Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pentingnya Jasa Pembuatan Artikel bagi Pembisnis

Artikel SEO Murah – Viral marketing ini merupakan strategi yang sebenarnya sudah lama ada. Namun, semakin gencar setelah teknologi berkembang pesat. Terutama hadirnya media sosial yang kerap dijadikan perantara utama dalam memviralkan sebuah konten.

 

3 Kelebihan Viral Marketing

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari strategi marketing. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

 

  1. Menghemat Biaya Iklan

Mengapa dikatakan lebih hemat biaya? Sebenarnya soal biaya iklan itu relatif, tergantung medium apa yang Anda gunakan dan jenis konten apa yang ingin Anda sajikan. Namun, jika iklan Anda viral dan sukses, keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar.

 

Bahkan keuntungannya bisa berlipat hingga menutupi biaya modal awal saat membuat iklan tersebut. Sebab, iklan Anda yang viral akan tersebar secara terus menerus dengan sendirinya. Bahkan, bisa menjangkau audiens lain diluar dari target market Anda.

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Ini adalah alasan terbesar mengapa banyak pebisnis menyukai strategi ini. Yup, dengan konten yang viral, otomatis bisnis Anda semakin banyak dikenal. Apalagi kalau iklan Anda bisa menyampaikan pesan yang bermanfaat dan solutif.

 

  1. Kesempatan Diliput oleh Berbagai Media

Ini juga salah satu keuntungan yang masih berkaitan dengan poin pertama, yaitu hemat biaya. Saat iklan berhasil viral, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk press release atau memasang iklan di berbagai media. Seperti koran, televisi, radio, dan lain-lain.

 

3 Kekurangan Viral Marketing

Tak ada satupun strategi yang berjalan tanpa resiko, termasuk viral marketing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali apa saja kekurangan dari strategi ini, yaitu:

 

  1. Berpotensi Mendapatkan Citra Negatif

Kenapa bisa berpotensi? Karena roda utamanya adalah word of mouth dari audiens atau konsumen. Bisa saja, mereka mengambil sudut pandang berbeda dari yang sebaliknya ingin Anda sampaikan.

 

 

  1. Dianggap Spam

Penyebaran konten viral yang terlalu intens tidak selamanya baik. Ketika sedang menjadi pusat perhatian, kemungkinan besar iklan Anda akan muncul di berbagai tempat. Dan menjadi perbincangan banyak masyarakat secara terus menerus.

 

  1. Sulit Diprediksi

Beberapa iklan bisa saja viral dalam waktu singkat. Tetapi, ada pula beberapa diantaranya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Atau bahkan tidak viral sama sekali. Dengan begitu, perlu mempertimbangkan strategi yang maksimal agar tidak menjadi campaign yang sia-sia.

 

7 Cara Memaksimalkan Strategi Viral Marketing

Sudah tahu apa saja kelebihan dan segala konsekuensi dari viral marketing? Kalau sudah, sekarang waktunya Anda menyiapkan strategi melalui langkah-langkah berikut. Namun, kami ingatkan kembali bahwa strategi ini bisa berlaku untuk segala jenis bisnis apapun, termasuk bisnis yang kecil.

Baca juga : 4 Desain Website Layout Terbaik untuk Meningkatkan Konversi dan User Experience

  1. Menentukan Target Audiens dan Channel yang Tepat

Tidak ada sesuatu yang bisa viral begitu saja, kecuali disebarkan oleh orang-orang yang bersedia melakukannya.

 

  1. Mengandalkan Tools Social Media Analytics

Salah satu cara efektifnya adalah dengan menggunakan bantuan tools social media analytics. Tools ini bisa memudahkan Anda untuk mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk melacak performa dari setiap campaign.

 

  1. Ciptakan Kesan Emosional dan Berkualitas

Penting untuk diingat, bahwa viral marketing tidak akan berhasil kecuali konten Anda memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah dengan menciptakan konten yang menyetir emosional atau perasaan audiens.

 

  1. Gunakan Hashtag untuk Menyebarkan Konten

Tips yang tak kalah penting adalah menggunakan bantuan hashtag pada iklan Anda. Hashtag juga menjadi cara efektif untuk membuat konten Anda populer. Di samping meningkatkan brand awareness, menambahkan hashtag juga membuat konten Anda lebih berkesan. Selain itu, keberhasilan campaign Anda pun bisa mudah terlacak.

 

 

  1. Gunakan Strategi Trend Jacking

Pernah mendengar istilah Trend Jacking? Trend Jacking (pembajakan tren) merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan situasi atau isu yang tengah naik daun untuk bahan promosi. Strategi ini sering digunakan sebagai cara untuk melakukan viral marketing.

 

 

  1. Social Outreach

Terakhir adalah Social outreach. Strategi ini merupakan langkah lain yang efektif untuk memviralkan konten Anda. Caranya yaitu dengan menjangkau orang-orang yang berpengaruh di dalam industri Anda seperti influencer.

Klik disini untuk dapatkan jasa SEO Artikel terbaik.