk meningkatkan penjualan, traffic website dan lainnya, Anda bisa gunakan iklan Google Ads ini.

Baca juga: Apa Itu Teknik Copywriting dan Manfaatnya?

Google Display Network (GDN)

Jenis iklan ini bentuknya berupa teks atau gambar. Iklan GDN ini biasanya ditampilkan di website, aplikasi, dan mobile games. Bila Anda memasang iklan yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness maka iklan jenis ini sangat cocok digunakan. 

Jangkauan pengguna internet yang dapat melihat iklan Anda adalah 90%. Peluang iklan Anda diklik oleh audiens juga akan lebih besar karena tampilan iklan GDN ini lebih menarik dibanding iklan lainnya.

Tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat iklan ini yaitu buat bentuk visual iklan semenarik mungkin. Serta gunakan template iklan yang tersedia. Pastikan Anda melakukan tips tersebut agar dapat meningkatkan keuntungan usaha yang Anda jalankan. 

Google Shopping

Layanan iklan Google Shopping ini menampilkan informasi produk yang lebih detail dalam bentuk katalog. Tidak hanya menampilkan gambar dan nama produk, iklan ini juga menampilkan informasi harga dan link toko online-nya langsung. 

Transaksi penjualan bila memakai Google Shopping ini dapat mudah dilakukan. Yang menarik dari Google Shopping ini, Anda bisa bebas mengatur budget sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan iklan Google Shopping ini. Yaitu membuat akun hingga mengatur pengaturan khusus yang sesuai dengan kebutuhan penjualan produk Anda.

YouTube Ads

Memasang iklan di YouTube bisa sangat menguntungkan karena pengguna YouTube sangat banyak di Indonesia. Iklan YouTube Ads dapat berupa teks dan gambar, bahkan video. 

Ada beberapa tipe YouTube Ads yang dapat Anda pilih. Iklan jenis YouTube Ads ini cocok untuk beberapa tujuan pemasaran yakni brand awareness, product consideration, dan lainnya. 

Cara dalam membuat iklan jenis ini juga sama mudahnya dengan membuat iklan Google Ads. Ada beragam optimasi yang bisa Anda lakukan dalam iklan ini.

Google AdMob

AdMob yaitu advertising on mobile akan memungkinkan iklan Anda dipromosikan di aplikasi seluler. Banner iklan yang Anda buat akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna. 

Jenis iklan ini juga mendukung berbagai sistem smartphone yakni iOS, Android, WebOS, dan Windows Phone. Anda bisa mengatur budget yang sesuai jika menggunakan iklan ini. Namun, tahapannya lebih rumit dari iklan jenis lain, tetapi jika melihat panduan, pasti bisa diikuti dengan mudah.

Itulah jenis iklan Google yang harus Anda ketahui. Bila Anda akan memasang iklan atau promosi sesuatu, bisa coba salah satu jenis iklan di atas. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan budget Anda.