Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Mudah Ini Cara Praktis Menambahkan Custom Pagination WordPress

Content writer online – Custom pagination merupakan fitur yang digunakan untuk mempermudah penelusuran postingan pada website Anda. Ini adalah salah satu hal yang mendukung agar website Anda menjadi SEO-friendly karena pengunjung website semakin dinyamankan dengan kemudahan ini.

Pagination adalah fitur yang membagi konten website menjadi beberapa halaman sehingga pengunjung dapat melakukan navigasi dengan mudah. Terlebih jika blog Anda memiliki banyak sekali postingan pasti akan lebih merepotkan. 

Jika semua artikel ditayangkan dalam satu halaman, maka pengunjung akan kerepotan karena harus scroll terus menerus untuk mengakses semua konten. Contohnya, anggap saja secara default WordPress pagination menampung 10 artikel dalam satu halaman. 

Itu berarti, artikel lain setelah sepuluh artikel tersebut akan ditampilkan di halaman berikutnya. Sehingga, WordPress akan menampilan menu next, preview, dan older Post.

Anda dapat mengatur jumlah postingan yang ingin ditampilkan dalam satu halaman website, melalui pengaturan yang terdapat di dashboard WordPress dengan klik Setting >Reading. 

Lalu, ganti kolom jumlah maksimal blog yang ingin ditampilkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini adalah cara mudah untuk mengatur jumlah artikel per halaman.

Baca juga: Cara Membuat Redirect PHP yang Aman dan Mudah

Metode Manual dan Plugin Pagination

Ada cara yang dapat membuat custom pagination WordPress lebih menarik dan juga memudahkan pengunjung. Yaitu dengan metode manual dan plugin yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Metode Manual

Anda dapat melakukan coding secara manual dengan membuka Appearance > Theme Editor yang berada di dashboard, lalu pilih file index.php, lalu tambahkan coding sesuai yang Anda inginkan.

  • Metode Plugin

Bila kesulitan dan malah menghasilkan error, Anda dapat menggunakan plugin pagination. Contoh rekomendasi plugin yang bisa Anda coba yakni WP-PageNavi.  Anda harus terlebih dahulu menginstal dan mengaktifkan plugin WP-PageNavi.

Untuk melakukan konfigurasi pengaturan plugin, buka Setting > PageNavi. Lalu Anda dapat mengganti pengaturan pagination numerik dan teks default yang ada pada kolom tersedia sesuai dengan keinginan. Langkah selanjutnya yaitu menambahkan script tag php pada template tema WordPress.

Anda juga bisa mengatur tampilan nomor halaman sesuai keinginan dengan memanfaatkan pengaturan CSS yang bisa disesuaikan. Dengan menyalin file pagenavi-css.css dari direktori plugin ke direktori tema dan melakukan modifikasi. Cara ini tidak membuat Anda kehilangan perubahan ketika memperbarui atau update plugin.

Anda dapat masuk pada menu Plugins > Editor > pilih drop down menu WP-PageNavi lalu klik Select. Setelah itu Anda bisa melakukan modifikasi css sesuai dengan yang diinginkan di file wp-pagenavi/pagenavi-css.css, atau dengan menghapus centang pada opsi Use pagenavi.css?  dari halaman pengaturan dan secara langsung menambahkan ke file style.css.

Pentingnya Custom Pagination WordPress

Meskipun secara default WordPress sudah menyediakan fitur pagination, namun penting juga untuk menggunakan custom pagination karena dapat memudahkan pengunjung saat menelusuri blog. Tidak hanya menggunakan tombol next atau prev, pengunjung juga bisa langsung menekan klik pada halaman yang diinginkan.

Selain itu, custom pagination WordPress juga dapat meningkatkan ranking website. Karena menurut riset, custom pagination adalah salah satu hal yang mendukung SEO website. 

Namun jika tidak dilakukan secara benar dapat menyebabkan masalah pada crawling yang menyulitkan pekerjaan robot Google. Bahkan dapat merugikan upaya SEO bila sampai muncul duplicate content.

Kesimpulannya, custom pagination sangat penting untuk diterapkan demi kenyamanan dan peningkatan performa website Anda. Baik secara coding manual, ataupun menggunakan plugin yang lebih mudah dan aman.