Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Baru Belajar Mengelola Website? Yuk Kenali Istilah Dalam Domain

Content writer online bahasa indonesia – Sebelum Anda masuk lebih jauh dalam istilah istilah penting didalamnya, alangkah lebih baiknya untuk mengenal dulu apa itu Domain. Domain sendiri adalah alamat yang diberikan dari sebuah website dan setiap situs punya nama domain yang berbeda beda. 

Di dalam dunia internet, domain sendiri merupakan hal penting yang harus ada dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat untuk mempermudah para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Pembagian Domain Menjadi Dua

Domain sendiri dibagi menjadi dua, yaitu TLD (Top Level Domain) atau non TLD. TLD mempunyai pengguna yang lebih banyak dan familiar daripada non TLD. Sedangkan non TLD sendiri biasanya harganya lebih terjangkau. Anda bebas memilih ekstensi domain yang mana, hanya tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

Saat ingin membeli domain, Anda perlu melakukan pengecekan status terlebih dahulu secara langsung. Status domain berfungsi untuk mengetahui apakah domain sudah aktif, expired, masih pending atau lainnya.

Istilah-istilah Dalam Domain

Domain sendiri mempunyai istilah istilah yang beraneka ragam, nah disini akan dibahas mengenai macam macam status domain, sebagai berikut:

Release/Available/Active

untuk status domain pertama ini berarti domain sudah aktif dan belum ada pengguna lain yang menggunakannya atau belum didaftarkan. Anda dapat membelinya dengan bebas pada registrar manapun.

Baca juga: Pentingnya Mengenali Perbedaan Level Dari Domain Bagi Pemilik Web

Pending

Ketika Anda sudah melakukan pemesanan nama domain yang diinginkan dan belum menyelesaikan pembayaran, maka status domain akan masuk ke pending. 

Untuk itu Anda perlu langsung menyelesaikan pembayaran serta melengkapi berkas berkas yang diperlukan. Jika dirasa ada kendala ketika ingin menyelesaikan pembayaran, Anda dapat meminta tolong pada bagian customer service.

Pending Transfer

Pending transfer terjadi saat telah memindahkan perusahaan domain lama ke domain yang baru. Proses transfer domain ini memakan waktu yang berbeda beda. Pastikan ketika transfer domain tidak berbarengan dengan transfer hosting, hal tersebut akan menyebabkan website down.

 Agar proses transfer domain lancar serta pending transfer tidak lama dengan memperhatikan beberapa syarat berikut ini:

  • Pemilik domain mempunyai kode EPP di penyedia domain lama.
  • Domain mempunyai umur 60 hari lebih dari semenjak pembelian
  • Disable WHOIS Protection atau privacy protection di penyedia domain lama
  • Memastikan domain sudah terkunci

Active

Status active adalah saat domain Anda sudah bisa diakses, namun tampilan websitenya masih kosong karena belum terinstall WordPress atau website.

Registered

Status ini adalah status domain yang berarti sudah dimiliki oleh orang lain. Nah, jika sudah seperti ini Anda tidak dapat membelinya di registrar.

Expired

Masa aktif domain biasanya hanya 1 tahun, namun tidak menutup kemungkinan bisa langsung membelinya beberapa tahun sekaligus. Tujuannya adalah agar tidak lupa untuk memperpanjang domain. Karena jika telat memperpanjang domain, status domain bisa berubah dari active jadi expired domain.

Renewal Grace Period

Renewal grace period merupakan status domain saat memasuki masa expired yang berkisar kurang lebih 30 hari atau dengan kata lain mengalami masa tenggang. Pemilih domain memiliki kesempatan untuk memperpanjang dengan biaya normal.

Redemption Grace Period

Status ini terjadi ketika dalam masa tenggang 30 hari tersebut domain tidak diperpanjang oleh si pemilik sebelumnya, maka status domain akan berubah menjadi redemption grace period. Saat ini terjadi maka domai sudah dihapus oleh registrar, tidak dapat diparkir lagi dan tidak dapat diakses kembali.

Pending Delete

Status yang terakhir ini adalah pending delete. Ketika domain sudah ada di status ini, maka berarti domain sudah dapat dilepaskan kembali secara umum dikarenakan sudah tidak diperpanjang pemiliknya. Masa pending delete ini berlangsung 5 harian dan ketika sudah hari ke 7 domain sudah dapat didaftarkan ulang dengan harga normal

Dengan mengetahui istilah-istilah di atas, maka Anda tentu akan lebih mudah dalam memaksimalkan performa website Anda. Jadi, jangan ragu untuk terus belajar dan bertanya kepada para webmaster yang lebih senior.