Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa Penulis Artikel – Dalam mengelola website pada bisnis Anda, tidak cukup hanya sekedar menaikkan traffic yang menjadi poin utama kesuksesan bisnis tersebut. Melainkan, juga harus ada bukti nyata dan dampak positif bagi perkembangan bisnis Anda. 

Oleh karena itu, juga diperlukan adanya peningkatan conversion rate untuk website Anda. satu hal lagi yang perlu Anda lakukan pada website Anda, yaitu setelah mendapatkan banyak pengunjung maka lakukan conversion rate optimization bagi pengunjung-pengunjung pasif agar menjadi aktif. Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu conversion rate.

Pengertian Conversion Rate Optimization (CRO) dan Peran Pentingnya

Conversion Rate Optimization adalah sebuah metode analisis dan umpan balik bagi pengunjung, guna meningkatkan kinerja website. CRO ini memang berfungsi untuk memperbaiki website demi kepentingan sebuah bisnis. 

Artinya, CRO tersebut bersifat mengarahkan para pengunjung baik yang pasif maupun yang baru datang berkunjung untuk mengetahui apa kebutuhannya pada saat mengunjungi website Anda. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih terlibat dan bertransaksi pada website Anda sehingga akan memberi keuntungan pada bisnis Anda.

Baca juga: Siapa Sangka, 10 Search Engine Ini Bisa Berfungsi Seperti Google 

Sedangkan, peran CRO sendiri sangatlah penting bagi website dan bisnis Anda kedepannya. Selain membuat pengunjung lebih aktif bertransaksi yang akan berdampak kemajuan bisnis Anda juga memberi solusi untuk berkembangnya bisnis Anda tersebut secara hemat tanpa biaya seperti menggunakan jasa periklanan. 

Mengapa demikian? Karena dengan CRO Anda bisa mengidentifikasi lebih dulu target pemasaran. Pada dasarnya, tujuan CRO yang sebenarnya adalah menargetkan pada pengunjung yang sudah ada untuk bisa lebih aktif dan benar-benar tertarik akan produk Anda. 

Untuk satu pengunjung seperti ini lebih baik, karena akan bisa lebih menyebarkan informasi positif pada orang banyak dibandingkan mendapatkan banyak pengunjung yang tidak tertarik dan pastinya tidak akan mendapatkan pengaruh apa-apa.

Faktor Penting yang Mempengaruhi CRO

Seperti yang sudah diketahui, bahwa yang sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda adalah faktor CRO. Faktor yang dapat membantu menaikkan traffic sekaligus mendapatkan pengunjung yang bersifat menguntungkan website dan bisnis Anda. 

Namun, apa saja faktor-faktor penting yang bisa mempengaruhi CRO tersebut. Berikut ini adalah faktor penting yang sangat mempengaruhi cara kerja CRO dan memberikan dampak besar bagi website, yaitu:

Proposisi Nilai

Artinya, prioritas utama bisnis Anda adalah memikirkan apa yang pengunjung dapatkan secara keuntungan dari website dan bisnis Anda.

Relevansi

Faktor ini sudah bisa dipastikan sebagai sebuah hubungan antara konten yang Anda tawarkan dengan kebutuhan dari pengunjung.

Kejelasan

Selanjutnya adalah faktor kejelasan, yaitu memperlihatkan secara jelas visi Anda terhadap pelanggan atau pengunjung website.

Kecemasan

Faktor kecemasan juga menjadi salah satu faktor penting CRO, yaitu meninjau jika ada elemen yang hilang atau kurang yang bisa membuat pelanggan ragu akan website dan bisnis Anda ini.

Gangguan 

Hal ini pun perlu Anda waspadai, karena faktor gangguan bisa menghilangkan fokus pengunjung website pada tujuan utama Anda yang Anda tunjukkan pada website Anda tersebut.

Urgensi

Faktor terakhir adalah urgensi, dimana faktor ini bersifat mendorong para pengunjung website untuk bertindak cepat dalam menyukai visi sekaligus produk Anda.

Setelah mengetahui faktor-faktor penting di atas, Anda juga harus mengetahui kendala yang akan dihadapi dalam berusaha melakukan tindakan CRO karena CRO tidak mudah begitu saja dilakukan. Tujuannya agar Anda bisa mengatasi dan menemukan solusi jika Anda tidak berhasil melakukan CRO tersebut. 

Ada beberapa mitos mengenai CRO, yang memang harus Anda perhatikan. Pertama, yaitu perlu ketekunan dalam menjalani CRO yang ternyata memang tidak mudah.  Kedua, walaupun Anda sudah bereaksi langsung pada poin penting untuk website bisnis Anda tapi kualitas konten jangan malah diabaikan. 

Selanjutnya, jangan pernah menjadi plagiat dalam melakukan kreatifitas. Karena, perusahaan seperti itu tidak akan mendapatkan kepercayaan konsumen atau pelanggan dimana dalam hal ini adalah pengunjung website. Yang terakhir, sebuah tujuan utama atau tujuan akhir pada bisnis ini bukanlah mendapatkan traffic besar melainkan mendapatkan kepuasan pelanggan pada produk Anda. 

Semua hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara Anda bisa mengukur sendiri sejauh mana keberhasilan CRO. Caranya adalah data yang ada yang dapat menunjukkan seberapa berhasilnya kekuatan CRO. Namun, dibalik semua itu ada indikatornya yang disebut indikator metrik yang sudah pernah dibahas sebelumnya.