Berapa Jumlah Kata Ideal yang Digunakan Pada Artikel Online?
Berapa Jumlah Kata Ideal yang Digunakan Pada Artikel Online?

Jasa penulis artikel seo murah – Kebanyakan penulis mempertanyakan berapa jumlah kata ideal untuk digunakan dalam artikel online. Hal tersebut selalu menjadi perdebatan di bidang literasi online. 

Dalam artikel yang dimuat di media tradisional atau cetak, masalah ini tidak terlalu penting. Namun, masalah ini menjadi sangat penting di bidang literasi online dan pemasaran digital. 

Hal-hal yang Berkaitan Dengan Panjang Artikel Ideal

Pada dunia digital, terdapat banyak faktor yang saling terkait antara panjang artikel dan banyaknya pengunjung web, minat pembaca terhadap produk yang disediakan, dan pengaruhnya terhadap optimasi mesin pencari (SEO). Simak pembahasan tentang hubungan panjang artikel yang mampu menarik banyak pengunjung berikut.

Argumen Tentang Panjang Artikel

Perdebatan tentang jumlah kata ideal didasarkan pada argumen yang berbeda di kedua sisi. Mereka yang menyukai cerita pendek percaya bahwa pengguna internet tidak akan pernah benar-benar membaca apapun. 

Karena waktu mereka sangat berharga sehingga mereka membuang-buang waktu untuk membaca terlalu banyak artikel. Pengguna jaringan jenis ini lebih menyukai gambar atau grafik. Walaupun hanya artikel yang ditulis dalam artikel tersebut, biasanya mereka langsung fokus pada teks yang dicetak tebal. 

Baca juga: Ayo Tingkatkan Website Conversion Rate Dengan Cara Ini

Subtitle juga dapat dengan cepat meringkas poin-poin utama artikel. Sebagian besar unsur juga dapat secara otomatis mengoptimalkan mesin pencari (SEO). 

SEO merupakan bagian penting dari situs web pesaing di dunia digital. Halaman-halaman situs web harus berisi banyaknya unsur yang cukup agar mesin pencari dapat mengindeksnya.

Fakta Sebenarnya

Di Internet, orang ingin bermigrasi dengan cepat dari situs web A ke situs web B. Oleh karena itu, mereka tidak akan membaca artikel tersebut secara verbatim. Menurut penelitian Nielsen, 79% pembaca internet membaca artikel tersebut 

terlebih dahulu dan kemudian membacanya dengan cermat. Mereka memindai artikel secara vertikal, menemukan kalimat yang menarik, dan membacanya secara horizontal. 

Pola pembaca ini disebut pattern berbentuk F karena bentuknya seperti huruf F. unsur yang terlalu sedikit dapat menyebabkan masalah lain, terutama saat mencari halaman web di mesin pencari.

Jumlah Kata Ideal Pada Artikel

Karena masing-masing memiliki kelebihan, tentunya harus ada jalan tengah yang sesuai. Menurut penelitian Medium, sebuah media layanan blog, halaman web yang membutuhkan waktu tujuh menit untuk dibaca adalah yang paling populer dan menarik. 

Penelitian tersebut menemukan bahwa artikel dengan waktu baca yang terlalu singkat memiliki rata-rata 1.000 tampilan halaman. Artikel dengan waktu baca dalam rentang 7 menit memiliki 10.000 hingga 100.000 tampilan. Dengan asumsi kecepatan membaca pengguna internet 150-250 kata per menit (WPM), maka jumlah kata ideal untuk artikel online adalah 400-1700 kata.

Pembaca yang Merasa Senang Lebih Penting Daripada Angka

Banyaknya kata dalam sebuah artikel bukanlah faktor terpenting dalam menentukan peringkat pencarian yang baik untuk sebuah artikel. Lebih penting menjaga pengunjung web membaca dari awal sampai akhir daripada hanya menghitung kata-kata dalam artikel. Faktor peringkat Google atau mesin pencari lainnya bukan lagi hanya sebatas jumlah kunjungan (per klik).

Tingkat respon pembaca terhadap artikel tersebut atau waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel tersebut juga dapat menentukan peringkat pencarian. Selain itu, semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di halaman Anda, semakin kuat “hubungan” antara Anda dan pembaca sebuah website. 

Pengunjung akan “menyukai” halaman-halaman situs web dan teks yang Anda tulis lebih banyak. Untuk itu, sangat penting memperhatikan jumlah kata ideal yang Anda gunakan pada konten situs yang Anda kelola.