Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

SEO ARTIKEL MURAH – Penerapan teknik SEO di Instagram dapat membantu kamu dalam mengembangkan akun Instagram brand hingga memperluas jangkauan dan peluang bagi audiens untuk terlibat dengan brand.

 

Berikut beberapa cara menerapkan teknik SEO Instagram tersebut.

  1. Optimalkan profil Instagram

Tahap pertama menerapkan teknik SEO Instagram adalah dengan mengoptimalkan profil Instagram kamu sendiri. Hal ini adalah hal yang dasar dan harus kamu lakukan agar pengalaman pengguna untuk terhubung dengan brand menjadi lebih baik lagi.

 

Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan profil Instagram, antara lain

Jadikan profil kamu public

Pilih gambar profil yang berwarna namun tetap sesuai dengan brand

Buat username yang dapat dikenali dan dengan mudah dapat dicari

Daftarkan akun ke Instagram Business

Masukkan tautan yang dapat dilacak pada bagian bio

 

  1. Sertakan kata kunci utama pada username dan display name

Cobalah masukkan kata kunci utama atau prioritas dari brand atau usaha kamu ke dalam username dan display name akun Instagram kamu. Pasalnya, Instagram dilengkapi dengan fungsi pencarian yang dapat berfungsi layaknya mesin pencari Google. Ketika pengguna mencari sesuatu di fitur tersebut, maka akun pertama yang akan muncul adalah akun yang memiliki target kata kunci tersebut di username atau display name akun mereka.

 

  1. Optimalkan bio akun Instagram kamu untuk mesin pencari

Teknik SEO Instagram selanjutnya adalah mengoptimalkan bio akun Instagram untuk hasil pencarian. Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci turunan di dalam bio akun Instagram kamu tersebut.

 

  1. Gunakan alt text

Instagram telah menerapkan fitur alt text ke dalam aplikasi sehingga pengguna dapat menambahkan alt text pada semua gambar yang mereka unggah. Serupa dengan teknik SEO pada umumnya, menambahkan teks alternatif ke dalam postingan gambar menjadi cara lain mengoptimalkan Instagram kamu.

 

Penambahan alt text di dalam foto Instagram memiliki beberapa fungsi, yaitu:

membantu pengguna memahami apa foto tersebut jika misalnya jika Instagram gagal memuat foto tersebut atau jika pengguna tidak dapat melihat foto tersebut karena alasan penglihatan.

membantu algoritma Instagram memahami apa yang ada di dalam foto. Instagram menggunakan teknologi image recognition untuk melihat apa yang sebenarnya ada di dalam foto dan  menampilkannya pada orang yang menyukai tipe konten seperti itu.

membantu agar foto yang kamu unggah di Instagram dapat ditemukan dalam mesin pencarian di luar Instagram

Pilihan alt text dapat kamu temukan dengan mengeklik bagian advanced setting yang terletak di bagian bawah layar sebelum membagikan foto tersebut.

 

Baca juga : 6 Langkah monitoring website yang perlu diperhatikan

  1. Gunakan kata kunci pada hashtag

Ketahui bahwa pada dasarnya tidak semua audiens mungkin mencari Instagram kamu secara langsung. Mereka bisa saja menemukan Instagram kamu melalui tagar yang mereka lihat pada unggahan tertentu.

Itu sebabnya, salah satu teknik SEO Instagram lainnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan tagar dalam setiap postingan kamu di Instagram. Perlakukanlah tagar tersebut seperti kata kunci yang biasa kamu gunakan dalam optimasi SEO. Tidak hanya memasukkan tagar khusus yang telah kamu buat berdasarkan nilai atau image brand, masukkan pula tagar lain yang berkaitan dengan gambar. Dengan melakukan cara ini kamu dapat meningkatkan peluang untuk menarik audiens yang lebih luas dan beragam.

 

  1. Sertakan kata kunci pada caption

Meskipun kamu sudah menempatkan kata kunci pada hashtag, namun jangan lupakan untuk tetap menyertakan kata kunci turunan atau terkait dalam caption teks postingan Instagram kamu.

Hal ini diperlukan karena bagian caption pada Instagram berperan layaknya judul artikel dalam teknik SEO. Oleh karena itu tidak hanya fokus membuat caption yang menarik, kamu harus tetap menyertakan beberapa kata kunci di dalamnya agar hasil optimasi lebih maksimal.

 

  1. Selalu pantau dengan analitik

Sama seperti penerapan teknik SEO pada situs, kamu juga tetap harus melacak performa akun Instagram dalam strategi media sosial yang sudah kamu rancang tersebut.

Analisa performa akun Instagram kamu untuk menyusun strategi pengoptimalan konten Instagram di masa depan. Untuk melakukannya gunakan fitur analitik pada platorm tersebut atau  tools lain seperti Hootsuite, Sprout Social, dan lain-lain. Selain beberapa tips teknik SEO Instagram  di atas, pastikan kamu juga memerhatikan penerapan teknik yang tidak menyalahi ketentuan yang ada, ya.

 

Pasalnya, Instagram dapat menindak akun yang berusaha menipu sistem atau menggunakan teknik yang melanggar aturan. Beberapa hal yang harus dihindari tersebut seperti  mencuri konten, menggunakan bot, mengikuti banyak akun terlalu cepat, membeli follower, dan memasukkan kata kunci secara berlebihan.

Klik disini untuk dapatkan jasa SEO Artikel terbaik dan berkualitas.