Artikel SEO Murah – Interaksi yang mulus dengan klien menjadi sama pentingnya dengan menyelesaikan proyek itu sendiri. Namun, beberapa klien sangat tidak membantu untuk menciptakan interakssi yang lancar ini.

 

Sebagai seorang freelancer profesional, menolak klien hanya karena mereka menyebalkan juga tidak mungkin terus dilakukan karena seringkali kita membutuhkan mereka untuk menambah pemasukan atau mengupgrade portfolio.

 

Berikut ini kami bagikan cara menghadapi klien yang sulit dan menjengkelkan yang bisa saja sering Anda hadapi.

  1. Kenali Seperti Apa Klien Kamu

Kamu bisa mengenali klienmu jenis yang seperti apa dari meeting pertama atau dari chat pertama. Ada yang cerewet dan banyak mau, banyak mau tapi tidak membayangkan proses teknisnya, atau hobi mengkritik tanpa solusi.

 

  1. Minta Detil Proyek Lebih Spesifik

Memberikan progres kerja yang detil dan spesifik memberi kesan bahwa kamu terbuka. Dampaknya, klien akan merasa kamu benar-benar peduli dan akhirnya percaya.

 

Cara ini, walaupun bisa diterapkan ke klien mana saja namun akan membantu saat kamu berhadapan dengan klien yang dominan.

 

Selain itu, ada juga klien yang hanya memberikan instruksi secara general, atau mengkritik secara general. Berhadapan dengan klien seperti ini, kamu harus mengambil inisitaif untuk meminta detil dan spesifik dari kritik atau penjelasan mereka.

 

  1. Menghadapi Klien yang Marah dengan Rasa Empati

Tidak ada cara lain yang paling efektif untuk menghadapi kemarahan klien selain dengan empati. Pasti sulit, karena kamu pun sedang emosi, namun ini harus dilakukan atas nama profesionalitas.

 

Dengan kamu menunjukkan empati tentang apa yang membuat klienmu marah, mereka akan merasa dimengerti sehingga akan lebih mudah tenang.

 

  1. Arsipkan Setiap Permintaan Revisi

Revisi sudah jadi hal biasa bagi kita yang bergerak di dunia kerja lepas, yang tidak biasa adalah klien yang sering lupa akan apa yang dimintanya saat merevisi, dan minta hasil revisi direvisi lagi.

 

Caranya addalah dengan mengarsipkan semua permintaan revisi, jika klien menyampaikan revisi lewat telepon atau tatap muka langsung, minta mereka untuk juga menulis permintaan revisi lewat email.

 

Dengan cara ini, kamu punya dokumentasi pembanding antara revisi yang diminta dan hasil pekerjaanmu. Kamu tidak jadi pihak yang disalahkan karena dianggap tidak memenuhi revisi.

 

  1. Cara Menghadapi Klien Sulit, Menjadi Pendengar yang Baik

Di dunia freelance digital seringkali komunikasi dilakukan lewat chat atau email, karena itu bacalah dengan teliti sambil memahami tiap poin yang disampaikan.

 

Pada momen tatap muka, jadilah pendengar aktif. Salah satu tanda kamu sudah menjadi pendengar aktif adalah kamu bisa mengajukan pertanyaan dari instruksi atau penjelasan yang disampaikan. Hal yang sama berlaku jika kamu membaca email atau chat dari klien.

Baca juga : Apa Kelebihan Digital Advertising ( SEO Service ) Untuk Startup

  1. Berdiplomasi dalam Menghadapi Konflik

Merespon sediplomatis mungkin akan menentukan arah konflik apakah akan membangun atau menghancurkan hubunganmu dengan klien.

 

Ketika kelakuan klien sudah semakin menjadi-jadi dan kamu sudah siap meluapkan emosi, tahan dulu!

 

Berikan klien argumen-argumen yang mendukung pendapatmu, ingat cara kamu menyampaikan argumen pun harus dengan nada setenang mungkin.

 

Jika kamu sudah menunjukkan itikad baik untuk tetap tenang dan mengajukan pendapat logis dan    klien masih memperlakukanmu dengan buruk, maka inilah saatnya kamu menghentikan diskusi sampai klien tenang.

 

Yang harus diingat di sini jangan sampai klien jadi membully kamu, kamu harus tetap menjadi partner setara dengan klienmu.

 

  1. Bangun Interaksi dengan Klien di Luar Pekerjaan

Dengan ngobrol santai dengan klien, kamu sedang membangun hubungan personal dengan klienmu yang akan membuat mereka lebih lunak nanti ketika sedang berurusan dengan pekerjaan.

 

Menghadapi klien memang susah-susah gampang, adakalanya kita sudah mempraktekkan hal di atas namun tetap saja klien bertingkah.

 

Kalau sudah begitu, cara menghadapi klien paling efektif adalah dengan bertahan dan mencoba memisahkan pikiran antara pekerjaan dan kehidupan pribaddi agar kamu tidak mudah stress.

 

Butuh jasa SEO Artikel Murah dan berkualitas ? Klik disini untuk solusinya.