Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Mudah! Simak Tips Monetisasi Blog Terbaru di Tahun 2020

Content writer online bahasa indonesia – Kiat menghasilkan uang dari konten di website yang juga dikenal sebagai tips monetisasi blog adalah kegiatan pemasaran yang dapat memberikan manfaat materi dan eksposur. Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung dari aspek materi melalui uang. 

Di sisi lain, dari aspek eksposur, Anda dapat meningkatkan visibilitas website di mata audiens yang Anda targetkan. Berikut adalah beberapa tips monetisasi blog agar mendapatkan uang yang bisa Anda ikuti.

Program Afiliasi

Program afiliasi adalah suatu kerja sama dengan situs web perusahaan untuk mempromosikan produknya dan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi. Menurut kebijakan masing-masing perusahaan, jumlah komisi yang tersedia akan bervariasi. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan materi promosi untuk digunakan sebagai sarana belajar memasang iklan di masa mendatang.

Promosi Menggunakan Iklan Kontekstual

Iklan kontekstual adalah iklan yang didasarkan pada konten atau konten yang ditampilkan pada halaman website. Format tampilan berbeda, dari tampilan grafik, teks hingga video. 

Anda dapat menempatkannya di mana saja sesuai dengan tata letak situs. Saat ini jenis periklanan kontekstual yang paling sering kita dengar adalah Google Adsense.

Tips Monetisasi Blog Dengan Menyewakan Ruang

Anda juga dapat menggunakan ruang di situs web dan milis untuk menghasilkan uang. Triknya adalah menyewakan ruang ini kepada pengiklan, biasanya spanduk atau widget di sidebar. 

Keuntungan dari ini adalah bahwa pemilik situs web dapat menetapkan tarif mereka sendiri dan iklan mana yang akan ditampilkan. Namun, sebelum menyewa ruang iklan, pastikan situs web Anda bereputasi baik. 

Pasalnya, pengiklan juga ingin tahu situs mana yang bisa memasang iklannya. Oleh karena itu mohon diperhatikan kualitas isi dan tampilan serta aksesibilitas tata letak situs Anda.

Kerja Sama Sponsor

Sponsor adalah jenis iklan yang menggiurkan dan paling sulit. Singkatnya, pemilik situs web bekerja dengan pengiklan untuk mempromosikan produk tertentu. Misalnya, pengiklan memberi kami sejumlah uang atau tawaran untuk menjadi sponsor situs web Anda.

Produk Gratis

Ketika sebuah perusahaan atau brand menawarkan produknya kepada orang-orang berpengaruh (dalam hal ini pemilik website) untuk direview, cara ini sering disebut dengan endorsement campaign. Beberapa produk yang ditawarkan dapat berupa makanan, makanan, tiket perjalanan atau kegiatan hiburan, maupun dalam bentuk hosting dan fasilitas lapangan.

Tips Monetisasi Blog Dengan Menjual Produk

Beberapa pemilik situs web mulai meraup keuntungan dari situs web mereka dengan mempromosikan produk pengiklan. Kemudian mulai menjual produk mereka sendiri. 

Baca juga: Kehabisan Ide Saat Blogging? Ini 8 Cara Dapat Inspirasi Menulis Konten 

Mengingat pertumbuhan website dan konten website yang semakin baik, langkah ini dapat dikatakan sebagai perkembangan yang wajar. Konten ini kemudian bisa dikembangkan dan diubah menjadi produk yang bisa dijual. Misalnya ebook, video tutorial, dan sebagainya.

Keanggotaan atau Membership

Bergantung pada nilai informasi atau konten yang Anda tampilkan di situs web, Anda dapat mengaktifkan keanggotaan atau membership. Keanggotaan sebenarnya adalah menjual produk yang berbeda kepada orang yang sama dari waktu ke waktu, daripada menyediakan produk yang sama kepada orang yang berbeda dari waktu ke waktu. 

Dengan kata lain, saat pengguna mendaftar sebagai anggota, Anda tidak perlu lagi menarik terlalu banyak pelanggan, tetapi Anda dapat mulai fokus pada peningkatan kualitas konten, sehingga apa yang “dibeli” oleh pelanggan berharga bagi mereka.

Awalnya, pendapatan situs web Anda tidak banyak. Namun seiring berjalannya waktu, dengan mengembangkan ilmu yang telah Anda pelajari, Anda pasti dapat meningkatkan performa website Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari website tersebut.

Selain itu, jika Anda dapat meningkatkan kualitas konten dengan menyesuaikan standar SEO, sehingga perlahan-lahan meningkatkan peringkat situs web Anda di SERP Google, jauh lebih baik. Semoga tips monetisasi blog di atas dapat membantu Anda.