Meski Pemula, Semua Blogger Harus Tahu 10 Coding HTML Dasar Ini
Meski Pemula, Semua Blogger Harus Tahu 10 Coding HTML Dasar Ini

Jasa Penulis Artikel Profesional – Istilah dan penggunaan konsep SEO sangat dibutuhkan bagi seorang penulis blog atau blogger. Mengapa demikian? karena ini akan berhubungan dengan performa blog tersebut. 

Artinya, tidak hanya paham cara menulis yang baik saja tapi juga harus mengerti coding HTML dasar. Anda tidak harus panik mendengar istilah yang terdengar kurang familiar, tapi semua itu bisa dipelajari dengan baik. 

Sebelum mempelajarinya, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja kode-kode dari HTML dasar tersebut, antara lain:

Title Tag

Istilah yang pertama adalah title tag, yaitu merupakan sebuah daya tarik paling besar pengaruhnya untuk Anda bisa mendapatkan banyak klik. Bahkan, coding ini juga bisa membuat Click-Through Rate (CTR) Anda meningkat hingga mencapai 100 persen.

Meta Description

Berikutnya adalah meta description, yang merupakan coding HTML sebagai sebuah ringkasan atau rangkuman dari konten blog tersebut. Dengan coding seperti ini, memudahkan para pengunjung blog untuk mengetahui isi blog dengan ringkas.

Heading Tag

Untuk heading tag merupakan judul atau beberapa sub judul pada blog tersebut, yang terdapat pada kontennya. Fungsinya adalah untuk menampilkan atau menunjukkan struktur dari tulisan blog tersebut.

Anchor Text and Link

Selanjutnya adalah anchor Text Link, yaitu sebuah potongan kata yang akan terhubung dengan link. Fungsi dan kegunaannya sudah pasti untuk memberi arahan pada pengunjung atau pembaca blog pada informasi yang dibutuhkannya. Coding yang satu ini juga harus berhubungan konteks pada konten blog.

Nofollow

Nofollow adalah salah satu coding HTML yang sangat berlawanan dengan anchor text and link. Tapi sekilas jika Anda melihat tampilannya sedikit mirip antara keduanya. 

Fungsi dari nofollow pun juga berbanding terbalik dengan anchor text and link tadi, karena coding ini membuat mesin pencari mengabaikan link dari sebuah website tersebut yang berhubungan dengan konten blog. Keuntungan dari coding ini, bisa menghindarkan konten blog Anda dari efek negatif jika link yang Anda dapat dikatakan sebagai spam.

Image Alt Text

Untuk coding yang satu ini, adalah coding paling dasar yang bertujuan menampilkan atau menunjukkan gambar sebagai informasi alternatif.  Coding ini juga berfungsi membantu mesin pencari, untuk bisa memahami arti dari sebuah gambar.

Tag Kanonikal

Coding selanjutnya bernama tag konikal, yaitu sebuah coding HTML yang memiliki fungsi mengutamakan halaman website dibandingkan halaman lain dengan konten yang mirip atau juga yang menggunakan jenis URL identik.

Baca juga: Pemula Wajib Tahu! Ini Cara Belajar Copywriting Untuk Content Marketing

Tag Paragraf

Coding tag paragraph adalah salah satu coding HTML yang isinya paragraf dalam blog. Semua paragraf tersebut diawali dengan bentuk tag, serta ditutup dengan cara yang sama. 

Tag Huruf Tebal

Setelah tag paragraph, ada juga yang bernama tag huruf tebal. Dimana fungsi dan pengertiannya adalah tag HTML untuk huruf tebal yang diperuntukkan menandai teks dengan cara menebalkan font huruf.

Tag Huruf Miring

Hampir sama dengan coding HTML sebelumnya, hanya saja coding tag huruf miring ini adalah tag yang difungsikan untuk memiringkan huruf yang bertuliskan istilah-istilah khusus.

Hanya itu saja beberapa coding HTML yang perlu Anda ketahui, tidak sulit bukan untuk mempelajarinya. Coding tersebut memiliki cara penulisannya, itulah yang perlu Anda pahami sebagai cara untuk mengikuti dan penerapannya. 

Pelan-pelan Anda akan tahu dan mengerti, sehingga Anda bisa melakukan optimasi SEO untuk blog Anda. Pelajari dengan sebaik-baiknya, jangan ada yang ketinggalan satupun. Tentu agar penerapannya tidak keliru.