Webmaster Wajib Tahu, Ini Perbedaan Addon Domain dan Subdomain
Webmaster Wajib Tahu, Ini Perbedaan Addon Domain dan Subdomain

Jasa artikel bahasa indonesia – Salah satu hal penting dalam membuat domain salah satunya adalah memilih nama untuk domain. Dalam memilih nama domain yang baik perlu diingat bahwa itu juga merupakan tahapan paling penting untuk membangun website. Karena nama domain nanti akan menjadi identitas unik untuk website yang Anda buat nanti.

Agar bisa membuat website yang baik, dan banyak diminati oleh pelanggan, kita sudahlah tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor penting. Dari mulai segi pembacaan nama domain, ketersediaan domain di pasaran sampai panjang karakter.

Hindari 4 Hal Ini Saat Membuat Nama Domain

Ternyata membuat nama domain tidak diperbolehkan sembarangan lho! Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika sedang ingin membuat suatu nama domain. Memilih domain yang baik dan bernilai seni ternyata bisa juga dijadikan sebagai patokan. Berikut hal hal yang harus dihindari:

Penggunaan Tanda Hubung

Tanda hubung adalah salah satu karakter yang sebenarnya bisa Anda gunakan dalam mendaftarkan nama domain. Namun di lapangan, baik untuk blogger atau web developer hal ini justru mereka hindari. 

Mengapa demikian? Karena mereka menganggap hal tersebut terlalu menyulitkan ketika di ucapkan.

Alasan yang lain dari mereka yang tidak mau menggunakan tanda hubung ini adalah ditakutkan akan terjadi salah sasaran akibat pengunjung website yang lupa menambahkan tanda hubung saat mereka ingin mengakses URL melalui browser, hal ini dapat membuat mereka justru malah beralih ke website lain.

Baca juga: Pernah Dengar Lorem Ipsum? Inilah Teks Standar Berumur Ribuan Tahun

Sebenarnya secara strategik, tanda hubung dapat memberikan variasi lebih banyak untuk menggunakan kalimat. Namun ternyata hal ini menjadi hal yang tidak dapat diaplikasikan secara optimal dan ditakutkan justru malah menimbulkan banyak masalah.

Menghindari Istilah-istilah Asing

Beberapa website ataupun blog seringkali dijadikan pebisnis untuk mempopulerkan suatu brand khusus. Jadi tidak mengherankan bahwa nama domain sering didaftarkan mengandung identitas perusahaan.

Namun sayangnya, hal seperti ini dinilai jalan yang instan dan akhirnya membuat pengguna cenderung sulit untuk mengingat hal hal unik yang mereka temukan di internet.

Alih alih terlihat keren dan kekinian, pemilihan nama domain dengan istilah istilah asing seperti itu justru akan membuat resiko yang tinggi bagi perusahaan.

Jangan Menggunakan Merek Dagang

Ternyata sistem pendaftaran nama domain yang menganut konsep harus serba cepat harus Anda sikapi dengan bijaksana. Hal hal seperti menggunakan merek dagang sebagai nama domain harus Anda hindari. 

Hal ini dilakukan untuk berjaga jaga apabila suatu hari nanti perusahaan melakukan klaim atas nama domain yang sudah Anda buat dengan baik. Kasus-kasus seperti menggunakan merek dagang sebagai nama domain sebenarnya sudah cukup banyak di Indonesia sendiri. 

Justru hal itu yang akhirnya menjadi malapetaka karena pada akhirnya malah bermasalah. Contoh salah satunya adalah pada kasus BMW.ID. website itu milih seorang pria Banten yang bernama Benny Muliawan. 

Pada tahun 2015 bapak Benny digugat oleh suatu perusahaan otomotif BMW Group yang merasa sangat keberatan karena bapak Benny menggunakan nama itu sebagai nama domainnya. Hingga akhir 2019, permasalahan itu tidak kunjung selesai. Dari contoh kasus diatas, bukankah hal itu sangat menakutkan?

Menyisipkan Beberapa Angka

Ketika membuat nama domain, menyisipkan beberapa angka harus Anda pertimbangkan sekali lagi. Karena selain kita harus mempertimbangkan kemudahan dalam pembacaan nama domain, nama domain yang memiliki unsur karakter angka kerap menjadi alasan bagi para pengunjung untuk sulit mengingat atau menimbulkan masalah seperti pengunjung yang salah mengartikannya.

Nah selain memiliki domain, ternyata membuat nama domain juga tidak boleh sembarangan. Karena itu akan menjadi identitas perusahaan Anda.