Mau Sukses Bisnis Event Organizer? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya
Mau Sukses Bisnis Event Organizer? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya

Content writer online bahasa inggris – Pernahkah Anda memiliki kesulitan dalam mengadakan acara? Tidak sempat untuk menata ini itu, atau bahkan tidak mempunyai banyak teman untuk membantu acara penting? 

Jika ya, maka itu adalah salah satu dari ribuan alasan mengapa orang orang membutuhkan jasa event organizer (EO). Alasan itu juga yang membuat banyak orang yang memilih untuk sangat selektif saat menggunakan layanan tersebut. 

Dengan demikian, perlu diingat untuk terlebih dahulu memastikan bahwa layanan yang akan Anda pesan  itu sudah berpengalaman dan juga memiliki portofolio yang baik. Sebelum jauh mengenal layanan serta cara kerja EO , alangkah lebih baiknya kita untuk mengetahui pengertiannya. 

Pengertian Event Organizer

Apa itu EO? Event organizer sendiri adalah penyedia jasa yang dikenal profesional dalam penyelenggara berbagai acara formal maupun acara non formal. 

Event organizer juga lebih dikenal dengan sebutan EO. Pekerjaan mereka yaitu membuat rangkaian acara Anda menjadi akan lebih lancar dan baik. 

Mereka sendiri sebetulnya telah terkenal di berbagai organisasi masyarakat, lingkungan pekerjaan, maupun dalam lingkungan pendidikan. Contoh acara yang menggunakan jasa mereka diantaranya adalah kepanitiaan peringatan HUT RI yang biasa diselenggarakan di lingkungan tempat tinggal kita, kepanitiaan outbound di lingkungan kerja, kepanitiaan ulang tahun sekolah yang biasanya diselenggarakan oleh badan pengurus OSIS dan berbagai kegiatan lain kerap  menggunakan jasa event organizer.

Cara Kerja dan Tips Sukses Bisnis Event Organizer

Mendirikan sebuah bisnis event organizer tidaklah mudah, apalagi bila langsung menghandle acara bear dan melibatkan banyak orang. Namun, jika Anda berminat untuk membuka jasa seperti itu, bisa dimulai dari suatu acara acara yang kecil terlebih dahulu. Dalam membangun bisnis ini, ada beberapa tips yang mungkin akan membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki tim yang baik dan bisa bekerja sama
  • Telah memiliki pengalaman dalam bidang event
  • Selalu memiliki ide yang cemerlang, kreatif serta inovatif
  • Memiliki banyak relasi bisnis

Setelah mengetahui tentang apa itu event organizer dan tips untuk memulainya, Anda juga harus mengetahui tentang tata cara kerja didalam Event Organizer. Di dalam EO sendiri, ada beberapa cara kerja yang harus diperhatikan, misalnya seperti:

Menyusun Konsep Acara

Cara kerja pertama dalam EO yaitu menyusun konsep konsep acara yang akan dilaksanakan nanti. Dan hal hal yang perlu dibahas adalah tema acara, waktu acara, lokasi, pengisi acara, hiburan dan serangkaian lainnya.

Baca juga: Word of Mouth, Strategi Penting Dalam Pemasaran Sebuah Bisnis

Tujuan dari menyusun konsep acara ini adalah agar para pengunjung yang akan datang nanti dapat terkesan kemudian membicarakan acara ini kebanyak orang.

Perumusan Teknis Acara

Jika konsep acara sudah jadi, maka hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah merumuskan teknis acara. Perlu diingat bahwa Anda harus teliti perihal apa saja yang akan dibutuhkan nanti, jika ada satu hal yang terlewat maka akan memiliki dampak terhadap pelaksanaan acaranya. Untuk menghindari list apa yang nanti terlewat, Anda dapat menyusun checklist.

Penyusunan Anggaran

Langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran untuk acara yang akan dilakukan nanti. Anda harus bisa menghitung kira kira berapa biaya yang diperlukan untuk acara. Anggaran ini nanti akan dibagi menjadi beberapa bagian seperti: keperluan administrasi, pengisi acara, SDM tambahan, konsumsi, akomodasi dan transportasi, promosi dan publikasi, sewa lokasi panggung, dan lain lain

Pembagian Tugas

Ketika penyusunan anggaran sudah selesai, maka hal yang dilakukan setelahnya adalah pembagian tugas sesuai divisi masing-masing. Tujuannya agar masing masing divisi dapat bertanggung jawab terhadap tugas mereka. Dan yang paling utama, pastikan semua anggota sudah mendapatkan tugas mereka masing masing dalam acara.

Pendanaan

Tahapan kelima ini ada pendanaan. Ada beberapa sumber pendanaan yang nanti bisa digali, jika acaranya nanti bekerjasama dengan suatu instansi atau perorangan maka Anda hanya perlu menyodorkan saja rincian biaya totalnya.

Untuk pelaksanaan event dengan sumber dana yang berasal dari pihak luar. Anda bisa mencari donatur atau juga bisa bekerjasama dengan sponsorship yang tertarik dengan event yang akan diselenggarakan.

Persiapan acara

Tahap keenam adalah tahapan untuk mempersiapkan acara, jika dirasa acaranya besar maka EO biasanya akan mempersiapkannya jauh jauh hari.

Pelaksanaan Acara

Terakhir adalah tahapan dalam pelaksanaan acara. Pada tahap ini sebenarnya belum berakhir sepenuhnya, karena pihak event organizer akan terjun langsung saat acara.

Selalu lakukan koordinasi dengan penanggung jawab agar terhindar dari hal hal yang tidak sesuai dengan harapan. Jadi, Anda akan dapat mengambil keputusan dengan cepat di masa mendatang.