Apakah Pengertian dan Metode Dari Brute Force?
Apakah Pengertian dan Metode Dari Brute Force?

Jasa Penulis Artikel Brute force merupakan cyber crime yang dilakukan dengan menembak username dan password untuk mendapatkan akses masuk sebuah akun. Kejahatan Brute force ini sebenarnya teknik kejahatan yang cukup lama tetapi masih sering dilakukan oleh beberapa orang karena dinilai efektif. 

Awalnya, kejahatan brute force ini hanya untuk mendapatkan username saja. Tetapi tujuan yang sebenarnya bukan itu, melainkan untuk mendapat informasi lain yang lebih penting. 

Ketahui Metode Brute Force Agar Bisa Menghindarinya

Hacker bisa saja mencuri data pribadi lewat informasi tersebut kemudian disalahgunakan. Hal tersebut tentu merugikan Anda. Ada 5 metode yang biasa digunakan oleh para hacker dalam melakukan serangan brute force.

Metode Sederhana

Metode ini dilakukan hacker dengan menebak-nebak password yang mungkin digunakan. Cara ini sering berhasil pada akun yang tidak ada pembatasan login. Hacker akan berupaya mencoba setiap kemungkinan password yang digunakan dan bisa mencobanya berulang kali sebanyak mungkin.

Metode Kamus

Kalau metode yang ini, hacker tidak asal-asalan menebak. Umumnya, hacker menyiapkan sekumpulan password yang mungkin digunakan oleh sebuah akun. 

Semua password yang dikumpulkan tersebut akan dicoba satu per satu. Kemudian hacker akan mengeliminasi password yang salah dan mencoba kombinasi lain yang memungkinkan.

Menggunakan Metode Hybrid

Metode ini merupakan gabungan dari metode sederhana dan metode kamus. Nantinya, hacker akan menebak kombinasi password dan menjadikannya daftar kemungkinan password. Para hacker akan menebak-nebak kombinasi huruf dan angka yang potensial berhasil.

Baca juga: Ayo Cari Tahu Pengertian dan Manfaat Program Affiliate Marketing

Menggunakan Metode Credential

Metode ini, sesuai dengan namanya akan memanfaatkan username dan password suatu akun untuk login di akun lainnya. Namun, sedikit sekali orang yang menggunakan password yang sama di berbagai akun. Namun, bila hal itu terjadi, hacker akan menguasai banyak akun hanya dalam satu aksi pembobolan.

Metode Rainbow Table

Metode ini merupakan metode yang paling unik di antara lainnya. Dalam metode ini, hacker melakukan deskripsi proteksi hash yakni hasil enkripsi dari sebuah password. Metode ini sangat berpeluang memberikan deretan password yang lebih akurat.

Serangan brute force ini harus diwaspadai. Pasalnya, selain Anda kehilangan akun, hacker juga berpotensi mencuri informasi pribadi yang penting. Anda perlu mencegah hal itu terjadi dengan beberapa cara. 

Ada 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya serangan brute force. Yang pertama, Anda harus membuat kombinasi password yang rumit agar hacker kesulitan menebak password yang Anda gunakan. 

Password yang Anda gunakan jangan yang terlalu umum karena akan mudah ditebak. Kedua yaitu mengatur limit login. 

Anda perlu membatasi percobaan login pada akun Anda sebagai upaya pencegahan serangan brute force karena cara ini cukup efektif. Ketiga, gunakanlah captcha bila akun yang Anda kelola sangat penting. 

Dengan begitu, login dapat dipastikan dilakukan oleh pengguna, bukan oleh sebuah program komputer yang mungkin rancangan hacker. Keempat yaitu menggunakan two factor authentication. 

Dengan menerapkan cara ini, Anda perlu melakukan konfirmasi login akun dari perangkat lain. Perlu dua kali otentikasi untuk dapat mengakses akun Anda. Kelima adalah mengganti URL login. 

URL login biasanya digunakan untuk mengakses WordPress. Jika Anda menggantinya dengan yang lebih sulit, maka hacker juga tidak mudah menebak URL login yang Anda gunakan.

Setelah tahu metode yang digunakan hacker dan cara mencegahnya, akun atau website yang Anda kelola tentu akan lebih aman. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korban kejahatan brute force yang bahayanya bisa sangat merugikan ini.