Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Salah satu cara optimasi SEO onpage yang cukup mudah dilakukan adalah dengan melakukan update pada konten/artikel lama di blog kita.

Ini salah satu tips yang banyak disarankan oleh para suhu blogger. Alasannya? karena memang hasilnya lebih banyak positifnya sih.

 

Di artikel ini saya coba tulis best practise yang bisa kita lakuin saat update artikel lama. Tentunya dengan target si artikel tersebut merangking lebih tinggi di SERP, ataupun mendapatkan traffic lebih banyak.

 

  1. Pilih Topik Evergreen

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memilih artikel dengan topik yang evergreen; topik yang awet ngga bakal basi sampai kapanpun.

 

Lihat list artikel yang sudah kita kumpulkan sebelumnya, lalu pilih jenis artikel evergreen, bukan topik musiman.

 

Contoh topik artikel evergreen:

 

Place to visit in Singapore. Sampai kapanpun topik ini kemungkinan besar bakal awet terus.

Belajar blog. Setiap saat selalu ada orang yang baru terjun blogging dan mencari info tentang ini.

Belajar trading saham. Selama trading saham masih ada, calon trader baru pasti terus bermunculan. Segmented targetnya, tapi potensial banget.

 

  1. Cek Isi Artikel

Baca ulang artikel yang kita pilih. Lalu lihat dan lakukan perubahan untuk hal-hal ini.

Cek source lain di artikel kita. Jika ada link ke sumber di tempat lain, lihat apakah URL nya masih hidup? jika mati, cari link lain sebagai sumber pengganti.

Lihat juga konten di sumber lain tersebut, apakah up to date atau jadul? ganti jika jadul dengan sumber lain yang lebih baik.

Cek struktur artikel. Apakah enak dibaca? banyak paragraf-paragraf panjang? banyak error penulisan? Lakukan perubahan seperlunya sampai kita merasa puas.

Cek internal link. Lihat apakah kita bisa menambahkan internal link ke artikel lain yang berhubungan? tambahkan kalau ada.

Cek title tag dan meta deskripsi. Jika terasa kurang ok, lakukan perubahan title tag artikel, bisa pakai bantuan plugin SEO. Meta deskripsi bisa diubah jadi lebih menarik juga.

Baca juga : Berapa Perkiraan Biaya Hosting Website ?

  1. Ubah Atau Tambah Isi Artikel

Selanjutnya, kita tambahkan konten baru yang lebih lengkap dan up to date. Caranya bisa sebagai berikut;

 

Cari related keyword dari keyword target artikel yang kita ubah. Tambahkan ke artikel jika ada related keyword yang belum tercakup isinya dalam artikel. Related keyword bisa dilihat di bagian bawah halaman search google.

Tambahkan gambar, infographic, video youtube atau hal lainnya yang bisa memperkaya isi artikel kita.

Jika ada isi artikel yang udah ngga relevan, delete aja atau ganti dengan yang informasi terbaru.

Lihat artikel-artikel web kompetitor yang membidik keyword yg sama dengan artikel kita. Catat hal-hal yang belum ada di artikel kita, tapi ada di artikel kompetitor. Tambahkan ke artikel yang akan kita ubah.

Quick Tips Kalau Malas Update:

 

Jika malas, keyword yang berupa pertanyaan bisa kita pakai sebagai cara cepat untuk update artikel. Ini sekaligus buat ngejar segmen “people also ask” di halaman pencarian google.

 

Cara cepatnya;

 

Kumpulkan keyword yang berupa pertanyaan beserta jawabannya dari segmen “people also ask” di google jika ada. Bisa juga cari dari review di google map, forum-forum, quora, dll.

Bikin segmen FAQ khusus di artikel yang mau kita ubah. Bisa kita bikin di bagian akhir artikel aja.

Masukan bahan di langkah 1 diatas ke bagian FAQ ini. Tentunya dengan bahasa sendiri ya, bukan copas.

 

  1. Merubah URL Artikel

Jika perlu kita bisa ubah juga url artikel menjadi lebih pendek. Kadang kita suka ga sengaja bikin artikel dengan url yang panjang banget. Ada baiknya diperbaiki, di ubah menjadi url yang lebih pendek.

 

Butuh jasa Artikel SEO murah dan berkualitas ? Kami solusi yang Anda cari, Klik disini.