Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Cara Tambahkan Meta Title, Keyword, dan Description di Wordpress

Jasa penulis artikel satuan – Penambahan meta title, keyword dan description di blog WordPress bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal peningkatan performa SEO. Bahkan hal tersebut bisa dibilang sebagai hal wajib yang perlu ada di suatu artikel yang akan dipublish di WordPress.

Ternyata, kualitas isi artikel yang bagus saja tidak cukup untuk mengoptimalkan traffic kunjungan. Agar website Anda banyak dikunjungi, Anda harus menempati urutan teratas di mesin pencarian Google. 

Pasalnya, website yang berada di urutan teratas biasanya akan langsung terlihat dan di-klik oleh pengunjung. Nah, supaya website Anda berada di urutan teratas Google. Anda perlu menambahkan meta title, keyword, dan description dalam artikel Anda. Dengan begitu artikel Anda sudah bisa dikatakan sebagai artikel yang SEO friendly.

Fungsi Meta Title

Meta title disini maksudnya adalah penjelasan singkat tentang suatu topik yang Anda bahas dalam artikel. Meta title ini berguna untuk ‘memberitahu’ sistem mengenai apa saja yang akan Anda sampaikan. Sedangkan meta description mempunyai dua fungsi yang bermanfaat. 

Fungsi pertama adalah agar search engine dapat mudah mengetahui ringkasan konten yang Anda buat. Kedua berguna untuk supaya pengunjung mesin pencari tertarik untuk singgah dan membaca konten di website Anda. 

Pakai Yoast Seo Untuk Meta Title, Keyword, dan Description di WordPress

Saat ini, banyak jenis plugin yang bisa memudahkan Anda dalam menambahkan meta title termasuk keyword dalam blog WordPress. Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah Yoast SEO. Bagi Anda yang belum paham cara menggunakannya, ikuti tutorialnya di bawah ini.

Aktifkan Advanced Settings di Yoast SEO

Pertama, Anda perlu mengaktifkan Advanced Settings. Pilih menu SEO > Dashboard. Pada menu Advanced Settings, pilih tab Features lalu geser tombolnya menjadi Enable. Setelahnya, menu baru akan terlihat di bagian menu SEO.

Baca juga: Kenali Fungsi dan Cara Kerja DHCP Server

Pasang Keyword

Untuk dapat memasang keyword dalam konten, Anda perlu mengeditnya terlebih dahulu. Pilih menu Posts kemudian klik All Posts. Setelah memilih menu tersebut, gulirkan halaman ke yang paling bawah di bagian halaman editor postingan. Kemudian, silakan isi bagian Yoast SEO, tepatnya pada kolom Focus keyword dengan keyword yang telah Anda siapkan.

Tambahkan Meta Title

Dalam menu Yoast SEO, klik bagian Edit Snippet. Setelah itu, di bagian SEO title, Anda akan disuruh mengisi kolom yang harus diisi dengan meta title konten yang Anda buat. 

Isilah dengan judul yang sesuai dengan konten yang dibahas. Judul tersebut nantinya akan diperlihatkan di mesin pencarian Google. Jika Anda tidak mengisinya, Google akan otomatis mengisinya dengan judul pada postingan Anda. Perlu digaris bawahi kalau meta title ini harus mengandung keyword.

Tambahkan Meta Deskripsi

Penambahan meta deskripsi Anda boleh sama dengan yang ada di menu Yoast SEO. Tepatnya, di bagian bawah kolom SEO title ada kolom slug dan meta deskripsi. 

Setelah itu, isilah meta deskripsi yang relevan dengan isi konten Anda hingga warna bar menjadi hijau. Pastikan juga Anda menaruh keyword utama di bagian ini.

Sebenarnya ada banyak cara supaya ranking SEO website Anda meningkat. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan meta title, meta description dan meta keyword pada konten Anda yang akan diunggah di blog. 

Penjelasan di atas tentu bisa membantu Anda jika belum benar-benar memahami cara menambahkan elemen-elemen tersebut. Dengan menambahkan dan memaksimalkan penerapan tersebut, bukan tidak mungkin jika website Anda akan berhasil menempati urutan teratas mesin pencarian Google.