Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Kenali Job Desk dan Keterampilan Wajib Para Content Manager

Jasa penulis artikel seo murah – Content manager adalah salah satu profesi yang berkembang pesat akhir-akhir ini, tetapi tahukah Anda apa tanggung jawab mereka? Atau keterampilan pendukung yang mana? 

Sejauh posisinya, industri memiliki peran strategis dan bertanggung jawab atas seluruh konten perusahaan. Apakah Anda lebih penasaran dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang profesi ini? Silakan simak pembahasannya berikut ini.

Definisi Content Manager

Menurut The Balance Careers, pekerjaan ini dapat melibatkan banyak tanggung jawab pada saat yang bersamaan. Gambaran umum karyanya adalah mengelola konten di website atau blog dan memantau kualitasnya. 

Tugasnya adalah memimpin, membuat keputusan, dan memastikan bahwa semua konten yang dipublikasikan memenuhi standar yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, manajer konten adalah posisi paling penting yang bertanggung jawab untuk memastikan pemasaran konten.

Tugas Content Manager

Seorang manajer konten bertanggungjawab secara langsung terkait dengan aktivitas pengeditan dan implementasi teknis. Cakupan tugasnya juga sangat luas dan akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Namun, secara umum, ini adalah tanggung jawab umum pengelola konten. Pertama, mengembangkan strategi konten. Otoritas utama industri adalah mengembangkan strategi konten untuk perusahaan.

Kedua, merencanakan dan mengkoordinasikan konten Dalam melakukan pekerjaan ini, pengelola konten akan bekerja sama dengan ahli konten, penulis, desainer grafis, dan pengelola media sosial. Ketiga, membuat konten. Di beberapa perusahaan, manajer konten juga terlibat langsung dalam pembuatan konten.

Keempat, memperbarui konten CMS. Satu hal yang perlu diketahui oleh pengelola konten adalah menguasai sistem manajemen konten atau CMS. Dengan CMS, lebih mudah untuk memantau konten untuk menyesuaikan SEO.

Kelima, memantau konten. Konten yang dirilis ke publik harus selalu memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Keenam, mengoptimalkan konten. Profesi ini juga berperan dalam mengoptimalkan konten. Contohnya, jika terdapat konten dengan SEO yang kurang optimal maupun gambar yang kurang tepat, maka harus diperbaiki.

Baca juga: Simple! Ketahui Pengertian Optimasi SEO Off Site dan Cara Penerapannya

Persyaratan Keterampilan Content Manager

Text Broker juga mengemukakan bahwa pengelola konten adalah profesi yang membutuhkan kreativitas tinggi. Selain itu, ada keterampilan lain yang dapat mempermudah pekerjaan.

Pertama, menulis dan mengedit. Keterampilan utama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis dan mengedit teks. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menulis atau mengedit, Anda pasti tidak akan tahu konten mana yang berkualitas tinggi.

Kedua, menguasai media sosial. Tentunya sebagian besar konten yang dibuat akan dipublikasikan melalui media sosial. Karakteristik konten yang diposting melalui platform media sosial berbeda-beda. Jika Anda tidak memahami media sosial, Anda dapat yakin bahwa pengelola konten akan kesulitan membuat konten untuk setiap platform.

Ketiga, pengetahuan tentang komputer atau IT. Balance Careers mengemukakan bahwa keterampilan komputer atau IT juga sangat diperlukan bagi orang yang ingin menyelesaikan pekerjaannya.

Keempat, keterampilan menganalisis. Dalam karir ini, Anda pasti akan mendapatkan banyak informasi, mulai dari kunjungan situs web hingga informasi partisipasi pengunjung. 

Semua informasi ini harus dianalisis untuk menentukan strategi konten yang benar. Ada beberapa hal yang harus dikuasai, seperti analisis Google, analisis media sosial, dan analisis bisnis. Tentunya jika tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis data, akan sulit untuk menentukan strategi konten yang akan dibuat.

Terakhir yaitu perencanaan dan manajemen waktu. Unleashed Technologies menyebutkan bahwa manajer konten harus memiliki pemahaman yang baik tentang perencanaan dan keterampilan manajemen waktu. 

Salah satu tugas utama industri ini adalah mengembangkan strategi konten yang efektif. Selain itu, keterampilan manajemen waktu juga diperlukan karena tugasnya beragam dan sering kali memiliki tenggat waktu yang ketat.

Setelah membaca pembahasan seputar content manager, apakah Anda tertarik untuk mencoba profesi ini?