Riset Keywords Melalui Search Engine Lebih Mudah Pakai Tools Ini
Riset Keywords Melalui Search Engine Lebih Mudah Pakai Tools Ini

Jasa Penulis Artikel – Salah satu kunci sukses SEO adalah riset keywords jenis long tail. Kata kunci long tail tersebut berasal dari kata kunci utama yang Anda targetkan. Bahkan menggunakan kata kunci long tail dapat membuat persaingan SEO lebih mudah.

Namun saat menentukan kata kunci, Anda perlu melakukan penyelidikan kata kunci terlebih dahulu agar kata kunci long tail yang digunakan memiliki nilai yang tinggi. Meskipun kata kunci long tail tidak memberikan banyak lalu lintas, tapi kualitasnya sangat baik. 

Pembaca yang mengunjungi situs web Anda membutuhkan informasi yang sangat spesifik. Oleh karena itu, mereka menggunakan kata kunci yang lebih panjang saat menjelajah hingga akhirnya dapat mengunjungi situs web Anda.

Hal Penting Untuk Menentukan Kata Kunci

Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk melakukan riset keywords yang benar, yaitu menggunakan alat SEO gratis yang banyak tersedia di Internet. Namun sebelum membahas masalah ini, sebaiknya pertimbangkan dulu dua hal penting ini untuk menentukan kata kunci mana yang akan digunakan.

Relevansi

Jika Anda ingin memiliki situs web bisnis yang lebih berkualitas, Anda harus memperhatikan relevansi kata kunci dan bisnis. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang penjualan jilbab dan kata kunci “hijab” yang ditargetkan, sebaiknya diganti dengan kata kunci berekor panjang, seperti frasa jual jilbab syari instan.

Lokasi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menambah informasi tentang lokasi dari kata kunci yang akan digunakan. 

Penambahan lokasi ini memang mempersempit cakupan pengunjung website, tetapi pengunjung tersebut berasal dari lokasi yang sama dengan perusahaan Anda. Hasilnya tentu saja akan meningkatkan transaksi bisnis.

Tools Gratis Untuk Membantu Penelitian Keywords

Tetapi bagaimana cara Anda melakukan penelitian kata kunci secara efektif? Sebenarnya ada banyak cara, tetapi Anda tidak boleh menetapkan kata kunci ekor panjang sembarangan. Berikut adalah alat SEO gratis terbaik untuk penelitian kata kunci.

Riset Keywords Menggunakan Perencana Kata Kunci Google

Alat di Google Adwords disebut Perencana Kata Kunci Google, yang dapat digunakan untuk menentukan kata kunci long tail, terutama bagi mereka yang berpartisipasi dalam campaign AdWords.

Saat Anda memasukkan satu atau lebih kata kunci, atau bahkan masuk ke halaman website, Google Keyword Planner akan menyediakan beberapa kata kunci terkait dengan indikator sederhana yang meliputi statistik dan performa kata kunci yang ditampilkan.

Baca juga: Haruskah Konten Blog Di Update Setiap Hari? Ini Jawabannya

Google Trends

Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat memasukkan beberapa kata kunci. Selain itu juga dapat memfilter berdasarkan lokasi, riwayat pencarian, dan kategori untuk menemukan ide kata kunci baru. 

Google Trends pun akan menunjukkan daya tarik website Anda dengan kata kunci yang Anda teliti, alasan perhatiannya, sumber pengunjung website, dan bahkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda cari.

Hal yang menarik dari Google Trends tidak hanya dapat menampilkan volume atau jumlah kata kunci statis saja. Namun, Google Trends juga dapat menampilkan data tersebut dalam bentuk grafik berwarna. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk penelitian kata kunci dengan membandingkan beberapa kata kunci dengan artikel terbaru.

Riset Keywords Dengan Webmaster Bing

Banyak orang merindukan Bing Webmaster Tools (BWT) untuk meningkatkan SEO situs web mereka. BWT sangat cocok untuk memahami kinerja situs web Anda di mesin pencari Bing. 

Selain itu, webmaster Bing akan menampilkan jumlah klik situs web berdasarkan permintaan pencarian dari Bing. Ditambah pengetahuan  dan faktor-faktor lain yang berdampak baik pada kinerja situs web Google.

Beberapa alat SEO gratis di atas memang dapat membantu Anda melakukan riset keywords yang bernilai tinggi. Namun, ini tidak dapat digunakan untuk menentukan jumlah pencarian untuk kata kunci atau biaya per klik. Selain menggunakan tools gratis di atas, kamu juga bisa menggunakan jasa SEO berkualitas tinggi.