Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Jual beli online memang lebih mudah dan praktis, beberapa harga produk yang dijual pun biasanya lebih murah. Bagi pelaku bisnis online juga sangat diuntungkan, dengan adanya bisnis online mereka tidak perlu mengeluarkan uang anggaran guna menyewa ruko dan memangkas jumlah karyawan.

Namun sayangnya banyak dari pelaku bisnis online yang penghasilannya masih jauh dari harapan, bahkan terkadang justru tidak mendapatkan keuntungan. Dari kasus tersebut biasanya disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak seimbang, mereka hanya mempelajari tentang cara bisnis online namun tidak mempelajari tentang tantangan bisnis online.

 

Hal yang harus diperhatikan dalam bisnis online

Daftar Isi  tampilkan

Ada beberapa macam terkait tantangan bagi pelaku bisnis online, namun yang akan kita bahas pada artikel ini adalah poin pentingnya saja. Dan berikut adalah tantangan bisnis online.

 

Produk atau toko online tidak muncul di pencarian

Tantangan bisnis online yang pertama adalah bagaimana caranya agar produk atau toko online yang sedang dikelola bisa diketahui oleh banyak orang. Sangat tidak mungkin produk dagangan Anda bisa laku jika minim jumlah pengunjung yang melihatnya. Ada beberapa cara agar barang barang dagangan Anda bisa dilihat dan diketahui banyak orang. Diantaranya adalah sebagai berikut;

 

Membagikan di akun media sosial

Produk dagangan atau website toko online bisa Anda share di berbagai situs media sosial seperti facebook maupun twitter. Bagi Anda yang lebih hobi berselancar menggunakan facebook maka akan lebih baik jika memanfaatkan grup jual beli maupun membuat fanspage.

 

Promosi berbayar menggunakan Facebook Ads maupun Google Ads

Dengan menggunakan facebook Ads maupun Google Ads iklan yang Anda buat untuk promosi akan lebih tertarget, misalnya dari segi usia calon pembeli, jenis kelamin, maupun lokasi. Misalnya jika Anda berjualan kerudung tentu target pasar Anda adalah seorang wanita dengan usia antara 15 tahun hingga 35 tahun.

 

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah cara untuk meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung website. Sehingga memungkinkan website yang membahas tentang produk dagangan Anda berada di peringkat paling atas mesin pencarian google. Bagi Anda yang belum memiliki website maka sangat disarankan untuk belajar tentang cara membuat website untuk bisnis, agar bisnis online Anda mampu bersaing dan lebih dapat dipercaya oleh banyak orang.

 

Membuat akun Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah sebuah layanan gratis yang disediakan oleh google bagi Anda yang ingin alamat tempat produksi bisa dijangkau dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa menambahkan keterangan jam oprasional dan beberapa gambar produk dagangan beserta dengan harganya. Cara membuat akun google bisnisku pun tergolong sangat mudah.

 

Banyak yang melihat namun minim pembeli

Melakukan jual beli online juga hampir mirip dengan jual beli offline, tidak semua yang melihat produk Anda akan menjadi pembeli. Ini merupakan tantang bagi pelaku bisnis online, bagaimana caranya agar mereka yang sudah melihat dan tertarik dengan barang dagangan Anda akhirnya memiliki keputusan untuk membeli. Dan berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda perhatikan.

 

Kualitas foto atau gambar produk

Di dunia jual beli online kualitas foto produk sangat mempengaruhi, produk yang sebetulnya bagus akan menjadi kurang diminati jika hasil pengambilan gambar atau foto tidak menarik. Cobalah melihat beberapa foto produk milik orang lain yang masih serupa dengan produk dagangan Anda.

 

Teknik penulisan iklan

Jika dibandingkan dengan jualan offline ibaratnya ialah Anda harus pintar merayu dan menggunakan tutur bahasa yang bagus. Teknik penulisan iklan atau yang lebih sering disebut juga sebagai copywriting adalah sebuah teknik penulisan iklan yang bagus, tidak sebatas menulis tentang nama produk dan harga saja. Namun lebih dari itu Anda juga harus menjelaskan tentang kelebihan dan spesifikasi produk yang Anda jual. Terkait dengan copywriting mungkin Anda bisa belajar lebih dalam di internet.

Baca juga : Cara Membuat Blog Untuk Bisnis

Proses pemesanan terlalu rumit

Salah satu penyebab meningkatnya jumlah order online adalah dari segi kemudahan bertransaksi. Dan ini merupakan  salah satu tantangan bisnis online, Anda harus sebisa mungkin membuat cara agar calon pembeli merasa mudah melakukan proses order. Misalnya yakni dengan mengoptimalkan whatsapp business dan memperbanyak metode pembayaran.

 

Kurang tertarget

Pada pembahasan ini masih berkaitan dengan poin yang pertama. Minimnya pembeli barang dagangan Anda bisa jadi disebabkan oleh strategi pemasaran yang tidak tepat. Misalnya yakni jika barang dagangan Anda adalah sepatu sepak bola, maka sebisa mungkin di akun media sosial Anda mayoritas pertemanan nya adalah seorang laki-laki. Ada bisa juga memulai dengan melakukan langkah seperti dibawah ini.

 

Bersih-bersih akun media sosial

Jika Anda aktif berjualan di media sosial silahkan mulai sekarang menyeleksi pertemanan. Baik itu di facebook, twitter, maupun instagram usahakan untuk perbanyak pertemanan dengan beberapa orang yang sesuai dengan target pasar dagangan Anda.

 

Bergabung dengan grup jual beli

Anda tentu sudah tau tentang beberapa grup jual beli online di facebook. Silahkan bergabung dengan grup jual beli yang masih sesuai dengan produk jualan Anda. Atau bergabung dengan grup jual beli yang masih dalam satu kota tempat domisili.

Klik disini untuk dapatkan jasa Artikel SEO murah dan berkualitas.