Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa penulis artikel satuan – Apakah Anda mengetahui teknik copywriting? Sebelumnya, pernahkah Anda membaca sebuah konten, lalu Anda terhipnotis untuk membeli atau mengambil tindakan karena konten tersebut? 

Jika demikian, hal itu disebut teknik copywriting. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang salah satu cara pemasaran ini? Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Teknik Copywriting

Metode pemasaran ini adalah konten yang dibuat untuk tujuan periklanan dan promosi. Salinan iklan biasanya digunakan untuk menarik perhatian target pasar bisnis. Tujuan utamanya adalah menjual produk dan jasa melalui media online dan offline.

Metode pemasaran ini biasanya disertai dengan ajakan bertindak (call to action), misalnya beli sekarang, cek sekarang, dan sebagainya. Intinya, CTA dapat memandu audiens untuk melakukan apa yang kita inginkan, seperti membeli produk, mengisi formulir, dan lain-lain.

Dibandingkan dengan cara pemasaran lainnya, keunggulan metode ini adalah dapat menarik audiens Anda dan target pasar untuk membaca atau bertindak berdasarkan konten yang Anda buat. Selain itu, metode ini juga dapat membandingkan dengan pesaing lain, menyoroti produk atau layanan yang ingin Anda promosikan, dan  meningkatkan penjualan produk maupun layanan dengan cara yang lebih cepat serta waktu yang lebih singkat.

Manfaat Teknik Copywriting untuk Pemasaran

Sebelumnya sudah disebutkan keunggulan metode periklanan ini di bidang marketing. Dapat dibilang keuntungannya sangat banyak. Karena dengan menggunakan metode pemasaran ini, Anda tidak hanya dapat membuat pelanggan “ingin” membeli produk, tetapi juga “harus” membeli produk.

Oleh karena itu, dengan menggunakan metode pemasaran ini, Anda dapat meningkatkan penjualan produk. Misal, tanpa menggunakan metode pemasaran ini, Anda hanya bisa menjual 20 produk per hari. 

Baca juga: Keren! Ini Tips Penulisan Testimoni Sederhana Bernilai Jual Tinggi

Namun dengan menggunakan metode pemasaran ini, Anda bisa menjual 35 produk atau lebih per hari. Dari situ, mungkin Anda sudah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat dengan menerapkan metode pemasaran ini. 

Ingatlah bahwa dengan menggunakan metode pemasaran ini, pesanan produk yang bisa Anda dapatkan beberapa kali lebih tinggi. Bahkan lebih banyak daripada sebelum penerapan.

Teknik Copywriting Dalam Dunia Marketing

Dari segi keterampilan, Anda dapat menerapkan metode pemasaran ini berdasarkan keterampilan menyalin. Berikut adalah pengaplikasian metode pemasaran ini dalam mempromosikan produk:

Pertama, metode ini bukan hanya tentang menulis dan membuat konten. Menjadi copywriter harus mampu memahami kondisi dan psikologi penonton, artinya jika harus memahami performa penonton, maka Anda harus memasuki otaknya. 

Memasuki otak mereka berarti Anda menjadi pelanggan dan menilai konten yang dibuat oleh copywriter, layak atau tidak. Oleh karena itu, penulis di sini ditugaskan untuk 2 orang sekaligus yaitu copywriter dan penontonnya.

Kedua, gunakan bahasa yang fleksibel saat menulis konten. Jangan gunakan bahasa yang terkesan kaku. Anda dapat menggunakan bahasa yang tidak kompatibel dengan EYD. Namun Anda harus memperhatikan dan menentukan apakah target audiens Anda menggunakan bahasa standar atau tidak.

Ketiga, buatlah konten yang berfokus pada produk, bukan bisnis. Anda harus tahu bahwa tidak ada yang peduli dengan Anda dan bisnis, dan pelanggan Anda tidak peduli dengan apa yang terjadi pada bisnis Anda. 

Oleh karena itu, saat menulis teks iklan, pastikan Anda tidak menjelaskan apa yang terjadi dalam bisnis Anda, tetapi fokuslah untuk menjelaskan produk. Namun, dalam beberapa kasus, penting untuk menjalankan bisnis Anda. 

Misalnya, target pasar Anda adalah pemilik perusahaan atau orang penting. Mereka tentunya butuh kepercayaan, dari sini Anda bisa menjelaskan manfaat menggunakan atau menggunakan jasa atau produk tersebut.

Sekian informasi tentang teknik copywriting. Anda bisa belajar dan menguasai metode pemasaran ini, serta mendapatkan penghasilan yang bisa meningkatkan tingkat konversi penjualan produk.