Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Hati-hati Tiga Mitos Keliru Tentang Menulis Ini Bisa Jadi Writer’s Block

Jasa penulis artikel terpercaya – Keahlian menulis sebetulnya bisa dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, setiap orang mempunyai kisah hidup yang berbeda, pengalaman yang tidak sama, memaknainya pun pasti dengan cara dan sudut pandang yang beda. 

Untuk setiap peristiwa yang terjadi di kehidupan, pasti tiap orang mendefinisikannya dengan cara yang beda, tergantung pada kemampuan dirinya dalam mengungkapkan hal tersebut. Tidak sedikit orang yang berkata bahwa menulis itu sulit atau semacamnya. 

Hal tersebut sebetulnya adalah mitos yang sering dianggap sebagai fakta. Hal inilah yang menjadikan orang-orang yang memiliki kejadian atau peristiwa menarik di hidupnya, tapi tidak cukup berani menceritakannya lewat tulisan. 

Kenyataannya, menulis itu bisa dilakukan siapapun, bahkan jika Anda tidak menyukai bidang tersebut. Mitos-mitos yang tersebar di luar sana memang sudah mempengaruhi cara pandang sekitar tentang menulis. 

Berikut ini ada 3 mitos yang sering kali dianggap sebagai penghambat saat Anda ingin mencoba menulis:

Keahlian Menulis Sering Dianggap Sebagai Bakat

Pada kenyataannya, tiap-tiap orang bisa menuliskan ceritanya masing-masing dengan gaya cerita yang unik tentunya. Anggapan bahwa menulis adalah bakat sangat salah. 

Menulis itu bisa dilakukan jika Anda memang memiliki kemauan untuk melakukannya. Yang perlu dilakukan setelahnya adalah terus berlatih menulis dan menulis. 

Baca juga: Apa yang Dipikirkan Konsumen Dalam Sebuah Keyword di Search Intent?

Pasalnya, pepatah “bisa karena terbiasa” itu benar adanya. Penulis terkenal pun pasti melewati masa belajar dulu sebelum akhirnya tulisan mereka disukai oleh banyak kalangan. 

Dengan seiring berjalannya waktu, Anda pasti bisa menuliskan kisah atau apa pun yang ada di pikiran Anda dengan bagus. Untuk menjadi penulis yang andal, Anda hanya perlu terus berlatih menulis. Ambil topik dari sekitar atau yang Anda rasakan sendiri sebagai pembahasannya.

Menulis Harus Dengan “Mood” yang Sesuai

Sebagian orang mengira bahwa menulis itu harus dengan “mood” yang sesuai. Padahal, hal itu sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika Anda memiliki topik dan sesuatu yang perlu dibahas, maka tulisan bisa rampung kapan saja. 

Tentunya juga siapkan alat untuk menuliskan apa yang Anda pikirkan itu. Tidak harus menunggu datangnya “mood“. Justru hal tersebut hanya akan menunda-nunda pekerjaan menulis Anda. 

Memang, dengan “mood” yang bagus dan sesuai diyakini bisa membuat tulisan menjadi lebih berkualitas. Namun, sebenarnya merasakan “mood” tersebut bukan suatu keharusan yang mesti dilakukan saat akan menulis sesuatu. Syarat utama dalam menulis bukanlah “mood” itu, tapi kemauan Anda untuk memulai.

Menulis Harus Menggunakan Bahasa Yang Rumit 

Jika ada yang menganggap hal tersebut adalah sebuah keharusan, maka sebenarnya itu hanya dilandasi oleh ego dan gengsi semata. Menulis tidak harus menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti. 

Menulis sendiri hakikatnya adalah menyampaikan gagasan atau cerita agar pembaca tahu, mengerti dan paham mengenai apa yang disampaikan tersebut. Jika bahasa yang Anda gunakan rumit, bagaimana mungkin pembaca bisa mendapat intinya? Sebaliknya, tugas penulis adalah menyederhanakan yang rumit sehingga isi tulisan bisa tersampaikan dengan baik.

Itulah tiga mitos keliru yang sering diakui oleh banyak orang. Padahal ketiga hal tersebut bukan suatu kebenaran. Untuk bisa menjadi penulis yang hebat, langkah awal sangatlah penting. 

Mulailah sesuatu dengan tegas kemudian jalani dengan konsisten. Jika Anda saja tidak berani memulai, bagaimana bisa mengambil langkah yang lebih berani? Jadi, bagi Anda yang masih ragu menuliskan cerita hidup Anda, sebaiknya buang pikiran terkait mitos di atas jauh-jauh.