Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Bahasa penulisan Anda apakah sudah tergolong kreatif atau masih biasa saja ?

Mau tau jawabannya mari sama kita simak artikel berikut ini.

Banyak orang mengagumi gaya bahasa Andrea Hirata karena penulisannya yang kreatif. Andrea bisa begitu karena memang didalam dirinya telah mengalir energi seni, yakni kepiawaian merangkai kata yang dapat menimbulkan rasa senang dan rasa nikmat pada diri pembacanya.

 

Kepiawaiannya merangkai kata seperti seorang pelukis profesional yang mampu menggambarkan keindahan ciptaan dengan tangannya yang lentur mengayun-ayunkan kuas di atas kanfas. Itulah daya tarik Andrea, ia mampu menghipnotis pembaca dengan bahasa kreatif sehingga banyak bukunya laris manis di pasaran.

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan menulis bahasa yang elok-kreatif?

 

Walaupun Anda belum memiliki kemampuan membuat gaya bahasa yang kreatif, itu bukan masalah jika Anda mau-bersedia berlatih. Intinya ada pada mengalami yang ujungnya nanti disebut peng-alam-an. Bila Anda rajin berlatih maka secara alam-i Anda akan menguasai dan melahirkan bahasa yang lebih baik dan lebih kreatif.

 

 

Baik, sekarang saya kasih contoh perbedaan penulisan tidak kreatif dan penulisan kreatif dibawah ini:

 

–> Penulisan tidak kreatif: Bulan nampak putih bulat dilangit. Disekitarnya ada awan tipis tampak mengitarinya.

 

–> Penulisan kreatif: Sinar rembulan menguak dari balik awan tipis. Cahayanya perlahan menembus dedaunan pohon cemara dimana aku dan kekasih hati duduk bercengkrama. Tetes embun malam mulai melangkah turun perlahan jatuh membelai rambut dan kulit wajah dan tanganku.

Baca juga : Jika Motivasi Menulis Sering Naik Turun, Bagaimana ?

Hmmmm…… apakah penulisannya terlihat berbedaaa….? Mana yang kreatif dan mana yang tidak kreatif?

 

Sebenarnya contoh penulisan kreatif diatas adalah untuk tulisan fiksi, namun sebenarnya juga bisa digunakan untuk penulisan lainnya kecuali penulisan ilmiah.

 

Beberapa tips agar penulisan Anda menjadi kreatif adalah sebagai berikut:

 

Milikilah daya imajinasi yang kreatif. Sambil menulis, cobalah membayangkan kata yang cocok untuk suatu benda, kejadian, atau fenomena. Misalnya: Bulan -> rembulan,    merah + merekah,      luar biasa + dahsyat,  … dll.

Kuasailah bahasa yang kreatif. Bahasa yang kreatif juga sangat perlu anda kuasai. Penulisan kreatif memerlukan penguasaan bahasa yang baik kerana ia akan membantu anda menghasilkan karya yang baik. Cara terbaik untuk menguasai bahasa kreatif adalah dengan banyak mengamati padanan kata atau sinonim dalam kamus bahasa.

Hanya saja tulisan tidak boleh dipoles terlalu belebihan alias lebay namun kreasikanlah ia dengan secukupnya saja.

Ingat!!! Penilaian sebuah tulisan bukan saja terletak pada cerita, plot, tema (kalo dalam fiksi), isi, sumber rujukan, dan sebagainya tetapi penguasaan bahasa juga penting. Bila penulisannya kreatif, maka akan dapat menimbulkan minat baca yang lebih tinggi ketimbang penulisan yang tidak kreatif.

 

Penulisan yang kreatif membuat orang senang dan bahagia membacanya sedangkan penulisan yang tidak kreatif menimbulkan kebosanan dan kejauhan pembaca. Teknik penulisan kreatif dan yang tidak kreatif mempunyai perbedaan yang dapat dirasakan efeknya.

 

Penulis kreatif bukan bermaksud merusak bahasa dengan meliak-liukkan kata tetapi bahasa akan menjadi lebih indah kerana kreatifitas seorang penulis untuk menggambar sesuatu yang berbeda dengan penulis yang tidak kreatif berhahasa.

 

Dengan menuli secara kreatif tulisan Anda akan lebih mudah dinikmati para pembaca, lebih mudah dimengerti, dan juga akan memberikan nilai tersendiri bagi pembaca. Bukan tidak mungkin karya-karya Anda akan selalu menjadi destinasi para pembaca yang sudah kepincut dengan hasil karya Anda.

 

Anda butuh jasa ARTIKEL SEO Murah dan berkualitas ? Klik disini.