Mau Punya Website Menarik Ini Cara Memilih Jasa Pembuatan yang Tepat
Mau Punya Website Menarik Ini Cara Memilih Jasa Pembuatan yang Tepat

Content writer online –  Untuk Anda yang mempunyai kegiatan jual beli online, website merupakan salah satu sarana penting dalam personal branding. Tidak hanya sarana jual beli barang biasa, bahkan ada beberapa website yang digunakan untuk memperkenalkan tentang diri sendiri, hobi dan apa yang Anda minati di dunia nyata. 

Seiring berjalannya waktu, website menjadi hal yang selalu Anda buka sehari hari. Namun sebelum itu, apa sih itu pengertian website sesungguhnya?  Website adalah suatu halaman yang sering kali Anda kunjungi ketika sedang berselancar di dunia maya. Entah untuk keperluan mencari sejumlah informasi atau hanya untuk mencari hiburan semata. 

Dengan adanya kemajuan zaman sekarang, kebutuhan untuk memiliki sebuah situs sangatlah tinggi. Tapi beberapa orang diantaranya tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website. 

Tapi tenang saja, karena diluar sana sejumlah orang yang menawarkan jasa untuk membuat suatu website ada ribuan orang. Tapi sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya mencari jasa pembuatan situs yang terpercaya, sedangkan diluar sana ada puluhan bahkan ratusan orang yang menawarkan kepada Anda.

Namun sebelum itu, sebetulnya Anda dapat membuat website dengan mudah. Tapi ada beberapa kendala yang mungkin menjadi penyebab mengapa Anda merasa belum mampu untuk mengerjakan segala sesuatu untuk membuat website sendirian. 

Baca juga: Retargeting vs Remarketing: Ini Persamaan dan Perbedaannya

Apabila Anda tidak mampu dalam menguasai ilmu coding mungkin jasa pembuatan yang terpercaya adalah jawabannya. Apalagi jika Anda terlalu sibuk dengan kegiatan di kantor atau rumah merasa terlalu banyak memakan waktu. 

Jadi, wajar saja jika Anda ingin segala sesuatunya cepat sehingga mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda. Bisa juga, Anda sekedar ingin punya website yang desain desainnya unik. 

Alasan-alasan seperti diatas sebenarnya adalah penyebab umum bagi orang yang memang tidak terlalu mahir untuk membuat sebuah situs untuk itu mereka mencari penyedia jasa yang dapat membantu meringankan pekerjaan.

Cara Memilih Penyedia Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Dalam memilih jasa pembuatan situs yang baik, Anda juga tidak diperbolehkan untuk sembarangan. Berikut beberapa tips untuk memilih pembuatan website yang mungkin bisa membantu Anda untuk memikirkan kembali, yaitu :

  • Mengetahui Apa yang Sebenarnya Anda Butuhkan

Sebelum Anda memutuskan ingin membuat situs dimana, pastikan tentang apa yang ingin Anda buat. Platform seperti apa yang ingin Anda buat. Jika sudah Anda bisa memutuskan untuk memilih jasa pembuatan website seperti yang Anda inginkan. Seperti WordPress Developer atau WordPress Designer. Keduanya baik dan bagus.

  • Budget yang Disesuaikan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga budget yang Anda punyai. Jangan terlalu memaksakan diri ketika ingin membuat suatu website, cukup dengan tampilan sederhana tapi terkesan yang bisa membuat pelanggan betah untuk melihat-lihat produk Anda. Pilihlah sesuai dengan keinginan dan budget, dan jangan sesekali tergiur dengan harga murah, karena bisa saja itu sebuah penipuan. 

  • Melihat Ulasan atau Review Dari Konsumen Lain 

Setelah mengetahui website seperti apa yang Anda inginkan dan memastikan budget yang baik, langkah selanjutnya adalah melihat dengan teliti dan seksama review konsumen lain. Meskipun mereka mengklaim bahwa harga mereka murah dan hasil memuaskan, untuk memastikan itu semua Anda wajib untuk mengetahui review dari konsumen mereka sebelumnya. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penipuan. 

  • Jelaskan Dengan Rinci Apa yang Anda Inginkan

Nah setelah mampu memastikan bahwa ia sudah benar benar baik dan terpercaya, langkah selanjutnya adalah menjelaskan dengan rinci hal hal apa yang diperlukan perihal situs Anda. Jangan hanya meminta agar tampilannya terlihat bagus, Anda juga harus mampu memberikan keterangan yang detail agar pembuatannya berjalan dengan baik. 

Beberapa hal yang harus dibicarakan meliputi maksud dan tujuan pembuatan serta masalah teknis seperti prosedur menerima pembayaran atau menyimpan akun pengunjung. Selain itu, perlu juga dibicarakan tentang contoh fitur yang cocok dengan karakteristik website Anda nantinya, font yang digunakan nanti, pemilihan warna di dalam laman, gambar dan logo yang yang nanti akan Anda posting dalam website. 

Setelah dirasa mampu, Anda dapat meminta mereka untuk mendiskusikan kontrak kerja terlebih dahulu seperti deadline, revisi atau hal hal lainnya.