Artikel SEO Murah – Sangat penting agar kamu bisa memanjakan klien dan membuat mereka mempekerjakan kamu lagi di periode berikutnya.

 

Jika kamu bekerja freelancing dengan klien tetap yang sudah mengenalmu dan mempekerjakan kamu secara teratur, semua pekerjaanmu akan menjadi lebih mudah.

 

Akan tetapi, buat kamu yang masih sering ditinggalkan klien, coba beberapa panduan berikut agara klien mau kembali memakai jasa kamu.

 

Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang

  1. Berkomunikasi dengan Jelas

Sedang banjir orderan job dan ingin membuat klien senang? Ini cara pertama yang bisa kamu terapkan.

 

Untuk bisa memahami permintaan dan ekspektasi klien, kamu harus rajin berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan. Hal ini perlu dilakukan agar semua tugasnya menjadi jelas. Pastikan tidak ada yang kamu lewatkan setiap detail poin yang dijelaskan, termasuk membaca kontrak terlebih dahulu.

 

Kirimkan email yang memberitahukan klien bahwa proses pengerjaanmu berjalan lancar untuk menenangkan pikiran mereka. Intinya, kamu harus bisa menciptakan pengalaman yang membuat klien mempercayai kamu dan menikmati kerja sama ini dalam jangka panjang.

 

  1. Memeriksa Ulang Hasil

Kadang-kadang, setelah mengerjakan sesuatu pekerjaan selama berjam–jam, bisa saja terjadi kesalahan. Hanya karena terburu–buru menyelesaikan suatu proyek, kamu justru terjebak pada langkah akhir yang penting untuk membuktikan kualitas pekerjaanmu benar–benar sempurna.

 

  1. Mengirimkan Pekerjaan Lebih Cepat

Ketika kamu bisa mengirimkan pekerjaan lebih awal, kamu akan memudahkan perantara atau user ini bekerja dengan baik di depan atasan atau pemilik perusahaan.

Baca juga : Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Mengirim pekerjaan lebih awal adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan rating atau ulasan yang bagus, sekaligus tampil lebih reliable di hadapan klien.

 

  1. Berusaha Lebih Profesional

Selain mengirimkan pekerjaan lebih cepat dari waktu yang disepakati, kamu bisa melakukan berbagai pekerjaan ekstra yang akan memikat si klien. Hal ini akan membuat klien menyukai pekerjaanmu dan menunjukkan bahwa kamu memang benar–benar freelancer handal.

 

  1. Perjanjian Retainer

Secara umum, perjanjian retainer adalah sebuah kesepakatan di mana klien bisa melakukan pembayaran jasa freelancer dengan jumlah tetap setiap bulan (tergantung kesepakatan). Jadi, kamu bisa lebih tenang dalam hal pembayaran, karena sudah pasti mendapatkan gaji setiap bulan sama seperti pegawai kantoran.

 

Perjanjian ini sangat bagus untuk freelancer yang ingin memiliki jadwal konsisten dan kondisi finansial yang stabil setiap bulan. Untuk mendapatkan perjanjian retainer setiap bulan, cobalah beberapa cara berikut:

 

Membuat hubungan jangka panjang

Sebagai contoh, untuk blog perusahaan tentu membutuhkan maintain dan update setiap bulan. Cari tahu bagaimana kamu bisa membantu perusahaan memperbarui blog mereka setiap bulan.

 

Tawarkan layanan tambahan

Jika kamu menawarkan jasa desain web, kamu bisa menawarkan grafik terbaru atau formulir opt-in. Jadi, perusahaan bisa memiliki lebih banyak informasi dan arahan.

 

Satu hal yang pasti, kamu jangan terlalu materialistis atau money oriented. Cobalah untuk tulus dan benar–benar peduli kepada klien agar mereka bisa meningkatkan bisnisnya. Tanyakan ulang apa layanan yang berfungsi dan apa yang tidak.

 

Tawarkan perjanjian retainer

Akhirnya, kamu bisa menawarkan perjanjian retainer. Banyak freelancer tidak mendapatkan klien karena mereka kurang detail menggali informasi. Jangan lupa, hubungi klien kamu sekali dalam seminggu atau lebih dan memastikan semua pekerjaanmu selesai sesuai ekspektasi.

 

Tidak jarang, klien yang merasa senang akan memberikan rekomendasi kepada kolega, teman atau koneksi mereka untuk menggunakan jasamu.

Klik disini untuk dapatkan jasa seo Artikel Terbaik dan Murah.