Mau Pakai Wordpress Backup Plugin? Inilah 6 Rekomendasinya
Mau Pakai Wordpress Backup Plugin? Inilah 6 Rekomendasinya

Jasa Penulis Artikel – Apakah Anda tahu apa fungsi dari plugin wordpress? Bagi yang sedang mengelola sebuah website, pastinya memahami apa itu plugin wordpress serta fungsinya. 

Ya, plugin berfungsi untuk menjaga keamanan website. Selain itu, plugin wordpress juga bisa berfungsi menaikkan traffic

Di sisi lain, jika Anda memang sedang serius mengelola website Anda tidak cukup hanya plugin wordpress tapi juga backup plugin demi kesuksesan website Anda. Kalau memang Anda ingin menggunakan backup plugin tersebut, pilihlah 6 jenis backup plugin berikut ini:

BlogVault

BlogVault ini termasuk jenis plugin yang cukup populer, dengan kelebihan bisa melakukan semua proses backup pada blogvault server. Blogvault juga sangat dipercaya untuk pemecahan software as a service (saas). 

BackupBuddy 

Tidak kalh dengan blogvault, backupbuddy juga termasuk plugin yang lumayan tenar. Mengapa demikian? Karena jenis plugin sudah lama dikenal dan banyak yang juga sudah mengetahuinya. 

BackupBuddy juga mengkhususkan pemakainya adalah pengguna website dan blog. BackupBuddy memang sukses menyimpan data dari website dengan aman dan baik, sehingga penggunanya sudah mencapai di atas 1,5 juta. 

Kelebihan lain dari plugin ini adalah bisa melakukan backup data secara menyeluruh, bahkan mendapat bonus bisa melakukan backup secara berkala dengan salah satu fitur premiumnya.

Baca juga: Mengapa Tiap Website Perlu Strategi SEO? Inilah Jawabannya

BoldGrid Backup

Jenis plugin berikutnya adalah boldgrid backup, yaitu plugin yang memiliki kelebihan dengan langkah-langkahnya sederhananya. Penggunaan plugin jenis ini, bisa dilakukan saat backup dan juga restore data ketika sedang terjadi crash.

Dengan masing-masing kelebihannya, tiap plugin berbeda keistimewaan fiturnya. Seperti fitur yang terdapat pada boldgrid backup ini, memiliki fitur yang bisa memproteksi kegagalan. Dengan begitu, data tidak akan hilang. 

Jetpack Backup

Selanjutnya adalah jetpack backup, dimana plugin ini bisa digunakan secara cuma-cuma atau gratis. Walaupun gratis, bukan berarti tidak aman. Justru sebaliknya, sangat protektif pada keamanan serta backup website Anda. 

Sehingga, tetap merasa aman dan juga hemat. Plugin ini dulunya dikenal dengan nama vaultpress, yang dikembangkan oleh wordpress sendiri hingga berdiri sendiri. Bahkan, jetpack backup memberikan pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.  

Acronis Cloud Backup

Plugin ini adalah software backup paling ternama, dengan pelayanan keamanan data terbaik tentunya. Selain itu, juga sangat mudah untuk merecovery data kembali. 

Acronis Backup memiliki keunggulan fitur, yaitu melakukan backup harian secara otomatis. Sehingga, data Anda semakin terjamin keamanannya. Acronis juga melayani semua kalangan bisnis, dari bisnis kecil hingga pengusaha besar.

UpdraftPlus

UpdraftPlus juga merupakan salah satu plugin yang bisa Anda gunakan dalam menyimpan data. Bahkan diberikan pula kemudahan proses backup yang tepat. 

Dengan detailnya, Anda bisa memilih bagian mana dari file yang harus Anda backup. Pada plugin ini juga terdapat fitur berbayar, dimana Anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti migrasi atau clone website, pencarian serta 

Dengan adanya beberapa jenis plugin backup ini, tentunya Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data Anda tersimpan. Bagi Anda yang ingin websitenya bisa berkembang baik, maka lakukanlah selalu backup secara berkala dengan pilihan plugin ini. 

Oleh karena itu, pengelolaan website tidak mudah terutama jika sudah membicarakan masalah penyimpanan data. Adanya plugin-plugin backup ini akan mempermudah dan meringankan pekerjaan Anda yang melelahkan.

Jadi, situs Anda pun lebih terjaga secara optimal. Pastikan untuk rutin mengelola situs dari sekarang, jika ingin website Anda tahan lama.