Artikel SEO Murah – Dari sekian banyak proyek freelance yang bisa kamu tampung, mayoritas di antaranya bisa kamu temukan dari berbagai situs freelance yang saat ini sudah tersedia.

 

Situs-situs tersebut memang sengaja dibuat untuk menjadi wadah yang mempertemukan klien yang mencari tenaga outsourcing dengan freelancer yang mencari proyek dari para klien.

 

Dari sekian banyak website khusus freelance yang sekarang ini sudah tersedia, khusus dalam artikel ini, mari kita bahas 10 situs freelance terbaik dan terpercaya.

 

  1. Projects

Salah satu website freelance yang paling terkenal di Indonesia adalah Projects. Tercatat, ada sekitar ratusan proyek dari berbagai bidang yang bisa kamu ambil sesuai keahlian yang kamu punya.

 

Selain menjual keahlian dalam berbagai bidang, kamu juga bisa menjual produk digital. Bila kamu freelance writer, misalnya, yang sudah terbiasa menulis, kamu bisa menjual ebook di Projects.

 

  1. Sribu

Kalau kamu ahli dalam bidang desain grafis, kamu bisa dengan mudah menemukan klien di Sribu. Situs freelance yang satu ini memang berfokus pada desain grafis, mulai dari pembuatan logo, brand kit, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kontes atau sayembara desain. Bila desainmu terpilih, maka kamu bisa keluar sebagai pemenang tender dan mendapatkan bayaran melimpah.

 

  1. Sribulancer

Kalau kamu punya kemampuan lain selain desain grafis, kamu bisa mencoba Sribulancer. Website ini merupakan induk dari Sribu, dan di Sribulancer, kamu bisa menjual berbagai keahlian yang kamu punya.

 

Bidang yang bisa kamu coba jajakan di Sribulancer mulai dari SEO, digital marketing, video editing, kepenulisan, penerjemahan dan sebagainya.

 

  1. Freelancer Indonesia

Salah satu situs freelance terbesar di Indonesia adalah Freelancer Indonesia, dan salah satu yang tertua juga.

 

Karena merupakan salah satu yang tertua dan terbesar, persaingan di Freelancer Indonesia memang sangat ketat.

 

Tetapi, bila kamu berhasil mendapatkan dua atau tiga klien dengan rating/feedback yang bagus, kamu bisa dengan sedikit lebih mudah mendapatkan klien lain.

 

Semakin besar rating yang kamu terima di Freelancer Indonesia, semakin banyak juga peluang kerja online yang bisa kamu dapat di sana.

 

  1. FastWork

FastWork sendiri terhitung masih baru. Namun, ia begitu cepat dapat berkembang, terutama dalam kategori pekerjaan freelance yang disediakan, sehingga akan lebih fleksibel bagi kamu untuk mendapatkan proyek dari sana.

 

Fitur yang disediakannya juga sangat mendukung kamu untuk mempresentasikan keahlian, portofolio, dan layanan yang kamu tawarkan kepada klien. Juga, kamu dimudahkan untuk berkomunikasi dengan klien lewat fitur chat yang terdapat di platform yang disediakannya.

 

  1. Fiverr

Fiverr sendiri ramai digunakan oleh freelancer Indonesia. Umumnya, layanan freelance di Fiverr dimulai dari $5 per gig.

 

Dari sudut pandang klien, hal tersebut tentu menjadi penarik. Makanya ada banyak sekali klien yang mengandalkan Fiverr untuk menawarkan proyek.

 

 

  1. Upwork

Selain Fiverr, situs freelance luar negeri yang juga ramai digunakan adalah Upwork. Upwork juga tidak kalah terkenalnya dibandingkan Fiverr.

 

Karena popularitas itulah, kamu tidak akan kehabisan klien untuk ditawari jasa. Untuk mendukung nilai kompetensimu, kamu juga bisa mengerjakan berbagai ujian yang disediakan Upwork.

Baca juga : Karir Freelance Terbaik untuk Lulusan SMA

Jika lulus ujian dan mendapatkan nilai yang bagus (paling tidak lulus standar penilaian), maka kamu akan lebih mudah mendapatkan proyek dari klienmu.

 

  1. Freelancer (Versi Internasional)

Freelance sendiri merupakan website induk dari Freelancer Indonesia yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya.

 

Di platform yang satu ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali klien karena cakupannya internasional.

 

Entah itu keperluan penerjemahan, desain, marketing, dan sebagainya, banyak sekali lowongan kerja freelance yang bisa kamu lamar di situ.

 

 

  1. People per Hour

Situs freelance asal Inggris ini menjadi salah satu situs yang paling populer saat ini. Tidak jauh berbeda dari Fiverr, hanya saja, klien yang ada di dalamnya berasal dari perusahaan-perusahaan besar bertaraf internasional.

 

Makanya jangan heran kalau kamu nantinya akan berada dalam persaingan yang sangat ketat dengan freelancer lainnya.

 

  1. Envato Studio

Situs freelance terakhir dalam daftar ini adalah Envato Studio. Envato, sebagai perusahaan induknya, memang terkenal sebagai penyedia produk dan layanan digital yang menjual berbagai kebutuhan aset digital semacam template website, script, template desain, template video, dan sebagainya.

 

Lewat Envato Studio, Envato memungkinkan setiap orang yang tadinya hanya sebatas menjual produk digital siap pakai juga berperan sebagai freelancer untuk melayani kebutuhan orang-orang secara custom atau by request.

 

Pasar atau audiens Envato sudah sangat besar, sehingga bila kamu bergabung di dalamnya sebagai freelancer, kamu bisa dengan cepat mendapatkan klien.

 

Daftar dan perbaharui profilmu, bikin semenarik mungkin, upload sampel portofolio, dan rajin mempromosikan jasamu ke orang-orang.

 

Butuh jasa SEO Artikel Murah dan berpengalaman ? Klik disini untuk solusinya