Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Berikan Pengaruh Besar, Ini Hubungan Market Segmentation dan Bisnis

Jasa penulis artikel – Bisnis yang sukses didukung oleh beberapa faktor yang kuat. Salah satunya adalah faktor segmentasi pasar atau market segmentation. Strategi bisnis satu ini sering dilakukan bahkan merupakan hal yang tidak bisa lepas dari dunia bisnis. 

Segmentasi pasar sendiri ialah mengelompokkan customer atau produk yang akan ditawarkan. Dengan melakukan strategi ini, produk yang Anda tawarkan bisa lebih dikenal oleh banyak orang. Segmentasi pasar dikelompokkan menjadi 3 tipe yaitu berdasarkan lokasi, waktu, dan harga. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Berdasarkan Lokasi

Tolok ukur yang sering dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya adalah segmentasi berdasarkan lokasi. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone menilai negara Indonesia merupakan negara yang potensial untuknya dalam rangka mengembangkan usaha. 

Hal ini bisa saja dikarenakan negara Indonesia yang memiliki banyak pengguna smartphone dari tahun ke tahun. Bahkan cenderung sering berganti smartphone. Atau misal perusahaan bidang hosting yang memilih Indonesia sebagai target pasar yang potensial mengingat pengguna internet di Indonesia lumayan banyak. 

Kedua perusahaan tersebut tentu harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih target pasar. Nah, dengan ini, cara segmentasi pasar akan sangat membantu jalannya bisnis Anda.

Baca juga: Small Business Owner Wajib Tahu Tips Target Market yang Efektif

Berdasarkan Waktu

Tipe segmentasi ini cukup penting tetapi jarang dilakukan oleh para pelaku bisnis. Pemasaran produk jika menggunakan tipe segmentasi ini akan menitikberatkan pada suatu waktu tertentu. 

Pasalnya, penjualan produk bisa saja sangat meningkat drastis pada waktu tertentu dan menurun pada waktu tertentu juga. Misalnya terjadi pada perusahaan garmen yang akan memiliki banyak pesanan pada saat hari raya Lebaran atau pada saat tahun ajaran baru. 

Pada saat-saat tertentu itu, penjualannya akan sangat meningkatkan. Sebaliknya pada waktu biasa, penjualannya bisa saja stuck atau bahkan menurun. Dengan melakukan segmentasi pasar tipe ini, Anda bisa mengurangi atau menambah produksi pada waktu-waktu tertentu. 

Berdasarkan Harga

Segmentasi pasar tipe ini juga penting dilakukan. Pasalnya, dengan melakukan segmentasi pasar tipe harga ini, Anda bisa mengetahui konsumen yang potensial membeli produk Anda. 

Misalnya, beberapa konsumen membeli produk dengan daya jual rendah. Sebaliknya ada juga konsumen yang membeli produk dengan daya jual tinggi.

Dari hal tersebut, Anda bisa menentukan produk yang Anda jual ini masuk ke kategori daya jual rendah atau tinggi. Tentunya, dengan cara ini Anda akan lebih tahu konsumen yang seperti apa yang potensial membeli produk Anda.

Alasan Market Segmentation Sangat Penting Bagi Bisnis

Tentunya, Anda sudah bisa menebak kalau market segmentation memiliki banyak manfaat bagi sebuah bisnis yang berjalan. Ada 3 alasan utama yang menjadikan segmentasi pasar ini penting dilakukan bagi pebisnis.

Meningkatkan Keuntungan

Dengan melakukan segmentasi pasar, tentu keuntungan yang akan Anda peroleh pun akan dua kali lipat lebih banyak. Dengan mengetahui target pasar yang tepat, tentu Anda mengembangkan bisnis Anda di lokasi dan waktu yang tepat. Konsumennya pun berpeluang besar akan membeli produk Anda.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Dengan melakukan segmentasi pasar yang tepat, Anda bisa menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas. Dengan ini, segmentasi pasar berperan dalam hal peningkatan kualitas produk dan pelayanan konsumen. 

Pelayanan yang baik berpotensi dalam mengenalkan produk Anda jauh lebih luas. Apalagi di zaman teknologi ini, pengenalan produk akan jauh lebih mudah karena banyak orang yang menggunakan media sosial dan internet. 

Menambah Daya Saing Dengan Kompetitor

Dengan menerapkan segmentasi pasar, Anda bisa mengetahui daya saing produk kompetitor bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki kualitas produk Anda agar lebih baik dari kualitas produk pesaing Anda. Atau dapat memperbaiki hal lain yang mampu menyaingi kompetitor Anda dalam hal bisnis.

Demikian market segmentation bisa sangat mempengaruhi jalannya bisnis Anda. Oleh karena itu, lakukanlah strategi segmentasi pasar dengan baik. Kalahkan kompetitor dengan strategi ini jika memungkinkan!