Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Apa itu Blogwalking Perlukah Setiap Blogger Melakukannya ?

Jasa Penulis Artikel  – Blogwalking adalah aktivitas dimana Anda mampir ke blog lain dengan berbagai tujuan tertentu. Nah, bagaimana blogger melakukan kegiatan blogwalking ini?

Pertama, mereka akan mengunjungi berbagai blog yang sesuai dengan tujuan mereka. Tepatnya, blog-blog dengan topik sejenis atau satu niche dengan blog mereka. Plus, memiliki popularitas tinggi sebagai bukti konten di blog tersebut menarik pembaca.

Kedua, blogger akan melihat berbagai artikel yang bermanfaat dan meninggalkan pesan di kolom komentar. Langkah ini tentu menjadi cara untuk membangun diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya. Selain mendapatkan ilmu-ilmu baru, mereka bisa memperluas networking antar blogger.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan blogwalking:

  1. Memperluas Networking

Seperti yang kami sebutkan, blogwalking bisa menjadi kesempatan untuk memperluas networking.

  1. Mendapatkan Inspirasi Baru

Menemukan inspirasi untuk konten blog Anda bisa datang dari mana saja. Blogwalking, salah satunya.

  1. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain

Sebagian besar kegiatan blogging memang dilakukan sendiri. Tetapi, membangun hubungan baik dengan blogger lain sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa mendapatkan bantuan ketika memiliki kendala. Baik kendala teknis atau non teknis.

  1. Sebagai Bahan Evaluasi

Semakin sering berkunjung ke blog lain, akan banyak referensi yang Anda dapatkan. Jadi, semakin mudah untuk mengetahui apa saja kekurangan blog Anda dan bagian mana saja yang perlu Anda tingkatkan.

  1. Mempromosikan Blog Anda

Selain untuk memperluas lingkup sosial antar blogger, blogwalking juga bisa menjadi ajang untuk mempromosikan blog Anda.

Namun ingat, Anda tidak bisa sembarangan meninggalkan link blog Anda di kolom komentar. Langkah tersebut justru akan dianggap spam dan kurang elegan. Bisa-bisa keinginan untuk promosi lewat backlink justru berdampak buruk. (Kami akan jelaskan lebih lanjut di bagian Meningkatkan Trafik).

3+ Tips Melakukan Blogwalking yang Tepat

Blogwalking memiliki cara dan etikanya sendiri. Jika salah melakukannya, hasilnya akan tidak efektif. Jadi, Anda perlu tahu apa tips blogwalking yang tepat. Apa saja tipsnya?

  1. Carilah Blog dengan Niche yang Sama

Salah satu tips blogwalking yang efektif adalah memulai dari blog yang sesuai niche Anda. Bila Anda seorang beauty blogger, utamakan blogwalking ke blog dengan niche kecantikan.

Kenapa langkah ini penting? Sebab, Anda bisa dengan mudah berbagi link jika relevan dengan topik yang dibahas.

Akan lebih bagus lagi jika Anda mengunjungi blog yang sudah populer. Alasannya, informasi yang diberikan pasti bermanfaat. Anda bahkan bisa mendapatkan inspirasi membuat konten untuk blog Anda.

Selain itu, blog tersebut pasti sudah memiliki banyak pembaca. Jadi, ketika meninggalkan komentar semakin besar kemungkinan dibaca pengunjung lain.

  1. Beri Komentar yang Relevan

Tips blogwalking berikutnya adalah memberikan komentar yang baik sesuai dengan topik. Hal ini penting untuk mencegah Anda memberikan komentar spam. Bagaimana caranya?

Sebagai contoh, jangan berkomentar sekedar:  “kontennya bagus, gan” atau “keren sekali”. Alasannya, komentar tersebut terlalu umum dan kurang berbobot. Jika ada poin penting di dalam artikel yang bermanfaat, tunjukkan dalam komentar Anda.

Bila perlu, berikan pujian terlebih dulu kepada si penulis sebagai bentuk apresiasi Anda sebelum memberikan komentar. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membaca isi konten dan memahaminya dengan baik.

Selain memberi komentar tentang artikel yang dibaca, Anda bisa menyampaikan pertanyaan sebagai bahan diskusi. Jika relevan, komentar Anda bisa saja mendapat respon dari pemilik blog atau pengunjung lain.

Baca juga : Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

  1. Pelajari Konten Mereka

Selain membaca artikel dan memberikan komentar, Anda bisa mempelajari struktur konten ketika blogwalking. Terutama, pada blog yang sudah populer.

Anda bisa melihat topik apa saja yang dibahas dan bagaimana informasi diberikan di tiap artikel. Jika ada beberapa kata kunci yang digunakan, catatlah untuk Anda pelajari lebih lanjut.

Lalu, temukanlah media apa saja yang disertakan dalam tiap artikel untuk membantu pemahaman pembaca. Apakah ada gambar menarik, atau video yang disisipkan?

Selain itu, perhatikan juga frekuensi update konten mereka. Apakah posting dilakukan mingguan atau bulanan? Hal tersebut akan memberikan Anda informasi bagaimana sebaiknya menata konten Anda agar sukses.

  1. Gunakan Gravatar

Gravatar adalah foto profil yang menunjukkan identitas online Anda. Gravatar ini pula yang akan muncul ketika Anda memberikan komentar di berbagai blog saat blogwalking. Jadi, pilihlah foto terbaik untuk menunjukkan kesan profesional.

Hal ini sering diabaikan oleh banyak blogger. Mereka jarang memasang gravatar dengan foto pribadi yang sesuai. Padahal, gravatar bisa membantu pemilik blogger atau pengunjung mengenali Anda.

Apalagi, jika tujuannya untuk promosi blog, menggunakan gravatar bisa lebih meningkatkan personal brand awareness Anda.

Klik disini untuk dapatkan jasa Artikel SEO murah dan berkualitas.