Pengertian Riset Keyword Untuk Konten Dengan Banyak Viewers
Pengertian Riset Keyword Untuk Konten Dengan Banyak Viewers

Jasa Penulisan Artikel – Riset keyword atau kata kunci adalah proses menemukan dan menganalisis kata dan frasa yang dimasukkan orang ke mesin pencari. Hasil dari proses tersebut akan sangat membantu Anda dalam membuat konten yang tepat untuk pengguna Anda. 

Ada dua jenis kata kunci, yaitu; kata kunci short tail dan kata kunci long tail. Namun sebagian orang mengatakan bahwa ada lebih dari 4 kata kunci abadi dan kata kunci musiman. 

Mengetahui hal ini, teruslah mencari tahu pentingnya riset keyword. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, simak penjelasannya berikut.

Mengapa Riset Keyword Penting?

Proses penelitian kata kunci adalah proses yang Anda inginkan untuk menarik banyak pengunjung, dan Anda tidak boleh melupakannya. Memang, beberapa profesional SEO mengatakan bahwa penelitian kata kunci tidak lebih penting daripada menggunakan mesin pencari untuk memahami perilaku pengguna.

Namun bukan berarti proses penelitian kata kunci tidak penting, karena Google masih menggunakan kata kunci sebagai acuan untuk memperoleh hasil yang relevan.

Selain itu, penelitian kata kunci ini mungkin berguna untuk menunjukkan topik yang diinginkan orang. Jika Anda menggunakan alat SEO, Anda juga dapat melihat minat orang mencari informasi tentang topik tersebut.

Jika Anda tahu apa yang sebenarnya dicari orang, Anda dapat membeli konten yang tepat untuk mengarahkan orang ke situs web Anda. Beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan saat meneliti kata kunci adalah popularitas kueri, jumlah hasil pencarian, dan perilaku pengguna.

Anda diharapkan memahami sepenuhnya ini sebelum membuat tulisan, membuat konten berkualitas tinggi, dan mengoptimalkan on-page dan off-page. Jika strategi yang tepat diadopsi, bukan lagi mimpi untuk menyusup ke beranda Google dan mengisi lalu lintas.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaaan Istilah Website: Hosting, Server dan Domain

Identifikasi Berdasarkan Perilaku dan Kebutuhan Pengguna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, profesional SEO sekarang percaya bahwa kita perlu memahami perilaku dan kebutuhan pengguna yang menggunakan mesin pencari. Ini juga terkait erat dengan relevansi konten yang Anda tulis.

Misalnya, Anda menulis artikel dan melakukan optimasi SEO. Ternyata meskipun kata kunci target disertakan, konten yang Anda buat tidak memenuhi kebutuhan pengguna. Layaknya menuliskan metode perawatan kucing, ternyata di dalamnya terdapat penawaran jasa cat grooming.

Orang yang menulis kata kunci “cara merawat kucing” akan menginginkan informasi bahwa ia dapat memelihara kucing di rumah. Karena informasi yang diperoleh tidak benar, pengguna akan segera menekan tombol “Kembali”. Hal-hal yang memicu peningkatan rasio pentalan.

Karena pengguna meninggalkan situs dengan sangat cepat, hasil dari rasio pentalan yang lebih tinggi juga dihitung oleh algoritma Google. Jika terlalu tinggi, Google akan berpikir bahwa pengguna tidak tertarik atau konten tidak relevan.

Ini berbeda jika Anda menargetkan kata kunci “Cat Care Services“. Orang yang menuliskan kata kunci ini di Google mungkin mencari layanan untuk merawat kucing peliharaannya.

Lakukan Riset Keyword Agar Konten Banyak Diminati

Meskipun algoritma Google berubah secara teratur, penelitian kata kunci harus dilakukan sebelum konten dibuat. Proses riset keyword ini akan membantu konten Anda muncul di halaman pertama dalam hasil pencarian kata kunci target.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas dengan lebih sedikit persaingan, maka Anda harus fokus pada pembuatan konten dengan kata kunci ekor panjang. Jika konten Anda benar-benar bagus, selain mudah dioptimalkan, lalu lintas kata kunci tersebut juga tidak akan mudah ditransfer.