Kuasai 10 Skill Digital Marketing Dibutuhkan Saat Ini
Kuasai 10 Skill Digital Marketing Dibutuhkan Saat Ini

Jasa penulis artikel jogja – Marketer online adalah salah satu pekerjaan penting perusahaan, jadi memiliki skill digital marketing sangat penting. Tujuannya adalah untuk pemahaman yang komprehensif tentang bidang ini. 

Seorang marketer online tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan penjualan. Namun, dia juga memiliki beberapa keterampilan yang diperlukan. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan bidang ini, namun belum mengetahui skill digital marketing apa yang dibutuhkan, silahkan coba baca artikel ini.

Analisis Data

Analisis data adalah salah satu skill digital marketing yang dibutuhkan saat ini. Alasannya karena analisis data merupakan bagian penting dari tugas pemasar online. 

Proses analisis data dilakukan dengan bantuan departemen lain (seperti data atau tim penjualan). Data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan excel atau metode lainnya menjadi analisis deskriptif atau data visual.

Menggunakan dan Memanfaatkan Mesin Pencari

Menurut Search Engine Journal, dengan memanfaatkan teknologi di mesin pencari, produk atau layanan yang dijual oleh online marketer akan lebih efektif. Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu proses yang paling umum digunakan di mesin pencari saat ini. SEM menggunakan mesin pencari melalui strategi tertentu.

Strategi Konten

Dalam pemasaran online, konten bisa berdasarkan teks, gambar, video atau bahkan audio. Agar konten berhasil diterapkan, pemasar online setidaknya harus memahami contoh-contoh ini. 

Namun, hanya sedikit pemasar online yang memahami konten tersebut. Faktanya, teknik pemasaran online ini tidak hanya akan berpengaruh pada aspek finansial, tetapi juga citra perusahaan di masyarakat.

Promosi dan Pemasaran

Tanpa promosi dan pemasaran yang baik, akan sulit bagi suatu produk atau jasa untuk memenangkan persaingan pasarnya. Metode yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan perangkat lunak tambahan untuk mengelola promosi dan pemasaran. Salah satunya adalah MailChimp yang menyediakan layanan otomasi pemasaran dalam satu paket.

Google Analytics

Dalam setiap proyek yang sedang berjalan, pemasar online membutuhkan platform khusus untuk memeriksa dan menganalisis. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan proyek. 

Google Analytics adalah salah satu platform yang menyediakan layanan ini. Di platform tersebut, pemasar online tak hanya bisa mengukur keberhasilan proyek. 

Namun juga dapat mencari kebiasaan pengguna berdasarkan keadaan tertentu. Oleh karena itu, memahami Google Analytics adalah keterampilan pemasaran online yang akan mendukung keandalan pemasar online di tempat kerja.

Skill Interpersonal (Hubungan Antar Manusia)

Membangun hubungan adalah bagian penting dari pemasaran online. Untuk ini, diperlukan kepribadian tertentu. Beberapa contohnya yaitu bersedia menerima kritik dan memberikan saran. 

Baca juga: Kenali Job Desk dan Keterampilan Wajib Para Content Manager

Dengan membangun hubungan yang baik dengan siapapun, online marketer tidak hanya akan terlihat sebagai orang yang berpengaruh. Tetapi juga sebagai orang lain.

Kemampuan Untuk Tetap Gigih dan Pantang Menyerah

Untuk menjadi pemasar online yang baik, tetap tenang saat Anda menghadapi masalah. Dengan cara ini, mungkin lebih mudah untuk menemukan solusi.

Keinginan Untuk Mendengarkan dan Belajar

Tuntutan seperti ini sangat penting, karena zaman yang selalu berubah berkembang pesat, siapa yang tidak mau mendengarkan dan belajar agar tidak ketinggalan. 

Keterampilan mendengarkan dan belajar dapat diasah melalui diskusi. Dalam setiap pembahasan, usahakan untuk selalu mendengarkan seseorang.

Skill Intrapersonal Dalam Bentuk Empati 

Menumbuhkan welas asih adalah skill digital marketing yang dibutuhkan sebab tak hanya bermanfaat untuk mensukseskan perusahaan. Melainkan juga untuk pelanggan dan pembeli.

Selain itu juga untuk citra sosial. Hal ini dikarenakan dengan tingkat empati yang tinggi maka kepercayaan antara konsumen atau pembeli juga akan meningkat.

Intuisi yang Tajam

Tidak seperti keterampilan perangkat lunak pemasaran online lainnya, intuisi dapat ditingkatkan dan disesuaikan melalui pengalaman. Ketika mereka belajar lebih banyak tentang pasar sasaran dan industri, mereka secara alami akan memiliki lebih banyak wawasan.

Inilah beberapa skill digital marketing yang harus Anda ketahui. Dengan memahami beberapa keterampilan tersebut dapat memudahkan karir pemasaran online Anda.