Apa Saja Pengaruh Konten Artikel Bagi Sebuah Website
Apa Saja Pengaruh Konten Artikel Bagi Sebuah Website

Sahabat Artikel – Pernah terpikirkan kenapa sampai ada istilah “Content is King”?

Istilah ini cukup populer dikalangan para konten kreator (pembuat kontent), pasalnya memang inilah faham yang dianut para internet marketer yang percaya bahwa konten adalah raja atau inti dari sebuah website.

Apakah Anda setuju dengan hal ini? Well, mari kita analisa sedikit dengan perumpamaan.

Misalnya, Apa hal pertama yang membuat Anda datang ke website ini?

Jawabannya bisa bermacam-macam, namun intinya adalah karena ada “masalah” atau “pertanyaan” atau juga “kebutuhan”, dimana ketiga hal ini bisa ditemukan di website ini.

Lalu Anda menuliskan kata kunci di google, misalnya dengan typing keyword “apa pentingnya konten artikel”

Nah.. ketika melihat di hasil pencarian ternyata ada muncul website Sahabatartikel.co.id, Anda klik dan akhirnya ketemu dengan konten di website ini

Jadi bisa ditarik garis lurus, hal pertama yang membuat ia datang adalah karena ia membutuhkan konten yang ada di website tersebut.

Sampai disini seharusnya sudah paham ilustrasi kenapa ada anggapan “Content is King”. Walaupun nantinya akan ada pembahasan lebih jauh tentang judul yang menarik, meta deskripsi dan sebagainya.

Apa Saja Pengaruh Konten Terhadap Website?

Setidaknya ada 3 hal besar yang dapat dipengaruhi oleh sebuah konten terhadap sebuah website.

Pengaruh Konten dari Sisi SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, kalau di terjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya kurang lebih “Meningkatkan hasil mesin pencarian”.

Pada dasarnya banyak hal yang memperngaruhi hasil pencarian di halaman pertama, namun kualitas dari sebuah konten sangat berpengaruh terhadap user experience atau pengalaman pengguna.

Ketika sebuah konten bermanfaat bagi user, maka user akan lebih betah untuk membaca dan menemukan informasi yang dia butuhkan.

Baca juga: Simpel tapi Menarik, Membuat Proposal Freelancer

Alhasil, Ketika suatu konten dibaca lebih lama oleh pengguna, google akan beranggapan konten tersebut lebih bermanfaat daripada konten yang hanya dibaca sebentar.

Sehingga google akan memberikan peringkat yang lebih baik bagi konten tersebut.

Pengaruh Konten dari Sisi Branding

Branding atau citra yang dimiliki oleh sebuah website akan terlihat jelas dari bagaimana konten yang ada pada website tersbut.

Website dengan konten yang lebih bermanfaat, terpercaya dan profesional, jauh lebih disukai daripada website dengan konten yang hanya biasa-biasa saja.

Itulah sebabnya membangun sebuah website yang unik dan bermanfaat adalah tujuan utama yang harusnya dimiliki oleh para blogger.

Misalnya saja website dengan niche kesehatan, webiste tersebut dikelola oleh dokter gigi. Website yang dibangun adalah seputar informasi gigi, cara penanganan, perawatan dan sebagainya.

Baca juga: Untuk Apa dan Siapa Kamu Menulis Artikel Blog

Karena penulisnya adalah seorang dokter, maka pembaca akan percaya jika website tersebut memiliki reputasi yang baik.

Akhirnya brand dari website tersebut yang memiliki niche kesehatan akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Pengaruh Konten Dari Sisi User

User adalah tujuan utama dari adanya konten artikel website. Tanpa user maka konten artikel akan tetap hanya menjadi tulisan yang tidak akan pernah dibaca.

Namun lain halnya ketika user telah datang ke website, dan merasa konten yang ada di website tersebut sangat membantu memecahkan masalahnya.

Maka user tidak akan segan untuk membagikan konten tersebut. Ia sarankan ke keluarganya, temannya atau lingkungannya.

Karena user merasa seharusnya lebih banyak orang untuk mengetahui dan membaca konten artikel tersebut.

Jadi itulah ketiga pengaruh yang dimiliki konten artikel terhadap web, memang masih ada beberapa lagi pengaruh lainnya.

Namun ketiga hal diatas bisa mewakili sisanya. Akhir kata bila Anda membutuhkan jasa penulisan konten artikel, bisa menghubungi website sahabat artikel melalui halaman kontak.

Dapatkan konten artikel berkualitas dan bermanfaat bagi website Anda.