Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Microsite adalah sebuah mini website yang dibuat untuk tujuan bisnis tertentu. Biasanya, microsite digunakan untuk mempromosikan produk, mempublikasikan konten, dan menginformasikan event atau promo yang sedang berlangsung.

 

Beberapa pemilik bisnis sering membuat microsite hanya untuk waktu tertentu. Paling sering, ketika sebuah kampanye produk khusus sedang gencar dipromosikan.

 

Berdasarkan sifat dan tujuannya, ada dua jenis microsite yang perlu Anda ketahui. Berikut ini jenis-jenisnya:

 

  1. Microsite Sementara

Sesuai namanya, microsite sementara bertujuan untuk penggunaan di waktu tertentu. Website independen ini dibuat khusus untuk salah satu event atau promosi produk. Kontennya berisi artikel maupun video promosi produk tersebut.

 

  1. Microsite Permanen

Berbeda dengan jenis sebelumnya, microsite jenis ini digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Artinya, bukan untuk kampanye tertentu saja. Microsite permanen sering dimanfaatkan untuk media mempublikasikan konten-konten secara reguler.

 

  1. Meningkatkan SEO Website Bisnis Anda

Siapa sangka microsite juga dapat meningkatkan SEO website? Kenyataannya, memang demikian.

 

Dengan menempatkan kata kunci dan fokus pada topik tertentu, website microsite Anda bisa tampil unik bagi mesin pencari. Hal inilah akan membuatnya mudah menduduki halaman utama pencarian Google.

 

Sementara itu, jika URL yang digunakan terpisah dengan website utama bisnis Anda, ada manfaat SEO yang bisa didapat. Caranya, dengan menautkan link ke situs website bisnis utama Anda dan mendapatkan backlink berkualitas.

 

  1. Meningkatkan Engagement Pelanggan

Microsite juga dapat berfungsi untuk meningkatkan engagement pelanggan. Karena informasi yang disampaikan lebih terfokus dan detail, keterikatan konsumen dengan produk akan terbangun lebih baik.

 

5 Tips Menciptakan Microsite yang Efektif

Sebenarnya, langkah-langkah membuat microsite sama dengan membuat website pada umumnya. Namun, ada beberapa tips khusus yang perlu Anda ketahui.

 

  1. Buat Nama Domain Sesuai Kampanye Anda

Kalau Microsite Anda dibuat untuk kampanye tertentu, tak ada salahnya Anda mendaftarkan domain baru sesuai kampanye tersebut. Supaya, situs tersebut bisa lebih fokus pada kampanye bisnis Anda.

 

Nama Unik Microsite

Namun, pastikan juga nama domain Anda tidak terlalu panjang. Anda juga bisa menggunakan ekstensi domain unik supaya lebih mudah diingat. Selain domain .COM, Anda bisa menggunakan domain .SITE, .WEBSITE, .NET, .ONLINE, .STORE dan lain sebagainya.

 

  1. Pilih Web Hosting Terbaik

Langkah selanjutnya adalah membeli layanan hosting untuk microsite Anda.

 

Ingat, memilih layanan web hosting tak boleh sembarangan! Pastikan layanan yang Anda gunakan membuat website mini yang bisa diakses 24 jam tanpa kendala. Selain itu, pilihan layanan yang menjamin keamanan dan menyediakan layanan support yang baik.

 

  1. Install WordPress

Anda perlu menggunakan content management system (CMS) supaya mudah dikelola. Nah, salah satu CMS terbaik adalah WordPress. Dengan WordPress, Anda tak perlu punya skill coding untuk membuat microsite yang menarik dan kaya fitur.

 

  1. Pilih Tema Menarik Sesuai dengan Bisnis Anda

Untuk membuat microsite Anda menarik, pilihlah tema terbaik yang sesuai dengan kampanye produk Anda.

 

  1. Install Plugin yang Dibutuhkan

Sebagai sarana promosi, microsite Anda harus memiliki performa yang baik. Meskipun fitur yang dimiliki WordPress sudah lengkap, Anda juga bisa menambahkan fungsi lain dengan install plugin.

Baca juga : Apa itu Blogwalking Perlukah Setiap Blogger Melakukannya ?

Beberapa plugin yang kami rekomendasikan adalah Yoast untuk SEO, Mailchimp untuk email marketing, dan Jetpack untuk dukungan keamanan. Selain itu, masih banyak plugin terbaik WordPress yang bisa digunakan di microsite Anda.

 

  1. Buat Konten yang Unik

Kekuatan microsite Anda terletak pada konten yang ditampilkan. Tanpa konten yang unik, sulit untuk dapat menarik perhatian konsumen.

 

Untuk membuat konten yang unik, Anda perlu mengatur komposisi gambar dengan baik dan menampilkan artikel yang bermanfaat.

 

  1. Optimasi SEO Microsite Anda

Salah satu manfaat microsite adalah terkait SEO. Namun, tanpa langkah optimasi yang tepat, sulit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Optimasi SEO terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan off-page. On Page berfokus pada bagaimana website mengikuti pedoman SEO terbaru, sedangkan Off Page terkait dengan cara mendapatkan backlink dari website lain.

Butuh jasa SEO Artikel murah dan berpengalaman ? Klik disini.