Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Gemar Ngeblog? Simak Sejarah dan Perkembangannya Berikut Ini

Artikel seo murah – Dunia penulisan web sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, tapi apakah Anda sudah mengetahui sejarah blog. Jika Anda membuka mesin pencari Google untuk mencari informasi tentang topik tertentu, Anda akan dibawa ke banyak laman yang membahas topik tersebut. 

Berkat laman tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan jawaban atas topik ini. Lantas, kapan web pertama kali muncul? Bagaimana sejarah blog berkembang? Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda.

Sejarah Blog dan Perkembangannya di Dunia

Ternyata dari sejarah blog, kata ini merupakan kependekan dari web log. Web log adalah aplikasi web dengan bentuk tertulis, selanjutnya disebut postingan. Postingan tersebut ditampilkan di halaman web. Umumnya, semua pengguna internet dapat mengakses situs web log dengan bantuan mesin pencari.

Web log tersebut pertama kali muncul pada tahun 1994. Tentunya saat itu web log tersebut belum mendapatkan nama resminya hingga saat ini. Histori web log dapat dibagi menjadi beberapa bagian berikut:

Tahun 1994

Sekitar tahun 1994, web log diperkenalkan ke Internet melalui buku harian pribadi yang dibanggakan oleh Justin Hall. Majalah ini diterbitkan secara online di situs web bernama links.net. Tampilannya sederhana, dengan background putih. Justin Hall kemudian mendapatkan gelar pendiri web log pribadi.

Tahun 1997

Pada tahun 1997-an, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog. Istilah ini digunakan untuk mengartikan aktivitas logging ke web. Jorn Barger adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi ke dalam web log berdasarkan waktu posting.

Tahun 1999

Peter Merholz (Peter Merholz) memperkenalkan istilah blog pada tahun 1999. Ia percaya bahwa pengucapan kata tersebut lebih nyaman daripada Weblog. Berbagai web log juga mulai bermunculan tahun ini, seperti blogger, Xanga atau LiveJournal.

Tahun 2003

Pada tahun 2003, perkembangan web log sangat luar biasa. Pasalnya pada tahun 2003 Google akhirnya mengakuisisi web log tersebut dari Pyra Labs yang sebelumnya merupakan pemilik web logger. Tahun ini juga muncul pesaing dari web logger yaitu WordPress. Keduanya ada dan mendominasi dunia web logging saat ini.

Tahun 2018

WordPress telah berkembang pesat dan menguasai dunia web logger. Hampir 50% web log menggunakan layanan WordPress. Di saat yang sama, hanya 2% penulis web yang menggunakan web logger. 

Baca juga: Hindari 10 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Dijumpai Ini

Sejarah Perkembangan Blog di Indonesia

Dengan masuknya teknologi dan jaringan internet, booming web log juga terjadi di Indonesia. Secara umum dunia web log di Indonesia dibedakan menjadi 3 generasi, yaitu:

Generasi awal (1998-2001)

Generasi awal ini biasanya adalah web logger dengan buku harian pribadi. Mereka berkumpul di mesin pencari msn.or.id yang tidak lagi berjalan. Web logger generasi pertama ini menggunakan alat dari livejournal.com atau blogger.com.

Generasi kedua (2001-2002)

Antara 2001 dan 2002, komunitas web log Indonesia mulai bermunculan. Ada komunitas web logbug, Angkringan (Jogjakarta), bbv.or.id (Bandung) dan Bengkel (Jakarta). Isi web log masih hanya berhubungan dengan diari pribadi. Selama periode ini, jumlah web logger meningkat pesat. Alat yang mereka gunakan adalah web logger.com, pMachine dan MT.

Generasi ketiga (2004 sampai sekarang)

Generasi ketiga bisa dikatakan lebih modern dan lebih mahir secara teknologi dibanding dua generasi sebelumnya. Tema web log juga mulai berubah dari diari pribadi menjadi tema umum yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Generasi ketiga biasanya menggunakan alat di WordPress dan web blogspot.

Sejarah blog benar-benar dimulai pada tahun 1994 dan terus berkembang hingga saat ini. Pekerjaan sebagai penulis web profesional juga telah menghasilkan orang-orang luar biasa. Anda harus memahami langkah-langkah membuat web log untuk dapat membuat konten berkualitas yang dibutuhkan banyak orang.