Penting Inilah Keunggulan Long Tail Keyword Dalam Konten Spesifik
Penting Inilah Keunggulan Long Tail Keyword Dalam Konten Spesifik

Jasa Penulisan Artikel – Long tail keyword adalah istilah yang sering terdengar ketika berbicara tentang SEO. Apa itu kata kunci ekor panjang? Kata kunci ekor panjang merupakan kata kunci yang sangat spesifik. 

Kata kunci ini dapat dioptimalkan untuk membedakan Anda dari kata kunci yang lebih kompetitif. Umumnya, long tail keyword terdiri dari 3 kata atau lebih. Kata kunci ini sangat spesifik sehingga tidak banyak pesaing.

Mengapa Long Tail Keyword Penting?

Penggunaan jenis kata kunci satu ini sangat penting ketika Anda menulis sebuah konten. Misalnya, kata kunci “sepatu pria Nike” lebih mudah ditemukan daripada hanya “sepatu pria”. 

Bahkan jika ingin lebih spesifik, Anda juga bisa menargetkan “Sepatu Pria Nike Air Max”. Selain lebih mungkin untuk muncul di beranda, kata kunci ekor panjang juga membawa hasil konversi yang lebih baik daripada kata kunci biasa.

Pakar SEO Neil Patel menyebutkan bahwa jika situs web Anda juga menjual produk atau layanan, frasa kata kunci yang lebih rinci dapat meningkatkan rasio konversi hingga 250%. Jika Anda mengembangkan strategi pemasaran konten untuk menarik lalu lintas dari konsumen Google, maka Anda harus fokus pada pembuatan konten dengan kata kunci ekor panjang.

Baca juga: Pengertian Riset Keyword Untuk Konten Dengan Banyak Viewers

Keuntungan Menggunakan Long Tail Keyword

Pertama, kata kunci ekor panjang itu jauh lebih kompetitif, bukan? Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan ranking tertinggi di Google dengan lebih mudah. Saat Anda mendapatkan peringkat tertinggi, lalu lintas akan mulai berdatangan dengan sendirinya.

Kedua, kata kunci ini bisa mendatangkan banyak traffic. Tahukah Anda, jika topik yang Anda pilih mengandung banyak kata kunci berekor panjang, secara alami akan mendatangkan lebih banyak lalu lintas. 

Karena Anda tidak menargetkan satu kata kunci utama dalam topik, tetapi banyak kata kunci sekaligus. Faktanya, situs web Anda akan muncul untuk setiap kata kunci ekor panjang yang ditargetkan ini di setiap pencarian. Ini tidak akan muncul sekali karena hanya untuk satu kata kunci utama.

Ketiga, kata kunci ini dapat meningkatkan tingkat konversi. Kata kunci ekor panjang sangat spesifik. Karenanya, dibandingkan dengan penelusuran kata kunci ekor pendek, orang yang menelusuri kata kunci ini cenderung siap untuk membeli barang. Telusuri “hosting virtual”. 

Arti kata kunci tersebut sangat luas bukan? Orang yang mencari kata kunci ini mungkin ingin tahu apa itu hosting virtual atau cara kerjanya. Dengan kata lain, dia masih belum siap untuk membeli. 

Namun, jika seseorang memasukkan versi kata kunci tertentu (seperti “layanan hosting terbaik dan termurah di Indonesia”), itu berarti mereka selangkah lebih dekat untuk membeli.

Bagaimana Menemukan Kata Kunci Ekor Panjang?

Berikut beberapa cara untuk menemukan kata kunci berekor panjang untuk meningkatkan lalu lintas:

Pertama, gunakan “Penelusuran yang terkait dengan …”. Kedua, manfaatkan answer the public yang telah diyakini akurat. Ketiga, mengunjungi komunitas online. Keempat, Anda bisa memanfaatkan fitur Google Autocomplete. Kelima, menggunakan Soovle. Terakhir, manfaatkan fitur kotak “orang juga bertanya” yang ada di mesin pencarian.

Pakai Long Tail Keyword Untuk Konten Spesifik Anda

Menggunakan kata kunci ekor panjang di situs web Anda mungkin menjadi salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan lalu lintas. Meskipun jumlahnya kecil, persaingan untuk kata kunci ini kecil, dan memiliki tujuan yang lebih spesifik.

Oleh karena itu, Anda dapat bersaing dengan lebih sedikit situs web dalam hasil pencarian Google dibandingkan dengan menggunakan kata kunci ekor pendek yang populer. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan peringkat tertinggi dengan lebih cepat dan menarik lalu lintas organik Google.

Nah, itu tadi adalah pembahasan tentang long tail keyword. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website.