Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Walaupun banyak bermunculan media sosial baru, Facebook tetap digdaya sebagai salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Bahkan, per bulan Juli 2020, pengguna Facebook di Indonesia tercatat sebanyak 140 juta orang. Tak heran, jumlah pengguna Facebook di Indonesia berada di peringkat tiga dunia. Di bawah India dan Amerika Serikat.

 

Cara membuat toko online di Facebook sendiri tidak terlalu sulit. Jika Anda bisa mengelolanya dengan baik, toko online Facebook dapat sangat membantu bisnis online yang sedang Anda jalankan. Untuk Anda yang masih awam, mungkin akan sedikit membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan cara jualan online di Facebook. Sebagai pengguna, Anda tentu akan paham bahwa Facebook adalah salah satu pionir lahirnya platform jualan online di media sosial. Ini berkat adanya fitur Fanpage di media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

 

Terlebih lagi, dalam satu akun Facebook, Anda bisa membuat banyak Fanpage. Dan setiap Fanpage dapat diisi sesuai dengan kategori, bahkan juga bisa campuran. Dengan adanya fitur keren ini, Facebook kemudian sedikit memperketat kegiatan bisnis dalam akun biasa. Hanya akun resmi dan ingin benar-benar mengembangkan bisnisnya saja yang bisa menggunakan akun ini.

 

Cara Membuat Toko Online di Facebook

Sosial media yang satu ini telah menjelma menjadi alat pemasaran brand atau menjual produk yang ampuh dan dapat melibatkan para konsumen Anda. Pengguna Facebook rata-rata menghabiskan waktu 20 menit per hari. Tentunya hal ini dapat memanfaatkan keuntungan dari Facebook untuk dijadikan tempat berjualan online. Untuk menjual produk, tentu saja, dengan membuat toko online di Facebook.

 

Langkah pertama – Login ke akun Facebook

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuka toko online di Facebook adalah login ke akun Facebook Anda. Setelah masuk ke halaman utama Facebook Anda, silakan klik ikon + di bagian kanan atas halaman utama Facebook. Lalu klik “Halaman”.

 

Langkah kedua – Mengisi informasi halaman

Setelah mengklik “Halaman”, Anda akan diarahkan untuk mengisi segala informasi penting terkait toko online Anda. Informasi penting tersebut antara lain seperti nama halaman/toko, kategori, dan keterangan. Jika semua telah terisi, silakan klik “Buat Halaman”.

 

Langkah Ketiga – Menambahkan foto profil dan foto sampul

Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk menambahkan foto profil dan foto sampul. Sebenarnya ini adalah pilihan opsional saja. Tetapi jika Anda ingin menarik perhatian pelanggan, silakan menambahkan foto terbaik produk Anda. Jika sudah, silakan klik “Simpan”.

 

Langkah keempat – Masuk ke pengaturan dan buat toko online

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan tombol untuk memudahkan penunjung menghubungi Anda. Ada banyak pilihan tombol yang bisa Anda tambahkan. Antara lain “Telepon Sekarang”, Kirim Pesan WhatsApp, “Dapatkan Penawaran”, dan lain sebagainya. Tergantung kebutuhan Anda ingin menambahkan tombol mana. Silakan klik “Tambahkan Tombol”.

 

Langkah kelima – Manfaatkan Facebook Ads

Jika toko online Anda sudah jadi, jangan lupa aja teman atau orang yang telah lama menjadi pelanggan tetap Anda untuk masuk ke toko online Anda. Anda juga bisa memanfaatkan media promosi berbayar di Facebook, yaitu Facebook Ads. Tools ini nantinya akan memudahkan Anda dalam menjangkau pelanggan sesuai dengan yang ditargetkan.

 

Bagaimana Cara Agar Jualan Online di Facebook Lebih Maksimal?

Di bagian sebelumnya dari artikel ini telah dijelakan cara membuat toko online di Facebook. Selanjutnya, untuk memaksimalkan penjualan online di Facebook, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Apa dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : Alasan Pentingnya Facebook Pixel Untuk Toko Online

  1. Menampilkan foto produk terbaik

Meskipun produk yang Anda jual sangat bagus dan dibutuhkan banyak orang, tetapi jika kualitas foto produk yang ditampilkan jelek, bisa jadi akan mengurangi ketertarikan calon pembeli. Sebuah gambar adalah represenstasi dari produk yang sedang dijual. Pastikan foto produk yang Anda gunakan memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga dapat menciptakan kesan yang baik bagi para pengunjung atau calon konsumen.

 

  1. Memperbanyak teman dan follower di Facebook

Untuk memaksimalkan hal ini, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengundang teman-teman Anda di Facebook agar bergabung dengan toko online Anda. Berusahalah untuk meningkatkan jumlah pertemanan lebih dahulu untuk memudahkan jualan Anda di Facebook.

 

  1. Posting produk secara rutin

Tapi satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai posting produk yang Anda lakukan berkesan spamming, hal yang tak disukai pengguna platform apapun. Anda bisa mengatur jadwal, kapan harus memposting sesuatu sehingga tidak berkesan sebagai spam.

 

  1. Menampilkan konten marketing

Konten marketing identik dengan kreativitas. Sekali-sekali buatlah postingan yang tidak hanya menampilkan konten yang monoton. Berkreasilah dengan membuat postingan yang berbeda dari yang lain, atau hal lain yang sedang tren. Hal ini akan menarik interaksi yang lebih intens dengan teman atau pengikut Anda. Postingan yang menarik dapat membuat orang tertarik membagikan konten Anda. Sebuah cara promosi gratis secara tak langsung.

 

Butuh jasa Artikle SEO Murah dan Terpercaya ? Klik disini.